1. Beauty
  2. 5 Kebiasan Ini Buat Kulitmu Makin Kusam
Beauty

5 Kebiasan Ini Buat Kulitmu Makin Kusam

5 Kebiasan Ini Buat Kulitmu Makin Kusam

Foto: eminenceorganics

Ladiestory.id - Perempuan tidak ingin memiliki wajah kusam, bukan? Sebaliknya, mempunyai kulit yang sehat dan glowing adalah impian semua orang. Meskipun untuk mendapatkan hal tersebut tidak mudah, namun kamu dapat memulainya dengan menghindari kebiasan-kebiasaan yang bisa membuat kulit makin kusam.

Terlalu Sering Minum Kopi dan Minuman Manis

Ilustrasi minum kopi sebelum tidur. (Special)

Apa kamu termasuk orang yang suka membeli minuman seperti kopi maupun boba? Mungkin kebiasaan ini sedikit susah untuk dihilangkan. Terlebih, kamu memang memiliki kebiasaan meminum kopi, minuman manis, atau bersoda.

Tapi tahukah kamu jika kebiasaanmu itu dapat membuat kulit wajahmu kusam. Hal itu karena kopi dan soda bersifat diuretic, di mana mendorong tubuh untuk mengeluarkan cairan dengan cepat, sehingga tubuh akan dehidrasi dan kulit akan terasa kering.

Sedangkan minuman manis dapat meningkatkan insulin pada tubuh yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat juga kulit yang kusam. Oleh sebab itu, lebih baik ganti kebiasaanmu itu dengan selalu minum air putih minimal dua liter perhari agar tubuhmu tidak dehidrasi dan kulitmu pun akan lebih ternutrisi.

Tidak Melakukan Double Cleansing

Foto: Ladiestory.id

Jangan sampai kamu menyepelekan tahapan double cleansing, yaitu tahapan yang sangat penting dalam membersihkan makeup. Karena dengan kamu melakukan double cleansing, makeup beserta kotoran di wajahmu akan bersih secara maksimal. Penyebab kulitmu kusam adalah karena kotoran dan sisa makeup yang mengendap di pori-pori wajah tidak terangkat maksimal.

Sering Begadang

Ilustrasi orang begadang. (Special)

Nah, kebiasaan yang satu ini banyak dan sering dilakukan. Alasan begadang biasanya karena tugas yang menumpuk, pulang larut sehabis jalan-jalan, atau kamu yang suka lupa waktu.

Kebanyakan orang hanya tahu akibat buruk dari begadang, yaitu terbentuknya kantung mata atau biasa disebut mata panda. Padahal, tanpa sadar, kebiasaan begadang ini juga bisa bikin kulitmu semakin kusam loh.

Karena pada malam hari adalah waktunya kulit melakukan regenerasi dengan memperbaiki dan membangun kembali sel-sel kulit. Kulitmu juga butuh istirahat yang cukup untuk bisa memperbaiki kulitmu agar selalu tampak cerah di pagi hari.  

Malas Membersihkan Makeup

Ilustrasi perempuan menghapus makeup. (Special)

Selanjutnya adalah malas membersihkan makeup diwajah. Kebanyakan dari kamu sangat suka saat melakukan proses makeup, karena ingin tampil cantik dan menyenangkan diri. Tetapi, saat pulang, membersihkan makeup adalah kegiatan yang melelahkan.

Lagi-lagi kebiasaan tersebut dapat membuat kulitmu kusam, karena zat-zat kimia pada produk makeupmu akan masuk ke pori-pori dan mengendap.

Tidak Melakukan Eksfoliasi

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Mungkin kamu menganggap eksfoliasi itu tidak penting karena dengan cuci muka saja bisa membersihkan wajah. Nyatanya, kulit akan selalu mengeluarkan sel-sel kulit mati yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan mencuci muka.

Cuci muka hanya dapat membersihkan bagian terluar kulit wajah, sedangkan melakukan eksfoliasi dapat membersihkan hingga ke dalam kulit dengan kandungan zat yang terkandung dalam produk. Selain membersihkan dari sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah, eksfoliasi juga bisa membuat permukaan kulit menjadi halus.

Setelah tahu kebiasaan-kebiasan yang membuat kulitmu kusam, kamu bisa menghindarinya dan mulai perhatian dengan kondisi kulitmu.  

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel