1. Travel
  2. Jangan Panik, Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Penerbangan Dibatalkan
Travel

Jangan Panik, Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Penerbangan Dibatalkan

Jangan Panik, Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Penerbangan Dibatalkan

Ilustrasi Wanita di Bandara. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Dalam dunia penerbangan, terkadang terdapat beberapa hal yang terjadi di luar kendali seseorang. Seperti halnya jadwal penerbangan yang terpaksa harus ditunda atau dibatalkan karena alasan cuaca buruk.

“Selama masa gangguan perjalanan massal, Anda harus mencoba berbagai cara untuk mendapatkan bantuan,” kata Nick Ewen, direktur konten di The Points Guy.

Untuk itu, setidaknya seseorang harus bersiap dengan kemungkinan pembatalan penerbangan yang terjadi. Namun, tak perlu panik apabila mengalami hal tersebut. Melansir US News, berikut hal yang harus dilakukan apabila penerbangan dibatalkan.

Cek Informasi Penerbangan

Ilustrasi Wanita Cek Jadwal Penerbangan. (Freepik.com)

 

Jika jadwal penerbangan mengalami pembatalan, maka cobalah untuk mengecek jadwal penerbangan terbaru. Bisa jadi maskapai akan secara otomatis memesan ulang jadwal penerbangan baru pada jam berikutnya.

Hubungi Layanan Maskapai

Ilustrasi Menghubungi Layanan Maskapai. (Freepik.com)

 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi maskapai penerbangan. Sebagian besar maskapai penerbangan memungkinkan seseorang untuk memesan ulang penerbangan dengan mudah dan gratis.

Selain itu, bisa juga menghubungi penyedia asuransi perjalanan, memesan ulang melalui aplikasi maskapai, atau meminta bantuan maskapai melalui media sosial. 

Pesan Ulang Tiket Penerbangan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Pemesanan ulang tiket penerbangan bisa dilakukan dengan langsung mendatangi layanan bantuan di bandara, atau melalui layanan telepon dan SMS. Carilah jadwal keberangkatan yang tidak jauh jaraknya dari jam pembatalan.

Ajukan Refund

Ilustrasi Mengajukan Refund. (Freepik.com)

 

Pihak maskapai yang telah membatalkan atau mengubah jadwal penerbangan tanpa alasan yang jelas, maka calon penumpang berhak mendapatkan pengembalian dana atau refund.

Sayangnya, mendapatkan pengembalian dana bisa jadi proses panjang yang cukup melelahkan. Sebagian besar maskapai penerbangan biasanya akan menawarkan pilihan untuk ditukar dengan tiket perjalanan di masa mendatang.

Pesan Hotel

Ilustrasi Wanita di Bandara. (Freepik.com)

 

Jika lokasi bandara cukup jauh dari tempat tinggal, maka coba pikirkanlah apakah diperlukan akomodasi untuk menunggu jadwal berikutnya. Jika pembatalan terjadi pada penerbangan terakhir, maka segeralah untuk mengambil kamar hotel di dekat bandara sebelum semuanya full booked.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel