1. Lifestyle
  2. Ini Dia Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Saat Iduladha
Lifestyle

Ini Dia Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Saat Iduladha

Ini Dia Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Saat Iduladha

Hewan yang dikurbankan saat Idul Adha, (Special)

Ladiestory.id - Sebentar lagi umat muslim akan segera menyambut hari raya iduladha. Iduladha atau disebut juga sebagai hari raya kurban. Kali ini akan jatuh pada 10 Juli 2022 yang bertepatan pada hari minggu.

Iduladha dirayakan setiap satu tahun sekali dalam mengenang peristiwa Nabi Ismail yang dahulu nyaris akan disembelih. Nabi Ibrahim bermimpi bahwa ia diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya yang saat itu berusia 7 tahun.

Namun, peristiwa itu tidak terjadi karena akhirnya putra Nabi Ibrahim yang bernama Ismail ini digantikan dengan seekor domba yang sangat segar dan layak untuk disembelih dan semua terjadi atas izin Allah.

Lalu, apa saja sebenarnya jenis hewan kurban yang boleh dikurbankan saat Iduladha? 

Sapi

Hewan yang dikurbankan saat Idul Adha. (Freepik.com/ Close Up Sapi Kurban)

Pertama, sapi termasuk dalam jenis hewan yang boleh dikurbankan saat Iduladha. Hewan ternak yang satu ini cukup mudah didapatkan karena masih cukup banyak ditemukan para peternak sapi diberbagai daerah.

Sapi juga merupakan hewan ternak yang memiliki daging dengan rasa yang enak loh! Cukup banyak resep atau referensi masakan yang bisa diolah dari daging sapi ini dengan cita rasa sangat enak.

Menurut syariat Islam sendiri, tenyata sapi juga memiliki batasan usia yang layak untuk dikurbankan. Usia sapi minimal 2 tahun atau masuk usia yang ketiga tahun saat akan dikurbankan.

Kambing 

Hewan yang dikurbankan saat Idul Adha. (Special)

Jenis hewan selanjutnya yang boleh untuk dikurbankan saat Iduladha adalah kambing. Selain sapi, kambing menjadi salah satu hewan ternak yang juga cukup mudah ditemukan di setiap daerah.

Kambing juga cukup banyak dicari saat mendekati hari raya Iduladha dan banyak juga yang berkurban kambing untuk Iduladha ini. Sama hal nya dengan sapi, usia kambing yang layak untuk disembelih adalah 2 tahun lebih atau masuk usia 3 tahun.

Daging kambing ini juga enak untuk diolah jadi makanan seperti, gulai kambing atau sate kambing yang biasanya jadi menu andalan saat memasak daging kurban Iduladha.

Domba

Hewan yang dikurbankan saat Idul Adha. (Pixabay.com)

Domba juga termasuk dalam jenis hewan yang bisa untuk dikurbankan. Domba juga memiliki cukup banyak kesamaan dengan kambing. Seperti bentuk tubuhnya, suaranya dan juga dagingnya.

Bedanya adalah, jika kambing berusia 2 tahun atau lebih sementara domba yang layak untuk dikurbankan adalah domba yang sudah berusia 1 tahun atau lebih atau domba sudah berganti gigi.

Namun, saat ini memang cukup jarang ditemui domba untuk dikurbankan saat Idul Adha. Apalagi di Indonesia sendiri yang biasanya banyak dikurbankan adalah sapi dan juga kambing.

Hewan yang dikurbankan saat Idul Adha. (moondoggiesmusic.com)

Jenis hewan yang boleh untuk dikurbankan yang satu ini banyak ditemui di negara timur tengah. Indonesia sendiri biasanya tidak ada yang berkurban unta untuk disembelih saat Iduladha. Usia unta yang sudah layak untuk dikurbankan cukup lebih tua jika dibandingkan dengan hewan ternak lainnya. Usia unta untuk kurban adalah minimal unta berusia 5 tahun lebih atau sudah masuk usia yang ke 6.

Nah, itu dia jenis hewan kurban yang boleh untuk dikurbankan saat hari raya Iduladha. Namun, ternyata hewan yang paling utama untuk dikurbankan adalah domba dan kambing. Mengingat saat peristiwa Nabi Ibrahim akan menyembelih putranya namun Allah menggantikannya dengan seekor domba yang sehat.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel