1. Lifestyle
  2. Hati-Hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari Bikin Payudara Kendur
Lifestyle

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari Bikin Payudara Kendur

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari Bikin Payudara Kendur

Ilustrasi payudara kendur. (Special)

Ladiestory.id - Payudara kendur umum terjadi pada ibu yang sedang menyusui. Namun bagaimana dengan perempuan yang masih muda? Tentunya postur tubuh bagus menjadi idaman bagi para perempuan, setidaknya memiliki payudara yang kencang.

Rupanya ada beberapa faktor yang menyebabkan payudara menjadi kendur. Faktor tersebut justru datang dari kebiasaan kita sehari-hari. Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan payudara menjadi kendur?

Tidur Tengkurap

Ilustrasi tidur tengkurap. (Special)

Rupanya kebiasaan tidur tengkurap menjadi salah satu faktor payudara menjadi kendur. Sebab posisi tidur tengkurap dalam waktu lama akan membuat payudara tertekan ke kasur.

Tak hanya tengkurap, namun posisi tidur menyamping juga bisa menjadi penyebab payudara kendur. Ketika tidur menyamping, akan terjadi ligamen payudara yang merenggang.

Padahal kedua posisi ini adalah posisi tidur yang nyaman. Memang lebih dianjurkan untuk tidur posisi terlentang agar postur payudara tetap bagus. Namun jika ingin tidur menyamping, usahakan ada bantal yang menyangga di bawah payudara.

Bentuk Bra

Ilustrasi bra. (Special)

Rupanya bentuk bra juga bisa memengaruhi payudara menjadi lebih kendur. Hal ini pun disampaikan langsung oleh seorang ahli bedah payudara dan presiden di American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Michael Edwards.

“Karena payudara yang sering memantul (disebabkan salah dalam memilih ukuran atau jenis bra), bisa menyebabkan jaringan ikat semakin meregang dan mengendur,” kata Edwards saat diwawancarai Women’s Health

Oleh sebab itu, Edwards menyarankan untuk menggunakan bra yang sesuai dengan bentuk payudara. Sebab kekencangan dan kesehatan payudara terletak pada penggunaan bra.

Sebaiknya gunakan bra yang kencang dan bulat penuh. Karena jika menggunakan bra yang longgar, maka payudara tidak akan tertopang dengan baik.

Sebagai gantinya, kulit yang akan menopang oto-otot khusus di payudara. Jika kulit dipaksa bekerja terlalu keras, maka lambat tahun akan berpengaruh ke kekenyalan yang menyebabkan payudara kendur.

Merokok

Ilustrasi merokok. (Special)

Merokok atau vape bisa dibilang menjadi gaya hidup bagi banyak orang, termasuk perempuan. Meskipun tidak semua, tapi beberapa perempuan ada yang memiliki kebiasaan merokok.

Rokok mengandung racun seperti nikotin yang dapat menghancurkan kolagen di kulit. Sedangkan perempuan tidak memiliki banyak kolagen layaknya laki-laki.

Bahkan rokok pun dapat menganggu peredaran darah ke kulit. Inilah yang menjadi salah satu penyebab payudara menjadi kendur.

Olahraga High-Impact

Ilustrasi olahraga lari. (Special)

Tahu kah Kamu olahraga high-impact? Olahraga ini merupakan kegiatan yang melibatkan hentakan dan lompatan. Salah satu contoh olahraga high-impact adalah lari yang baik untuk kesehatan jantung.

Namun disaat itu juga, olahraga satu ini dapat merusak jaringan kolagen yang menyebabkan payudara kendur. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan sport bra.

Hal ini berguna menjaga kekencangan payudara ketika berlari. Sebab bra jenis ini akan membantu payudara untuk tidak berayun ke atas dan bawah ketika kita berolahraga high-impact.

Kurang Olahraga

Ilusrasi perempuan rebahan. (Special)

Ya, kurang olahraga membuat tubuh menjadi tidak sehat. Tak hanya itu namun kurangnya olahraga juga membuat payudara menjdi kendur.

Sebab jika tidak pernah olahraga, maka otot di sekitar dada akan menjadi lemas. Push up dan angkat beban menjadi olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah payudara menjadi kendur. Hal ini pun juga diutarakan oleh seorang konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Motherhood Hospital, Kharghar, Mumbai, Surabhi Siddhartha.

“Otot payudara membutuhkan pengencangan. Untuk itu, Anda harus melakukan latihan seperti chest press, plank, dan push up setidaknya dua kali seminggu”, saran Siddhartha.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel