1. Health
  2. Bantu Diet, Cek Kandungan Anggur Putih dan Manfaatnya bagi Kesehatan
Health

Bantu Diet, Cek Kandungan Anggur Putih dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Bantu Diet, Cek Kandungan Anggur Putih dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Ilustrasi anggur putih. (Spesial)

Ladiestory.id - Anggur telah menjadi minuman paling banyak diminati terutama di negara bagian barat. Selain anggur merah teryata anggur putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kulit anggur mengandung anthocyanin atau yang dikenal sebagai polifenol. Selain itu, masih banyak lagi kandungan-kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasan lengkap tentang kandungan dan manfaat anggur putih untuk kesehatan.

Kandungan Anggur Putih

Ilustrasi anggur putih. (Spesial)

Dalam satu porsi, anggur putih mengandung sekitar 3 persen magnesium. Seperti yang kita ketahui magnesium sangat berperan penting dalam tubuh kita untuk menghasilkan enzim. Anggur putih terdiri dari beberapa mineral seperti kalsium, kalium, seng, fosfor dan zat besi.

Tak hanya mineral, anggur putih juga kaya akan karbohidrat serta protein. Selain itu, anggur putih mengandung 3 persen riboflavin dan niacin yang berfungsi sebagai zat penghasil energi bagi tubuh.

Manfaat Anggur Putih bagi Kesehatan

Anggur putih nyatanya juga punya berbagai manfaat, terutama untuk kesehatan. 

1. Melindungi Jantung dan Paru-Paru

Mengandung antioksidan yang cukup baik membuat anggur putih dapat melindungi jantung dari berbagi penyakit, misalnya serangan jatung, stroke, gangguan ritme dan yang lainnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin minum anggur putih dalam jumlah yang tepat berisiko lebih rendah meninggal dunia akibat serangan jantung.

Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi menjaga kesehatan paru-paru. Tapi, jangan minum anggur putih secara berlebihan, ya. Tetap gunakan aturan minum yang sesuai, karena jika di minum secara berlebihan akan berdampak tidak baik.

2. Mencegah Diabetes dan Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi menimbang badan. (Spesial)

Anggur Putih diklaim dapat mencegah diabetes, terutama diabetes tipe 2. Minumlah segelas anggur putih setelah makan malam secara rutin, hal tersebut akan mengurangi resiko diabetes hingga 30 persen. Selain itu anggur putih juga rendah kalori. Sehingga dengan minum anggur putih dalam jumlah sedang akan membantu proses penurunan berat, ini sangat cocok untuk Kamu yang sedang menjalani diet.

3. Mencegah Kanker

Anggur putih memiliki kemampuan membunuh sel kanker, karena ia mengandung flavonoid. Di dalam flavonoid terdapat zat hidroksityrosol dan tirosol yang bisa menghampat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.

4. Mencegah Osteoporosis

Mengandung hampir semua mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, meminum anggur putih sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Anggur putih dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang lebih kuat dan mengurangi resiko terjadinya oesteoporosis.

5. Mengurangi Stres dan Membuat Tidur lebih Nyenyak

Ilustrasi wanita tidur. (Ladiestory.id)

Jika Kamu sering mengalami insomnia, maka Kamu bisa mencoba untuk minum segelas anggur putih. Hal ini akan membantu Kamu agar bisa tidur lebih nyenyak. Tak hanya tidur nyenyak, anggur putih juga bisa mengurangi kegelisahan, kelelahan dan juga stres.

6. Mencegah Alzheimer

Meminum sekitar 3 gelas anggur putih dalam satu minggu dapat membantu menjaga kesehatan metabolisme tubuh kita. Senyawa yang ditemukan dalam anggur putih saat membuat sampanye atau sering disebut asam fenolik dapat menghindarkan kita dari penyakit degeneratif seperti azheimer atau demensia.

7. Mencegah Penyakit Ginjal

Beberapa penelitian membuktikan kalau asam kafeat yang terdapat di anggur putih dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal.

Meski memiliki kandungan dan banyak sekali manfaat, tapi jangan sampai mengonsumsi anggur putih secara berlebihan, karena mengkonsumsi sesuatu secara belebihan juga kurang baik bagi kesehatan kita.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel