1. Health
  2. Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ketahui Manfaatnya!
Health

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ketahui Manfaatnya!

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ketahui Manfaatnya!

Buah Jeruk. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Buah jeruk diketahui mengandung banyak serat dan rendah kalori, sehingga jeruk bisa menjadi salah satu pilihan buah yang bisa dikonsumsi untuk bantu menurunkan berat badan. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Composition and Antioxidant Properties of Fruits and Vegetable, jeruk mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C, serat, dan berbagai antioksidan.

Melansir Healthshots, berikut ini manfaat jeruk yang bisa menurunkan berat badan.

Rendah Kalori

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan: Rendah Kalori. (Freepik.com)

 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science and Technology, jeruk merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan camilan karena rendah kalori. Jeruk berukuran sedang biasanya mengandung antara 60 hingga 80 kalori. 

Jeruk dapat membantu seseorang untuk mencapai defisit kalori, karena mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar sangatlah bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Tinggi Serat

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan: Tinggi Serat. (Freepik.com)

 

Jeruk mengandung banyak serat makanan, terutama serat laut. Jenis serat ini dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Hal ini dapat secara signifikan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, sehingga lebih mudah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Hidrasi

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan: Hidrasi. (Freepik.com)

 

Jeruk memiliki kandungan air yang tinggi, biasanya sekitar 85-90 persen. Ini berarti bahwa ketika mengonsumsi jeruk, seseorang juga mengonsumsi sejumlah besar air. 

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga metabolisme dan tingkat energi yang sehat, yang keduanya penting untuk menurunkan berat badan. Hidrasi yang cukup membantu tubuh berfungsi secara optimal dan dapat mencegah kelelahan, yang dapat membuat lebih sulit untuk mematuhi rencana penurunan berat badan. 

Selain itu, makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti jeruk, dapat membantu merasa kenyang tanpa menambah kalori ekstra

Indeks Glikemik Rendah

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan: Indeks Glikemik Rendah. (Freepik.com)

 

Jeruk memiliki indeks glikemik (IG) rendah, yang berarti jeruk menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang lebih lambat dan bertahap dibandingkan dengan makanan dengan IG tinggi. 

Hal ini karena jeruk kaya akan serat, yang memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ketika kadar gula darah naik perlahan, hal ini membantu mencegah lonjakan yang menyebabkan peningkatan keinginan dan rasa lapar.

Kaya Vitamin C

Jeruk Bisa Bantu Turunkan Berat Badan: Kaya Vitamin C. (Freepik.com)

 

Vitamin C yang terkandung pada jeruk sangat berperan penting dalam metabolisme lemak. Vitamin C membantu tubuh mengubah lemak menjadi energi, yang mendorong penurunan berat badan. Kadar vitamin C yang cukup penting untuk produksi karnitin, senyawa yang membantu pembakaran lemak selama berolahraga. 

Selain itu, vitamin C membantu melawan peradangan, yang dapat memperlambat penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi jeruk, seseorang dapat mengurangi peradangan dan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih efektif. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel