1. Entertainment
  2. Perjalanan Karier IU, Artis Multitalenta yang Jago Nyanyi dan Akting
Entertainment

Perjalanan Karier IU, Artis Multitalenta yang Jago Nyanyi dan Akting

Perjalanan Karier IU, Artis Multitalenta yang Jago Nyanyi dan Akting

IU. (soompi.com)

Ladiestory.id - Di industri musik Korea, nama IU atau Lee Ji Eun menjadi salah satu sosok yang sangat membanggakan. Banyak sekali prestasi yang berhasil ditorehkan dari kemampuan bernyanyinya. Mulai dari lagunya yang selalu meraih predikat Perfect All Kill (PAK) di chart musik Korea, hingga penghargaan dari berbagai ajang musik bergengsi.

Tak hanya dikenal dengan kemampuannya di dunia tarik suara saja, IU diketahui juga sudah lama terjun di dunia seni peran. Jika kamu penggemar drama Korea, pastinya pernah melihat kehadiran artis yang satu ini di berbagai drama populer, seperti Dream High, The Producers, Moon Lovers, dan Hotel Del Luna. Selain drama, IU juga pernah membintangi beberapa judul film.

Profil IU

IU. (Special)

Di dunia musik Korea, kemampuan IU terbilang sudah tidak bisa dianggap remeh. Memulai debut penyanyi di tahun 2008 lalu, IU kini tetap eksis dan selalu mengeluarkan pesona terbaiknya setiap kali comeback. Merajai chart musik korea hingga mendapatkan predikat Perfect All Kill sudah menjadi hal biasa bagi pemilik nama asli Lee Ji Eun ini.

Tak heran jika julukan Ratu K-Pop disematkan pada gadis kelahiran 1993 ini. Nah, agar bisa mengenal lebih dekat dengan pribadi IU, bisa disimak profil singkat IU berikut, Ladies.

Nama Lahir: Lee Ji Eun (이지은)

Nama Panggung: IU

Tanggal Lahir: 16 Mei 1993

Zodiak: Taurus

Tinggi Badan: 162 cm

Berat Badan: 47 kg

Golongan Darah: A

Profesi: Penyanyi, Penulis Lagu, Aktris

Tahun Aktif: 2008 – sekarang

Agensi: Kakao M (Anak Perusahaan EDAM Entertainment)

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Nama Fandom IU: Uaena (You Love Me)

Warna Fandom IU: Neon atau Lime Green

Akun Instagram: @dlwlrma

Akun Tiwitter: @lily1999iu dan @_Iuofficial

Perjalanan Karier IU

IU. (Special)

Sebelum menjadi penyanyi maupun aktris sukses di industri hiburan Korea, ada banyak lika-liku yang dialami oleh IU. Pengalaman pahit tak jarang turut mewarnai di sepanjang perjalanan kariernya.

IU atau Lee Ji Eun memulai debut sebagai seorang penyanyi pada tahun 2008 silam. Sehingga jika dihitung-hitung, sudah 13 tahun ini IU malang melintang di industri hiburan Korea. Di beberapa wawancara maupun acara variety show, IU pernah membahas mengenai perjalanan kariernya.

Lahir di keluarga yang Kekurangan secara Ekonomi

Artis kelahiran 1993 ini mengaku jika dirinya dulu merupakan anak dari keluarga yang serba kekurangan. IU kecil tingga bersama dengan keluarganya yang mengalami kesulitan finansial dan terjerat utang lantaran ayahnya mengalami kegagalan bisnis.

Sejak kecil IU dan adik laki-lakinya dititipkan di rumah neneknya. Tinggal di kamar kecil yang penuh kecoak menjadi kejadian yang tidak terelakkan di masa kecil IU. Sebelum akhirnya IU dan adiknya pindah ke rumah salah satu kerabat dekatnya. Tinggal di rumah kerabatnya ini juga tidak jauh lebih baik karena IU kerap di-bully secara verbal.

Bercita-cita sebagai Penyanyi

IU yang sejak kecil sudah bercita-cita menjadi penyanyi pun selalu dikatakan oleh kerabatnya jika tidak mungkin akan mengalami kesuksesan. Namun justru berangkat dari ejekan ini, memicu IU untuk mewujudkan cita-citanya menjadi penyanyi sukses.

Saat beranjak remaja, IU memutuskan untuk menjadi trainee di salah satu manajemen. Namun ternyata, sebuah agensi menipunya dengan menyuruh untuk mentransfer sejumlah uang untuk biaya training dan tampil di televisi. Yang nyatanya IU bahkan tidak kunjung didebutkan setelah melakukan pembayaran tersebut.

IU pun kemudian mencoba peruntungan dengan melakukan audisi di berbagai agensi, termasuk JYP Entertainment milik Park Jin Young yang dikenal menaungi girl group maupun boy group ternama, seperti TWICE, Stay Kids, ITZY, dll. Namun usaha IU ini belum menunjukkan hasil karena dirinya ditolak.

Debut sebagai Penyanyi Solo

Tetapi benar kata pepatah, sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. IU pun mendapatkan titik terang di tahun 2008 sejak bergabung dengan agensi LOEN Entertainment yang sekarang berganti nama menjadi Kakao M. IU berhasil debut menjadi seorang solois setelah menjalani masa trainee selama 10 bulan sebelumnya.

Album pertamanya kala itu tidak mengalami kesuksesan secara komersiil. Namun IU mengungkapkan jika dirinya merasa bersyukur. Karena menurutnya jika terlalu cepat mengalami sukses setelah debut, justru dirinya tidak akan bisa menghargai staf maupun popularitas yang dimilikinya sekarang.

Kesuksesan baru diraih IU di tahun 2009. Sejak saat itu berbagai lagu IU sangat dterima dengan antusias oleh masyarakat Korea. Hingga di tahun ini, IU sudah memiliki beberapa album dan lagu. Banyak dari lagu IU yang populer dan selalu mendapatkan Perfect All Kill di masa perilisannya. Sebut saja seperti lagu berjudul Only I Didn’t Know, You And I, The Red Shoes, Pallette, Blueming, Eight, Bbibbi, Eight, Celebrity, dan masih banyak lagi.

Debut Akting

Di tahun 2011, IU mendapatkan kesempatan untuk terjun ke dunia seni peran dengan bermain di drama populer Dream High. Drama pertamanya ini menjadi batu loncatan bagi IU yang membuatnya semakin di kenal di kalangan pecinta drama. Sejak saat itu juga, IU kerap menjadi pemeran utama dalam sebuah drama Korea.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel