1. Health
  2. Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Meditasi
Health

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Meditasi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Meditasi

Manfaat Meditasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sudah sejak zaman dahulu, meditasi telah digunakan sebagai cara untuk memutuskan hubungan dari dunia luar dan menyesuaikan diri, menurunkan stres, dan menemukan istirahat di malam hari.

Melansir CNN, seorang guru yoga dan pendiri Space to Breathe, Rachel Petri, mengatakan bahwa meditasi adalah waktu ketika seseorang memilih untuk tetap berada dalam dirinya sendiri, mengakses kesadaran dan kehadiran yang diperluas.

“Meditasi bisa tiga tarikan napas atau 30 menit. Ini bisa berupa keheningan mutlak, atau fokus pada napas, atau kehadiran pada setiap gerakan yang dilakukan,” jelas Rachel Petri.

“Ini bervariasi, tetapi ini selalu merupakan latihan kehadiran penuh pada saat ini, untuk menjadi diri sendiri sepenuhnya dan seluruh spektrum pengalaman seseorang,” lanjut Rachel Petri.

Meditasi yang dilakukan secara rutin tentunya memiliki berbagai manfaat, tak hanya berdampak positif pada pikiran, meditasi juga dapat membantu tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari meditasi.

Tingkatkan Kesadaran Diri

Manfaat Meditasi. (Freepik.com)

 

Meditasi akan memaksa seseorang untuk sepenuhnya berada dalam kesadaran dirinya. Hal ini tidak hanya menunjukkan bagaimana seseorang untuk menjadi lebih sadar akan lingkungan di sekitar, tapi juga tentang semua seluk-beluk di dalam dirinya sendiri. Orang yang rutin melakukan meditasi, secara tidak sadar biasanya akan memerhatikan kebiasaan, pola, atau cara berpikir.

Tingkatkan Fungsi Tubuh

Manfaat Meditasi. (Freepik.com)

 

Pada tingkat fisik, meditasi membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol; memperkuat sistem kekebalan tubuh; meningkatkan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik; mendorong penyembuhan lebih cepat; meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit.

Pelepasan Stres dan Tingkatkan Kegembiraan

Manfaat Meditasi. (Freepik.com)

 

Ketika melakukan meditasi, seseorang akan mengalami kebalikan dari respon tubuh fight-or-fight. Dalam hal ini, pernapasan dan detak jantung akan melambat, produksi hormon stres menurun, dan trombosit menjadi kurang lengket dan akan mengalir ke seluruh tubuh.

Ditambah lagi, meditasi bisa meningkatkan kesadaran emosional dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, kemarahan, dan kebingungan.

Tingkatkan Kreativitas

Manfaat Meditasi. (Freepik.com)

 

Manfaat lain dari meditasi adalah meningkatkan dan menginspirasi kreativitas sekaligus meningkatkan produktivitas. Meditasi akan membantu dalam pemecahan masalah, karena meditasi mengajarkan seseorang untuk tidak bereaksi terhadap berbagai hal, yang membuat seseorang lebih mampu bergaul  dengan diri sendiri dan orang lain.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel