Ini Alasan Pentingnya Tidur Siang Untuk Bayi Menurut Para Ahli

Selasa, 2 Januari 2024 | 18:45:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Ini Alasan Pentingnya Tidur Siang Untuk Bayi Menurut Para Ahli

Bayi tidur siang. (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Ladies, pasti dari kalian saat masih kecil sering sekali disuruh tidur siang. Kebiasaan itu pun akhirnya menurun saat kamu punya anak. Akan tetapi, banyak dari orang tua tidak tahu betul apa manfaat dari tidur siang.

Melansir dari Parents.com yang tayang pada Selasa (28/11/2023), konsultan child sleep mengatakan bahwa tidur siang pada masa bayi sangat penting untuk merekam dengan baik setiap serta pembelajaran yang ia terima.

Bayi tidak diciptakan untuk tetap aktif seperti anak yang lebih besar. Layaknya orang dewasa yang suka sekali tidur siang, bayi jauh lebih membutuhkan waktu tersebut untuk perkembangan otak.

Mereka akan berkembang di masa-masa awal sehingga otak mungilnya memerlukan tidur siang hari.  Hal ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan perkembangan motorik, kosa kata hingga perhatian.

Menurut American Academy of Sleep Medicine, bayi di usia antara 4 dan 12 tahun harus tidur selama 12 hingga 16 jam setiap hari untuk kesehatan yang optimal. 

“Tidur dengan jam yang cukup sangat baik untuk perkembangan otak, memungkinkan mereka mengasimilasi semua informasi yang diterima dan mengingat pembelajaran dengan baik,” ujar dokter anak, Denise Scott, MD.

Durasi Tidur Siang Yang Baik untuk Si Kecil

Ilustrasi bayi dengan rambut lebat. (Special)

 

1-3 Bulan

Bayi usia 1 hingga 3 bulan membutuhkan waktu tidur siang sekitar empat hingga tujuh jam per hari. Hal ini dikarenakan bayi baru lahir belum bisa membedakan antara tidur siang dan malam. Umumnya bayi akan lebih banyak tidur siang dan akan terbangun saat malam hari.

4-6 Bulan

Memasuki usia 4 bulan, bayi membutuhkan waktu tidur siang empat hingga lima jam sehari. Bahkan di usia ini bayi akan tidur sebanyak tiga kali. Dua kali tidur akan lebih lama untuk memulihkan energinya, lalu tidur siang terakhir adalah jembatan menuju waktu tidur malam.

7-9 Bulan

Bayi di umur tujuh hingga sembilan bulan biasanya membutuhkan waktu tidur siang antara tiga sampai empat jam setiap harinya. Semakin besar sang anak, semakin berkurang jam tidur mereka. 

1-2 Tahun

Pada fase ini, anak umur satu hingga dua tahun hanya membutuhkan dua sampai 3 jam saja perhari dalam satu kali tidur siang. Hal ini juga karena biasanya sang anak sudah mempunyai kegiatan seperti sekolah atau bermain.