Ladiestory mendapatkan kesempatan istimewa untuk mengobrol dengan Gloria Tobing, General Manager dari PT Central Mega Kencana. Yep, ini adalah perusahaan multinasional yang merilis berlian dan perhiasaan favoritmu lewat Frank & Co, Miss Mondial, Mondial Jeweler, dan The Palace. Berikut percakapan kami tentang prestasinya dan triknya membagi waktu untuk keluarga di tengah kesibukannya.
Apa motivasi Anda dalam menjalani pekerjaan ini?
Pada dasarnya saya adalah orang yang cukup senang melakukan banyak aktivitas, terutama untuk bertemu dengan banyak orang, bertukar pikiran, berbincang-bincang dalam masalah apa pun yang membuat kita bisa menggali ilmu dari mereka. Jadi sampai saat ini, motivasi saya bekerja selain karena keluarga saya sendiri sebagai motivasi utama, saya juga terus ingin belajar. Dengan semua keseharian saya mendalami bidang marketing dan berkesempatan berkomunikasi di luar, itu buat saya menjadi semakin semangat untuk melakukan apa pun.
Bagaimana cara Anda untuk membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga?
Cukup sulit memang sebenarnya, mengingat pekerjaan saya bukan hanya hari Senin-Jumat, tapi juga mengenai jam bekerja yang terkadang sampai larut malam. Tapi sebenarnya di satu sisi, saya ingin memperlihatkan juga ke anak saya bahwa bekerja itu bukan hanya sekadar untuk kehidupan sehari-hari, tapi ada passion di dalamnya. Jadi, pada saat saya sedang bekerja pun, terkadang saya bisa melibatkan keluarga sendiri terutama anak saya. Saat saya sedang bekerja, mereka bisa melihat sendiri, atau mungkin mereka ikut sekali-sekali. Atau ketika Sabtu-Minggu, saya menghabiskan waktu dengan anak dan suami saya. Saya masih bisa memisahkan waktu antara pekerjaan dan keluarga, tapi dalam satu waktu saya bisa melibatkan keluarga saya juga.
Tantangan apa yang dihadapi Anda saat menjalani karier ini?
Ada dua tantangan saat menjalani karier ini, tantangan internal dan eksternal.
Kalau internal, saya membawahi 38 orang dalam tim saya sendiri. Buat saya itu menjadi tantangan bila saya tidak bisa menyatukan 38 pikiran menjadi satu pikiran, satu visi, satu misi yang membuat kerja semakin maksimal. Jadi, daripada saya harus bisa menuntut mereka satu persatu untuk mereka bisa mengikuti sesuai maunya saya, tantangan yang terbesar justru membuat tim saya menjadi lebih bounding, lebih saling mendukung, agar kami juga bisa mencapai hasil yang lebih maksimal lagi.
Kalau dari eksternal, dengan mengikuti perkembangan zaman dan juga bagaimana digital memengaruhi kehidupan kita, terkadang saya masih merasa kurang update selalu. Jadi, lagi-lagi tantangan saya adalah lebih ingin tahu lagi, harus tahu banyak lagi, menggali informasi yang paling valid, lebih punya banyak wawasan, dengan cara ikut training dan seminar-seminar, bertemu dengan banyak ahli di bidang saya agar saya bisa lebih update.
Apa pencapaian yang telah diraih oleh PT Central Mega Kencana pada tahun 2019 lalu?
Tahun 2019, PT Central Mega Kencana yang membawahi empat brand berhasil memenangkan beberapa awards, internasional maupun lokal. Untuk internasional, kami memenangkan JNA Awards, baru-baru ini juga kita memenangkan Brand of The Year untuk Frank & Co. yang minggu depan kita akan hadir pada awarding night-nya di Kensington, Inggris. Untuk lokal, kami mememangkan Creative Brand of The Year untuk Frank & Co. Lalu untuk Top Brand dimenangkan oleh Mondial, Frank & Co. dan The Palace. Jadi kami cukup bahagia karena tahun ini kami bisa memenangkan beberapa awards.
Jika ada platform khusus untuk wanita di mana mereka bisa membaca berita, menulis artikel/blog, berdiskusi di forum dan berbelanja, apakah Anda akan tertarik menggunakannya?
Pastinya, karena sekarang apalagi yang namanya content platform itu sangat kita butuhkan dalam keseharian. Jadi sudah pasti saya kalau ada content platform baru, saya pasti ingin tahu dan pasti ngulik.
Coba gambarkan Ladiestory dalam 3 kata...
Kreatif, inovatif, inspiratif.
Sumber foto utama: Dokumentasi Ladiestory.id