Ingin Tampil Full Makeup Walau Sedang Berjerawat? Tak Perlu Khawatir, Begini Tipsnya!

Senin, 20 Mei 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ingin Tampil Full Makeup Walau Sedang Berjerawat? Tak Perlu Khawatir, Begini Tipsnya!

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Canva)

Ladiestory.id - Setiap wanita selalu ingin tampil memesona sepanjang hari. Salah satu cara untuk menunjang penampilan supaya terlihat lebih menarik ialah dengan menggunakan makeup, tak hanya sebagai tuntutan kerja makeup justru dapat membuat wanita lebih percaya diri. Akan tetapi, banyak wanita yang merasa khawatir ketika menggunakan makeup disaat kondisi kulit wajah sedang berjerawat.

Walaupun makeup tidak selalu menjadi penyebab utama munculnya jerawat, tentu kamu harus terus berhati-hati karena penggunaan makeup yang salah dan tidak bersih justru memicu munculnya jerawat. Nah, bagi kamu yang ingin tampil paripurna dengan full makeup walaupun kulit wajahmu sedang berjerawat, maka kamu tak perlu khawatir, Ladies. Berikut tips yang bisa kamu lakukan, simak yuk!

Pilih Makeup Sesuai dengan Jenis Kulit

Ilustrasi Makeup Pemula. (Canva)

 

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, para ahli kulit menyarankan tips pertama ketika kamu hendak merias wajah walaupun kondisi kulitmu sedang berjerawat ialah selalu perhatikan produk makeup sesuai dengan jenis kulitmu. Tentunya kamu harus lebih berhati-hati dan tidak salah pilih sebelum membeli dan menggunakan produk kosmetik yang dapat memperparah kondisi kulitmu. Strategi terbaiknya ialah dengan memahami jenis kulit serta membaca bahan kandungan yang terdapat dalam label produk.

Gunakan Pembersih Wajah Oil Free

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (iStock)

 

Para ahli dermatologi menyarankan agar kamu dapat rutin mencuci wajah saat bangun tidur dan sebelum tidur, kamu bisa rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali dengan pembersih wajah yang lembut dan nyaman bagi kulit apalagi kamu telah menjalani aktivitas yang membuatmu semakin banyak mengeluarkan keringat.

Selain itu, saran terbaik bagi kamu yang memiliki masalah jerawat dengan memperhatikan jenis pembersih wajah yang  mencantumkan salah satu istilah berikut pada labelnya yakni oil-free, won't clog pores ataupun  non-comedogenic. Nah, saat membersihkan wajah, oleskan pembersih wajah secara lembut dengan ujung jari dan bilas dengan air bersih mengalir ataupun dengan air hangat. Hindari menggosok wajah dengan keras karena dapat karena dapat menyebabkan kulit iritasi.

Bersihkan Alat Makeup Setiap Minggu

Ilustrasi Alat Makeup Pemula. (Canva)

 

Meskipun jerawat tidak menular, bakteri penyebab jerawat, sel kulit mati dan minyak dari kulit orang lain dapat menempel pada riasan, kuas makeup dan aplikator makeup. Ketika kamu menggunakan riasan dan peralatan makeup bersama, penyebab jerawat tersebut dapat menyebar ke kulitmu sehingga  menyebabkan munculnya jerawat baru. Tak hanya itu, ketika kamu berbagi riasan, kuas atau aplikator, maka kamu juga dapat tertular penyakit menular seperti mata merah atau luka dingin.

Gunakan Makeup yang Diformulasikan Khusus Bagi Kulit Berjerawat

Ilustrasi Produk Makeup Pemula. (Canva)

 

Jika kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, maka pilihan produk riasanmu pun menjadi semakin penting. Segala sesuatu yang digunakan pada kulit haruslah bekerja optimal dan sesuai dengan kulit dan bukannya membuat kulitmu semakin parah dan bermasalah.

Dilansir dari Vogue India, menurut Dr. Harshna Bijlani - Celebrity Skin Expert dan Medical Head of The Ageless Clinic mengungkapkan “Ketika berbicara tentang kulit berjerawat, sebagian besar jerawat disebabkan oleh produksi minyak dan sebum yang berlebihan. Jerawat juga meningkatkan sensitivitas kulit sehingga membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dan kerusakan akibat faktor eksternal. Pastikan Anda memilih produk yang bebas minyak, non-komedogenik dan tidak menyumbat pori-pori. Pilihlah bahan dasar yang tidak terlalu melembapkan dan produknya ringan serta tidak beraroma. Hal-hal tersebut akan sangat membantu dalam memastikan produk Anda tidak akan membuat Anda berjerawat lebih lanjut”, ungkapnya.

Untuk kulit berminyak, pilihlah produk yang bertuliskan “oil-free” pada kemasannya dan tawarkan hasil akhir  “matte” atau “semi-matte”, bukan “dewy” atau “satin” yang dapat kamu temukan pada produk concealer, foundation dan powder.  Selain itu, kamu juga dapat menghindari bahan-bahan yang mengandung salicylic acid, sulfur dan retinol yang banyak ditemukan dalam produk skincare.

Hindari Makeup dengan Kandungan Alkohol

Ilustrasi Pemakaian Skincare. (Canva)

 

Kebanyakan orang akan mencoba produk makeup yang dapat mengeringkan jerawat. Namun, kulit yang dehidrasi hanya akan membuat jerawat semakin parah. Bahan-bahan seperti alkohol akan mempengaruhi proses pengelupasan alami kulit, tak hanya itu sel kulit mati pun tidak dapat rontok dengan sendirinya.

Gunakan Mineral Makeup

Ilustrasi Produk Riasan. (iStock)

 

Mineral makeup juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik  untuk kulit berjerawat atau kulit sensitif. Produk ini memiliki lebih sedikit bahan kimia aktif dan cenderung lebih lembut di kulit. Selain itu, pilihlah produk riasan berbasis perawatan kulit yang juga membantu menutrisi  kulit  sekaligus memberikan cakupan untuk menyamarkan noda jerawat.

Kamu bisa memilih primer dengan bahan-bahan yang menghidrasi, alas bedak dengan SPF dan natural tints yang terbuat dari ekstrak buah organik adalah beberapa contoh yang bagus. Selain itu, formula berbahan dasar air dengan hasil akhir matte yang terdapat pada powder dapat mengurangi tekstur jerawat.