1. Lifestyle
  2. Anti Bosan, 5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa saat Libur
Lifestyle

Anti Bosan, 5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa saat Libur

Anti Bosan, 5 Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa saat Libur

Ilustrasi bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Saat hari libur, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai waktu terbaik untuk berkumpul dengan saudara maupun teman. Tak jarang, kamu juga bisa menghabiskan banyak waktu untuk berlibur atau sekedar jalan ke tempat-tempat menarik seperti taman hiburan, perpustakan, bahkan cafe dengan nuansa indah.

Namun, tak hanya dihabiskan untuk waktu berlibur saja. Kamu dapat manfaatkan waktu liburmu untuk kegiatan produktif. Berikut 5 kegiatan produktif untuk mahasiswa saat libur.

Ilustrasi perempuan menulis. (Special)

Menulis bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mengisi waktu luangmu di hari libur agar tak bosan. Menulis adalah kegiatan untuk menuangkan pikiran ke dalam sebuah tulisan untuk menjadi sebuah karya, baik itu fiksi maupun non-fiksi.

Banyak aplikasi maupun web yang menyediakan sarana untuk para penulis. Tak jarang mereka membayar karya-karya terbaikmu dan dimuat dalam akun media sosialnya. Untuk pemula, dalam menulis kamu dapat mengikuti pelatihan-pelatihan berbayar maupun gratis yang dapat kamu cari lewat internet.

Mengikuti Lomba

Foto: Ladiestory.id

Saat liburan seperti ini, banyak perusahan atau lembaga yang membuka lomba-lomba menarik yang dapat kamu ikuti. Biasanya, tema lomba disesuikan dengan hari-hari nasional. Kamu dapat mencari lomba yang sesuai dengan minat bakatmu, seperti lomba desain poster, lomba menulis makalah, hingga blog competition.

Tingkatkan Skill

lustrasi virtual meeting. (Special)

Waktu yang padat saat kuliah dengan tugas-tugas yang banyak membuat kamu susah untuk meng-upgrade skill. Nah, Waktu liburan dapat kamu gunakan untuk tingkatin skill. Misalnya, kamu kesulitan dalam belajar atau penggunaan Microsoft Excel, kamu dapat mempelajarinya lewat berbagai webinar atau kelas online gratis maupun berbayar yang tersedia di Internet. Kamu juga bisa mencari Kelas gratis lewat YouTube.

Ikut Magang atau Volunteer

Ilustrasi perempuan sedang bekerja dari rumah. (Special)

Hampir sama dengan poin diatas, kamu bisa mengikuti kegiatan magang mandiri atau pekerja sukarelawan (Volunteer) yang dibuka oleh perusahaan atau lembaga. Pastikan kamu teliti dahulu saat mendaftar. Biasanya, persayaratan magang tiap perusahaan berbeda-beda.

Selain mengembangkan skill dengan terjun di dunia kerja, kamu dapat menjadikan pengalaman tersebut sebagai isi dari Curriculum Vitae (CV) untuk melamar pekerjaan di perusahaan lain nantinya.

Bekerja Paruh Waktu

Foto: Ladiestory.id

Tak jarang, banyak sekali mahasiswa yang menghabiskan masa liburnya untuk bekerja paruh waktu. Selain karena sebagai pengisi waktu liburan, bekerja paruh waktu atau part-time ini bisa menjadi peluang untuk memperluas relasi dan skill yang kamu miliki.

Banyak pekerjaan paruh waktu untuk seorang mahasiswa, seperti menjadi barista sebuah cafe, hingga berjualan di e-commerce bagi yang menyukai bisnis dan memiliki ide berjualan. Banyak e-commerce yang dapat dengan mudah kamu gunakan sebagai tempat kamu berjualan secara online.

Nah, itu beberapa Kegiatan produktif yang dapat kamu kerjakan sebagai pengisi waktu liburanmu. Selain meningkatkan skill, kamu dapat menerima upah dari pekerjaan sampinganmu.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel