1. Health
  2. Kalung Kesehatan, Mitos atau Fakta?
Health

Kalung Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Kalung Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi kalung kesehatan. (Special)

Ladiestory.id - Kesehatan menjadi sesuatu yang penting untuk sebagian orang. Tentu saja tidak heran jika kalung kesehatan merupakan barang berupa lingkaran atau rantai dari emas, perak, mineral, batuan, dan bahan lainnya yang dilingkarkan pada leher sehingga memberikan manfaat untuk kesehatan. 

Biasanya kalung hanya berfungsi sebagai hiasan. Bedanya, saat ini kalung kesehatan diklaim dapat memberikan dampak bagi kesehatan. Selain itu, kesehatan yang dimaksud meliputi fisik, mental, dan spiritual sehingga memungkinkan setiap orang bisa hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Singkatnya, seseorang yang menggunakan produk kesehatan berbentuk kalung akan mendapatkan manfaat berupa kesehatan sehingga dapat tetap produktif dan sembuh dari penyakit yang sedang dialami. 

Berbagai Klaim Mengenai Kalung Kesehatan

Kalung kesehatan merupakan produk yang dibuat dari kandungan mineral dan bebatuan, seperti Black jade, Tourmaline, GwiSaMunSok, dan Germanium. Bukan hanya itu, ada klaim ilmiah produk yang begitu beragam seperti memancarkan sinar infra merah jarak jauh (FIR), gelombang elektromagnetik, dan ion negatif ke dalam tubuh.

Ada berbagai klaim dari produk kalung kesehatan, seperti meningkatkan sirkulasi darah, mengaktifkan molekul air dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, menyeimbangkan pH dalam tubuh, mencegah efek buruk radiasi alat elektronik dan melancarkan aliran darah.

Selain itu, ada beberapa efek positif untuk tubuh sehingga menjadi lebih bertenaga, segar, mengurangi perlengketan darah karena kolesterol, mempelancar peredaran darah. Tidak hanya itu, penjual produk kesehatan memberikan segala macam klaim bahwa produk ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pemahaman Tentang Efek Placebo pada Kalung Kesehatan 

Secara sederhana, efek Placebo merupakan perbaikan pada kondisi kesehatan pasien yang muncul ketika pengobatan atau obat tanpa efek kesehatan yang diberikan kepada pasien. Biasanya yang terjadi, pasien akan sangat yakin dan percaya bahwa pengobatannya akan berhasil.  Hal ini yang membuat pasien menjalani pengobatannya karena adanya jaminan, perhatian, dan keyakinan pada pengobatan oleh seorang dokter dengan memberikan kekuatan internal untuk melawan penyakit mereka.

Penggambaran Mengenai Efek Placebo

Tn. A dan Tn.B merupakan penderita diabetes dan keduanya berobat kepada seorang dokter namun berperan sebagai peneliti. Di sana, dokter meminta mereka menggunakan kalung kesehatan A dengan kandungan Germanium dan kalung B yang terbuat dari bahan biasa.

Dokter meminta mereka menggunakan kedua kalung setiap hari selama 1 bulan. Setelah itu, keduanya diminta untuk mengecek tekanan darah setiap hari. Selain itu, mereka diminta untuk tidak melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan dan mengonsumsi makanan seperti biasa saja.

Hasilnya, tekanan darah Tn. B jauh lebih turun dibandingkan Tn. B. Potensi kalung A terkait menurunkan tekanan darah yang dikalahkan keyakinan Tn. B.

Ini yang disebut dengan efek Plasebo. Sebuah kondisi keyakinan seseorang yang memberikan efek pengobatan dari obat atau benda yang tanpa fakta memperbaiki fungsi tubuh. Sebaiknya memang produsen kalung kesehatan melakukan penelitian terhadap produk mereka. Tapi, saat ini belum ada penelitian soal kalung kesehatan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel