1. Lifestyle
  2. Apa Itu Cinta? Ini Definisi Cinta Menurut Para Ahli
Lifestyle

Apa Itu Cinta? Ini Definisi Cinta Menurut Para Ahli

Apa Itu Cinta? Ini Definisi Cinta Menurut Para Ahli

Foto: soompi

Ladiestory.id - Saat membicarakan tentang cinta, maknanya bisa sangat luas sekali. Karena cinta bukan hanya untuk mewakili mereka yang berpasangan saja. Ada cinta kepada anak, orang tua, sesama manusia, hewan, alam, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Setiap orang pasti pernah merasakan cinta. Hanya saja pemahaman cinta masing-masing orang bisa berbeda-beda. Bahkan tidak sedikit juga orang yang tidak mengerti arti cinta sesungguhnya. Lantas, apa itu cinta?

Apa Itu Cinta?

Foto: ners.unair

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cinta memiliki pengertian suka sekali, sayang benar, kasih sekali, terpikat, ingin sekali, rindu, khawatir, dan risau. Namun jika dijabarkan secara umum, arti cinta bisa sangat konkret. Cinta tidak bisa dilihat secara nyata, tetapi bisa dirasakan pada setiap orang.

Ada beberapa definisi yang dijabarkan oleh para ahli. Kamu bisa ikut menyimaknya untuk mengetahui makna cinta itu seperti apa.

1. Robert J. Sternberg

Dalam teorinya mengenai cinta segitiga, Robert J. Sternberg mengungkaplan bahwa cinta merupakan bentuk emosi yang paling dalam dan paling diharapkan dari diri manusia.

Manusia akan melakukan berbagai cara, seperti menipu, berbohong, mencuri, atau bahkan membunuh demi cinta dan bisa lebih mementingkan mati dibandingkan harus kehilangan cinta.

2. Masters, W. H. Dkk.

Menurut ahli yang satu ini, cinta adalah suatu tugas yang sulit. Artinya setiap manusia tidak hanya mencintai laki-laki atau perempuan saja. Manusia dapat mencintai yang lainnya juga, seperti Tuhan, orang tua, saudara, negara, hewan peliharaan, makanan kesukaan, pelangi, dan kegiatan sehari-harinya.

Foto: ilmudasar.

3. Hendrick dan Hendrick

Pandangan mengenai cinta menurut Hendrick dan Hendrick cukup berbeda dari para ahli yang lain. Yangmana menurutnya tidak ada fenomena yang bisa menggambarkan mengenai apa itu cinta.

Cinta merupakan perasaan emosional dan mental yang kompleks. Setiap individu akan mengalami tipe-tipe cinta dengan bentuk dan kualitas yang berbeda-beda.

4. Zick Rubin

Pengertian cinta menurut Zick Rubin adalah suatu sikap yang ditunjukkn dari seseorang kepada orang lain yang memiliki nilai sebagai sesuatu yang istimewa, memiliki rasa, mempengaruhi pikiran, serta mempengaruhi tingkah laku.

5. Liebowitz

Menurut Loebowitz, cinta merupakan perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Cinta juga merupakan perasan positif terkuat yang pernah dirasakan oleh manusia. Dari setiap jenis cinta yang dirasakan, ada elemen terpenting yaitu perhatian terhadap orang yang dicintai.

Itu tadi sedikit pengertian mengenai apa itu cinta dari para ahli. Mungkin pemahaman yang kamu rasakan tentang cinta bisa jadi juga cukup berbeda dengan para ahli tadi.

Tidak mengapa, karena memang seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cinta memiliki pengertian yang cukup kompleks. Namun yang pasti, cinta adalah sesuatu yang bisa kita rasakan. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel