1. Entertainment
  2. Jakarta Doodle Fest 2024 Digelar 3 Hari di Taman Ismail Marzuki
Entertainment

Jakarta Doodle Fest 2024 Digelar 3 Hari di Taman Ismail Marzuki

Jakarta Doodle Fest 2024 Digelar 3 Hari di Taman Ismail Marzuki

Jakarta Doodle Fest 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Jakarta Doodle Fest (JDF), sebuah ajang selebrasi seni visual yang digawangi oleh media TFR News telah resmi dibuka tahun ini dengan tema baru: “Art to Cart” di Taman Ismail Marzuki (TIM) mulai 1-3 November 2024. JDF sendiri pertama dilaksanakan pada tahun 2023 di M Bloc Space.

Tema baru ini bertujuan mengangkat pentingnya bagi seniman untuk tidak hanya berkarya, tetapi juga mendapatkan manfaat ekonomi dari karya mereka. Karenanya, program yang ditampilkan dalam JDF 2024 pun banyak mengangkat isu tersebut.

“Salah satu faktor yang membuat kita beli produk yang kita konsumsi sehari-hari itu branding/IP (HKI-hak kekayaan intelektual). Dari pakaian, sepatu, snack, minuman, bahkan supermarket atau mall. Nah, yang diciptakan oleh seniman juga IP/HKI dalam bentuk merchandise atau pakaian. Tujuan kita menciptakan JDF supaya orang-orang semakin aware tentang IP dan menghargai ide di balik IP tersebut,” ujar Christine Laifa, selaku Co-Founder JDF dan TFR News, dalam konferensi pers, Jumat (1/11/2024).

Di antara program-program yang dimaksud adalah roadshow ke berbagai sekolah dan fakultas seni di Indonesia, pameran “All The Small Things” yang diinisiasi oleh Muklay yang kembali berperan sebagai Artistic Director JDF, pertunjukan teater musikal yang terinspirasi dari karya seni visual, kolaborasi merchandise antara seniman dengan korporasi, dan masih banyak lagi.

Dalam edisi keduanya, JDF didukung oleh sederet sponsor dalam menjalankan berbagai rangkaian kegiatannya, yaitu MR.DIY, Galeri Indonesia Kaya, dan myBCA. Sesuai dengan tema JDF 2024 yakni “Art to Cart”, dukungan para sponsor merefleksikan sinergi antara komunitas seni visual dengan pelaku industri.

Jakarta Doodle Fest 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Dalam kesempatan yang sama, Ria Sutrisno selaku Head of Marketing MR DIY mengungkapkan bahwa melalui kampanye ‘Ada Aja Idenya’, MR DIY ingin kembali menegaskan komitmennya untuk menjadi merek yang bisa diandalkan oleh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan beragam inisiatif inklusif yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Selain menyediakan berbagai perlengkapan seni yang hemat terjangkau, pilihan yang lengkap, serta lokasi yang dekat MR.DIY ingin turut aktif mengembangkan kapasitas kelompok masyarakat Indonesia yang berdampak positif salah satunya berkolaborasi dengan Jakarta Doodle Fest,” ujar Ria Sutrisno.

“Melalui program ini, MR.DIY ingin memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan seni di Indonesia, khususnya dengan mendukung para mahasiswa seni untuk terus berkembang dan berprestasi. Kami menyadari bahwa aksesibilitas terhadap perlengkapan seni dengan harga terjangkau dan lengkap adalah kunci untuk memfasilitasi kreativitas mereka. Kami akan terus mendukung dunia kreatif di Indonesia dengan menghadirkan berbagai kegiatan seperti Art School Roadshow with MR.DIY yang dilaksanakan di Jakarta, Malang, dan Bandung,” sambungnya.

Jakarta Doodle Fest akan berlangsung selama tiga hari mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB di Taman Ismail Marzuki. Pengunjung dapat mengunjungi area market, pameran, dan berbagai brand activation secara gratis dengan registrasi di: bit.ly/jdf2024visitors. Sementara tiket untuk workshop dan conference dapat dibeli di: bit.ly/jakartadoodlefest2024.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel