1. Health
  2. 10 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Bernutrisi
Health

10 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Bernutrisi

10 Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi dan Bernutrisi

Foto: resepkoki

Ladiestory.id - Jamur memiliki beragam jenis, ada yang aman dikonsumsi namun, ada juga yang beracun. Selain rasanya yang lezat, jamur juga mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh. Memiliki kandungan protein yang tinggi, dan rendah kalori membuat jamur digemari di kalangan masyarakat.

Jenis-Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi

Nah, supaya kamu tidak bingung jamur apa saja yang bisa dikonsumsi, simak terus ulasan berikut ini.

Foto: Klikdokter

1. Jamur Tiram

Memiliki ciri-ciri berwarna putih kusam, menyerupai cangkang tiram, dan bergerombol seperti payung. Jamur jenis ini sering diolah menjadi jamur krispi yang renyah dan gurih. Selain memiliki rasa yang enak, jamur ini juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jamur Enoki

Jamur yang memiliki nama latin  Flammulina velutipes ini hanya tumbuh di tempat yang bersuhu dingin saja, oleh karena itu sering disebut jamur premium. Jamur Enoki ini sering diolah menjadi makanan dengan kuah yang gurih serta memiliki khasiat melancarkan buang air besar dan membersihkan sistem pencernaan.

3. Jamur Kuping

Sama seperti namanya jamur ini mempunyai tekstur kenyal dan berbentuk mirip kuping. Rasanya yang kenyal serta gurih akan menggugah selera makanmu. Jamur ini memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi panas dalam.

4. Jamur Kancing

Memiliki nama ilmiah Agaricus bisporus, jamur ini mampu menurunkan kolestrol dan menambah sel darah merah karena mengandung asam folat. Umumnya jamur ini sering diolah bersama sayur dan dihidangkan di Chinese food.

5. Jamur Shiitake

Berasal dan dibudidayakan di Jepang membuat jamur ini memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis jamur lainnya. Jamur ini sering dimasak sebagai campuran sup atau gorengan. Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsi jamur shiitake adalah memelihara kesehatan jantung, mengontrol kolestrol dan melancarkan sirkulasi darah.

Foto: Ladiestory.id

6. Jamur Merang

Jamur jenis ini sering ditemukan di pasaran, karena mudah dibudidayakan walau di daerah tropis. Memiliki tekstur yang lembut membuat jamur merah kerap dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan cream soup, atau pasta lainnya. Manfaat mengkonsumsi jamur merang cukup banyak salah satunya bisa membantu program dietmu dan mencegah pertumbuhan kanker juga lho.

7. Jamur Lingzhi

Jamur yang berasal dari Cina ini disebut jamurnya para raja, karena pada zaman dulu jamur ini hanya dikonsumsi para raja saja. Jamur yang satu ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa, salah satunya memilliki kandugan zat anti HIV.

8. Jamur Truffle

Jamur truffle merupakan jamur eksklusif dan terbilang langka. Dikatakan langka karena hanya tumbuh diakar pohon yang terkubur 5 sampai 10 cm dibawah tanah, dan untuk mendapatkannya diperlukan alat deteksi khusus. Oleh sebab itu jamur truffle sangat mahal, umumnya sering disajikan dengan sup atau pasta di hotel-hotel bintang lima. Jamur  truffle juga berkhasiat meredakan peradangan dan membunuh sel kanker

9. Jamur Morel

Jamur morel merupakan jamur termahal kedua setelah jamur truffle. Jamur ini memiliki bentuk yang unik serta sulit ditemukan. Mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas membuat jamur ini banyak diminati walau sangat sulit menemukannya.

10. Jamur Maitake

Jamur Maitake sering disajikan dengan nasi panas ,campuran sushi dan kecap. Didedikasi sebagai salah satu jamur yang berfungsi melawan kanker, menjadikan jamur ini banyak dicari dan memiliki harga yang lumayan mahal.

Itulah tadi jenis-jenis jamur yang bernutrisi dan aman dikonsumsi. Jamur juga bisa dijadikan pengganti daging buat kamu yang vegetarian namun tetap ingin mendapatkan nutrisi. Jadi, jenis jamur apa yang sudah pernah kamu konsumsi?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel