1. Health
  2. Jangan Sepelekan Makan, New Moms Harus Jaga Nutrisi Tubuh
Health

Jangan Sepelekan Makan, New Moms Harus Jaga Nutrisi Tubuh

Jangan Sepelekan Makan, New Moms Harus Jaga Nutrisi Tubuh

Ilustrasi ibu baru. (Special)

Ladiestory.id - Setelah melahirkan, penting bagi para new moms atau ibu baru untuk mengubah pola makan. Sebab para ibu baru membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar lekas pulih.

Studi pada ibu baru menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan nutrisi yang biasanya dihadapi adalah mereka lupa untuk makan secukupnya. Hal ini karena makan harus dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga mengonsumsi makanan berkualitas tinggi dan padat nutrisi tidak selalu terjamin.

Nah, berikut beberapa tips nutrisi yang harus diperhatikan ibu baru sebagaimana dilansir dari BoldSky.

Tips 1: Tambahkan ikan ke dalam makananmu. Makanan laut adalah sumber protein sehat yang juga memberi asam lemak omega-3 esensial. Konsumsi makanan laut rendah merkuri seperti salmon, lele, nila, udang, kepiting, dan cumi-cumi dua hingga tiga kali seminggu

Tips 2: Tetap terhidrasi. Saat akan menyusui, penting untuk menjaga diri tetap terhidrasi. Jadi, pastikan untuk minum banyak cairan (yang tidak tinggi gula) dan cobalah minum delapan gelas air. Aman untuk memasukkan cairan yang berbeda seperti milkshake, lassi, sup, air kelapa, dan jus buah segar, tetapi hindari minuman dingin karena dapat menyebabkan gas.

Tips 3: Makan makanan kaya kalori. Menyusui dan membuat ASI menghabiskan banyak energi. Jadi, para ahli mengatakan bahwa seorang ibu baru harus mengonsumsi sekitar 500 kalori ekstra sehari. Beberapa pilihan makanan kaya kalori yang sehat adalah kacang-kacangan dan mentega kacang, kentang, beras merah, salmon dan ikan berminyak lainnya dll.

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

 

Tips 4: Pertahankan diet seimbang. Meskipun mungkin tampaknya sulit, cobalah makan setidaknya tiga kali makan lengkap bersama dengan berbagai makanan sehat dan camilan setiap hari. Jika tidak makan tiga kali penuh, cobalah enam kali makan kecil. Makanlah sayuran pada dua atau tiga kali makan per hari.

Tips 5: Minum vitamin. Doktermu mungkin meresepkan vitamin prenatal jika Kamu mengalami kekurangan vitamin. Namun, Kamu harus ingat bahwa vitamin tidak dapat menggantikan diet sehat.

Tips 6: Jangan diet. Kekhawatiran umum di antara ibu baru adalah kebutuhan untuk menurunkan berat badan kehamilan. Namun, Kamu tidak boleh memulai program diet terlalu cepat jika sedang menyusui.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel