1. Lifestyle
  2. Jadi Barometer Seni di Asia Tenggara, Art Jakarta Bawa Konsep Menarik
Lifestyle

Jadi Barometer Seni di Asia Tenggara, Art Jakarta Bawa Konsep Menarik

Jadi Barometer Seni di Asia Tenggara, Art Jakarta Bawa Konsep Menarik

Opening Ceremony Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Pameran seni terbesar di Asia Tenggara, Art Jakarta 2024 telah resmi dibuka. Berlangsung di JIEXPO Kemayoran, pameran seni ini berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024). 

Art Jakarta 2024 akan menampilkan 73 galeri seni terkemuka, dengan rincian 39 galeri berasal dari dalam negeri dan 34 galeri berasal dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Rusia, hingga Australia.

Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Deretan galeri seni yang berpartisipasi di antaranya adalah Art+ Contemporary, Art Agenda, Art:1 New Museum, ArtSerpong Gallery, Mizuma Gallery, Museum of Toys, Nadi Gallery, Sankhara Art, Semarang Gallery, SEWU SATU, ShanghART, Srisasanti Gallery, Zola Zolu Gallery, 2Madison Gallery, 39+ Art Space, 75 Gallery, Gajah Gallery, GALLERY YEH, Galeri Ruang Dini, Galeri Zen1, dan masih banyak lagi.

Maulana Indraguna Sutowo, selaku CEO MRA Group mengungkapkan bahwa Art Jakarta terus menapaki jejak penting sejak digelar pertama kali pada tahun 2009 lalu. Art Jakarta terus berevolusi sesuai perkembangan seni yang terjadi, baik dalam skala nasional maupun global.

"Art Jakarta selalu mendorong ekosistem seni di Indonesia dan Asia Tenggara. Selamat menikmati pesta seni Art Jakarta 2024," ujar Maulana Indraguna Sutowo.

Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Dalam kesempatan yang sama, DIrektur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Restu Gunawan juga menyebut gelaran Art Jakarta selalu menjadi penanda penting dalam perkembangan kesenian dan kebudayaan di Indonesia.

Pasalnya, Art Jakarta adalah rumah bagi ekspresi seni dari para seniman terkemuka, tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari mancanegara.

"Art Jakarta adalah salah satu barometer penting kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Ke depan, harapannya peran ini terus melebar tak hanya Asia Tenggara, tetapi Asia, atau bahkan dunia," tuturnya.

Art Jakarta 2024. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran Art Jakarta akan menampilkan berbagai karya seni kontemporer melalui berbagai program unggulannya. Di antaranya adalah AJ Spot, sebuah platform untuk mempresentasikan secara khusus instalasai seni yang dirancang untuk pameran ini.

Presentasi istimewa tersebut dirancang oleh empat seniman ternama seperti, Iwan Yusuf, Syaiful Garibaldi, Tisna Sanjaya, dan Timoteus Anggawan Kusno.

Kemudian terdapat juga, program AJX yang menampilkan kolaborasi Art Jakarta dengan berbagai lembaga, seperti ISI Denpasar (Bali), Malaysia Pavilion (Kuala Lumpur), dan Eugene Museum (Eugene Kangawa) juga akan kembali dihadirkan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel