1. Health
  2. Ini 5 Minuman Bantu Ibu Hamil Atasi Mual dan Muntah
Health

Ini 5 Minuman Bantu Ibu Hamil Atasi Mual dan Muntah

Ini 5 Minuman Bantu Ibu Hamil Atasi Mual dan Muntah

mual (Pinterest)

Ladiestory.id - Kehamilan merupakan masa-masa indah yang dialami oleh setiap wanita. Akan banyak sekali perubahan saat proses kehamilan, mulai dari perubahan hormon, sikap, bentuk tubuh, hingga proses alami kehamilan yang sering menyebabkan para ibu merasa mual dan muntah di masa-masa awal kehamilan.

Rasa mual dan muntah tentunya sangat membuat ibu hamil merasa lesu, lemah bahkan tidak merasa nyaman. Selain meredakan rasa mual dengan bantuan obat kimiawi berdasarkan resep dokter, ibu pun bisa membuat racikan minuman alami di rumah untuk membantu atasi rasa mual dan muntah berlebih dengan 5 minuman berikut ini.

Air Jahe

Air Jahe. (Pinterest)

 

Air jahe hangat dapat membantu meredakan rasa mual pada tubuh ibu hamil. Selain menyehatkan, air jahe juga bisa menghangatkan tubuh ibu. Hal ini dikarenakan air jahe memberi efek menenangkan pada perut ibu, sehingga rasa mual dan muntah dapat teratasi.

Pada zaman dahulu, masyarakat juga banyak menggunakan bahan alami jahe sebagai alternatif obat alamiah yang dapat membantu meredakan rasa mual dan muntah, khusunya bagi perut. Jahe mengandung gingerol dan senyawa shogaol yang dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh.

Jahe juga mampu meningkatkan sistem pencernaan dan mempercepat pengosongan lambung, sehingga mampu mengurangi rasa mual. Ibu juga bisa membuat racikan air jahe hangat dengan mengambil satu ruas jahe kemudian dipotong kecil-kecil dalam secangkir gelas, lalu masukan air hangat. Agar lebih manis, ibu juga bisa menambahkan sedikit madu agar lebih nyaman untuk diminum.

Air Madu dan Lemon

Air Madu dan Lemon. (Pinterest)

 

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjadi antioksidan serta meningkatkan imun tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan. Air lemon juga dapat digunakan sebagai minuman yang ampuh mengatasi rasa mual dan muntah. Ibu bisa membuat racikan air lemon dan madu untuk mengurangi rasa asam. Selain itu, kandungan air lemon dan madu dapat membuat tubuh terasa jauh lebih hangat, terhindar dar sembelit, dan mampu mengontrol kadar kolestrol.

Teh Herbal

Teh Herbal. (Pinterest)

 

Dengan mengonsumsi secangkir teh herbal hangat juga dapat membantu ibu mengatasi mual dan muntah ataupun gejala morning sickness. Ibu juga bisa menambahkan teh dan madu, teh dan mint ataupun teh dan lemon yang menghatkan sesuai selera ibu. Teh memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, teh herbal juga mampu menghidrasi tubuh akibat rasa mual dan muntah.

Air Kelapa

Air Kelapa. (Pinterest)

 

Saat mual dan muntah, tentunya tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, ibu juga boleh mengonsumsi air kelapa sebagai minuman elektrolit alami untuk atasi rasa mual dan muntah. Kandungan air kelapa juga sebagai air mineral alami yang baik bagi tubuh ibu hamil. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk membersihkan saluran kemih untuk menurunkan resiko bayi lahir prematur.

Benang Bunga Saffron

Benang Bunga Saffron (Pinterest)

 

Minuman alami selanjutnya yang bisa membantu ibu mengatasi gejala mual dan muntah adalah benang bunga saffron. Ibu juga dapat membuat racikkan benang saffron dengan teh hangat yang menenangkan serta dapat membantu atasi perut kembung, mual, muntah serta sembelit saat masa kehamilan. Benang bunga saffron juga baik dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur yang dapat mengurangi masalah insomnia atau gejala susah tidur pada ibu hamil.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel