1. Health
  2. Ini 5 Alasan Mengkonsumsi Gula Berlebihan Adalah Hal Buruk!
Health

Ini 5 Alasan Mengkonsumsi Gula Berlebihan Adalah Hal Buruk!

Ini 5 Alasan Mengkonsumsi Gula Berlebihan Adalah Hal Buruk!

Ilustrasi Mengkonsumsi Makanan Manis. (Adobe Stock)

Ladiestory.id - Apakah kamu penggemar makanan atau minuman manis? Bahkan, terkadang kamu merasa kurang jika tidak banyak mengkonsumsi gula hari ini? Jika iya, maka kamu harus tahu sederet alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk.

Tentunya mengkonsumsi makanan atau minuman manis bukanlah hal yang salah. Namun, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan. Maka, akan memicu berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Mulai dari masalah diabetes, gigi berlubang hingga obesitas yang berbahaya. Beberapa produk makanan sehat pun sebenarnya sudah mengandung gula. Misalnya, sayur, produk susu hingga buah. 

Namun, jika kamu juga turut mengkonsumsi berbagai produk olahan yang kaya akan gula. Misalnya minuman yang manis hingga makanan seperti roti atau kue. Maka, jumlah gula yang kamu konsumsi menjadi berlebihan.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk mengetahui sederet alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk. Sehingga, kamu pun menjadi lebih peduli dan waspada pada kondisi kesehatan tubuh. 

1. Kurangnya Jumlah Nilai Gizi

Ilustrasi Kekurangan Gizi. ( iStock)

 

Alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk yang pertama yaitu kurangnya jumlah gizi. 

Sebagai informasi, gula merupakan salah satu jenis kalori kosong. Alhasil, ketika menambahkannya ke dalam makanan atau minuman. Maka, hanya akan meningkatkan jumlah kalori tanpa menambahkan adanya kandungan nutrisi. 

Hal ini kemudian diproses dengan cepat oleh tubuh dan tidak menjadi sumber energi yang baik. Misalnya, kamu mengkonsumsi minuman manis dengan perasa buatan atau makanan seperti martabak manis hanya akan menambah kalorinya saja tanpa terkandung nutrisi. 

2. Meningkatkan Risiko Obesitas

Ilustrasi Kelebihan Berat Badan. ( iStock)

 

Obesitas tentu menjadi hal yang sangat erat kaitannya dengan alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk, bukan? Hal ini pun bukan isapan jempol belaka. Sebab, nyatanya dari begam hasil penelitian ditemukan ada banyak kasus yang berkorelasi antara makanan manis dengan terjadinya obesitas. 

Hubungan ini sendiri terjadi karena diketahui tubuh mencerna makanan dengan kandungan gula tinggi lebih cepat. Sehingga, menimbulkan rasa lapar yang cepat dan intens. Alhasil, kamu pun terkadang lepas kendali dan terus mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

3. Memicu Adanya Diabetes

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan. ( iStock)

 

Dilansir dari medicalnewstoday.com, diketahui terdapat beberapa penelitian yang menemukan adanya hubungan antara konsumsi gula berlebih dengan terjadinya diabetes tipe 2. Apalagi, jika kamu suka mengkonsumsi minuman manis dalam rentang waktu yang intens. Maka, risiko menjadi lebih besar. Meski begitu, kamu tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman manis. Namun, dalam takaran maksimal dua gelas per hari.

4. Membuat Kerusakan Gigi

Ilustrasi Pemeriksaan Gigi. ( iStock)

 

Selain memicu masalah kesehatan di dalam tubuh. Nyatanya, alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk dikarenakan dapat merusakan gigi.  Sebab, seseorang yang banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Maka, memiliki pembentukan lapisan plak yang tipis di atas gigi yang berasal dari bakteri. Kondisi ini kemudian menimbulkan pelepasan asam yang kerap merusak gigi.

Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa masalah ini akan selesai ketika memeriksakan diri ke dokter gigi bukan? Sayangnya tidak semudah itu, kamu tetap perlu melakukan pencegahan dengan mengurangi jumlah konsumsinya. Sehingga, gigi senantiasa sehat dan terhindar dari resiko gigi berlubang permanen. 

5. Rentan Alami Penyakit Jantung

Ilustrasi Penyakit Jantung. ( iStock)

 

Alasan mengkonsumsi gula berlebihan adalah hal buruk yang terakhir yaitu berkaitan dengan penyakit jantun.  Ternyata, seseorang yang memiliki jumlah konsumsi gula berlebih setiap harinya. Maka, rentan akan resiko penyakit jantung. Hal ini pun sejalan dengan penelitian yang sudah dilakukan selama 15 tahun terakhir. 

Kondisi ini sendiri diakibatkan adanya hubungan antara jumlah kalori berlebih dalam minuman atau makanan manis. Sayangnya, kalori tersebut justru membuat seseorang menjadi mudah lapar namun tidak memiliki jumlah energi yang cukup. 

Sehingga, tubuh pun menjadi kurang maksimal dalam bekerja. Bahkan, organ jantung pun terganggu fungsinya.

 

SUMBER BERITA: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324854 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel