Ladiestory.id - Setelah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, kampanye #AyoMinumBuah persembahan Buavita dari PT Unilever Indonesia, Tbk. yang didukung oleh tim Alodokter mengunjungi Mumtaza Islamic School. Kunjungan ini dalam rangka untuk mengedukasi 775 siswa sekolah dasar akan pentingnya mengawali kebiasaan baik mengonsumsi buah, khususnya untuk menjaga daya tahan tubuh.
Beragam aktivtitas seru yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi, sekaligus para orang tua murid agar muatan edukasi yang diberikan akan dengan mudah diterapkan sehari-hari di rumah.
Sebelumnya, kampanye #AyoMinumBuah juga telah hadir di tengah 557 siswa-siswi SD Negeri Pesanggarahan 03 dan mendapatkan animo yang sangat positif dari para peserta, guru, mau pun orang tua murid.
Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk. yang akrab disapa Tutut menyampaikan komitmen Buavita dalam memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat saat press release Jumat (19/8/2022).
“Buavita berkomitmen memberikan akses nutrisi buah kepada masyarakat dengan cara yang praktis dan menyegarkan, sekaligus menyuarakan pentingnya konsumsi buah demi tubuh yang lebih sehat dan hidup yang lebih berkualitas. Baru-baru ini, kami meluncurkan kampanye #AyoMinumBuah untuk mengedukasi mengenai proporsi konsumsi buah yang ideal sehingga masyarakat terdorong untuk melengkapi kebutuhan harian buah demi daya tahan tubuh yang lebih terjaga, salah satunya dibantu dengan minum jus buah setiap hari,” kata Tutut.
Sejak diluncurkan, kampanye #AyoMinumBuah telah mengedukasi lebih dari 25 ribu masyarakat dari berbagai latar belakang dan lapisan usia.
“Anak-anak menjadi salah satu fokus utama dari edukasi ini karena percaya bahwa kebiasaan baik mengonsumsi buah harus ditanamkan sejak dini. Faktanya, data dari Litbang Kemenkes RI menunjukkan bahwa selain kurangnya pengetahuan mengenai manfaat konsumsi buah, rendahnya konsumsi buah di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh kesulitan pada anak untuk menemukan rasa dan tekstur buah yang mereka sukai. Melalui kunjungan ini, Buavita ingin membantu para orang tua memperkenalkan aneka kelezatan dan manfaat buah dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami anak,” lanjut Tutut.
Khalimi, M.Pd. selaku Kepala Sekolah Mumtaza Islamic School pun memberikan dukungannya untuk kegiatan positif dari Buavita bersama Alodokter ini.
“Pihak sekolah sangat antusias dengan kegiatan seperti ini. Anak-anak juga terlihat antusias dan tentunya ini membawa hal positif bagi semua pihak, untuk itu kita hargai dan kita syukuri. Apalagi pesan yang dibawa oleh Buavita ini positif, yaitu ajakan makan dan minum buah yang kemudian disandingkan dengan sharing session tentang kesehatan. Kegiatan seperti ini memang telah direncanakan, dan Alhamdulillah sekarang di-support langsung oleh Buavita dan Alodokter,” ungkap Khalimi.
Salah satu kekhawatiran utama orang tua terhadap kesehatan anak mereka saat ini adalah semakin maraknya wabah penyakit menular yang muncul di sekitar. Ditambah pula dengan cuaca yang kurang bersahabat.
Untuk itu, dalam acara ini Buavita didukung oleh tim dokter dari Alodokter menyampaikan banyak fakta menarik seputar manfaat buah untuk tubuh yang lebih sehat dan terlindungi dari penyakit.
Eleonora Mitaning Christy, M.Gizi, Sp.GK sebagai spesialis gizi klinik memberikan edukasi di acara ini pun menerangkan pentingnya mengonsumsi buah setiap hari.
“Di tengah ancaman kesehatan yang makin banyak terjadi, keluarga dapat melindungi diri dengan lebih banyak mengonsumsi buah setiap hari. Selain aneka rasanya yang enak dan menyegarkan, mereka perlu memahami bahwa kandungan vitamin C, mineral, dan antioksidan – khususnya flavonoid – yang terdapat di dalam buah-buahan bisa menjadi bahan baku yang ampuh untuk membantu kita membangun sistem daya tahan tubuh,” terang Eleonora.
Selain itu, anak-anak juga diajarkan mengenai konsumsi buah harian yang ideal, yaitu 2-3 porsi setiap hari. Salah satunya bisa dilengkapi dengan jus buah sebagai pilihan praktis, higienis, dan takarannya pun jelas, sesuai kebutuhan.
Di penghujung acara, Buavita menggelar kuis berhadiah untuk memastikan bahwa anak-anak telah menyerap edukasi yang diberikan dengan baik. M. Royani selaku salah satu orang tua murid pun berkomentar,
“Alhamdulillah, Buavita memfasilitasi kegiatan ini jadi anak-anak juga lebih aware lagi untuk kesehatannya dengan konsumsi buah salah satunya dengan Buavita yang lebih simple, lebih praktis. Anak-anak tidak perlu ngupas, tidak ribet cuci, tinggal colok dan minum, jadi lebih ringkas. Program dari Buavita dan Alodokter ini Insya Allah bisa membantu anak-anak biar tetap sehat di masa ini, sambil tetap menjaga protokol 5 M. Mudah-mudahan kondisi akan kembali normal seperti sedia kala,” ungkap M. Royani.
Dari pihak Buavita, Tutut pun berharap semoga kegiatan yang diadakan dapat memiliki manfaat dan menumbuhkan kebiasaan baik.
“Semoga kegiatan ini dapat mendorong pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap buah-buahan, serta menginspirasi orang tua untuk terus memiliki ide kreatif dalam menanamkan kebiasaan makan dan minum buah setiap hari. Nantikan gelaran berikutnya dari kampanye #AyoMinumBuah!,” tutup Tutut.