1. Lifestyle
  2. Ingin Jadi Pintar? Kamu Bisa Ikuti 7 Cara Efektif Ini
Lifestyle

Ingin Jadi Pintar? Kamu Bisa Ikuti 7 Cara Efektif Ini

Ingin Jadi Pintar? Kamu Bisa Ikuti 7 Cara Efektif Ini

Ilustrasi wanita pintar. (spesial)

Ladiestory.id - Seiring bertambahnya kesibukan yang kita jalani, membuat kita kadang merasa kesulitan menemukan waktu untuk mempelajari hal baru atau menambah wawasan. Bahkan, untuk sekedar membaca buku fiksi yang santai dan ringan sering tertunda.

 7 Cara Efektif  Menjadi Pintar

Kendati demikian, Kamu tak perlu bingung. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar menjadi pintar ditengah-tengah kesibukan kita. Tentunya dengan harus memaksimalkan waktu yang tersisa sebaik mungkin. Berikut beberapa tips cara menjadi pintar di tengah kesibukan.

1. Banyak Membaca

Ilustrasi sedang membaca buku. (Spesial)

 

Salah satu cara agar menjadi pintar adalah dengan rajin atau banyak membaca buku, tanpa terkecuali buku apapun itu. Semua orang sepakat semakin banyak membaca buku, tentunya semakin menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Membaca tidak harus berupa koran, Kamu bisa membaca artikel online di handphone, atau berita-berita menarik yang tersedia di berbagai macam media.

2. Manfaatkan Waktu Secara Tepat

Cara menjadi pintar kedua adalah dengan memanfaatkan waktu secara tepat dan bijak. Di waktu luang, Kamu bisa menggunakan media sosial dan internet untuk menambah pengetahuanmu. Di era digital saat ini, Kamu bisa mengikuti kelas online, menonton seminar, mambaca blog atau siaran langsung yang tentunya bermanfaat.

3. Tulis Ulang Materi yang Sudah di Baca

Cara menjadi pintar selanjutnya adalah Kamu bisa meluangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk menulis semua materi yang telah Kamu pelajari. Dengan menulis ulang materi dapat membantu Kamu mengingat materi tersebut dan lebih mudah.

4. Jelaskan hal yang Kamu Pelajari ke Orang Lain

Menjelaskan materi yang Kamu pelajari ke orang lain, merupakan salah satu cara menjadi pintar. Hal ini membantu Kamu dalam mencerna apa yang telah Kamu pelajari. Saat ini mendapatkan informasi merupakan hal yang mudah, namun menyimpan dan membagikan serta menjelaskannya ke orang lain itu yang lebih penting.

5. Membual List

Ilsutrasi wanita sedang menulis. (Spesial)

 

Cara menjadi pintar selanjutnya adalah dengan membuat list atau daftar hal-hal apa saja yang sudah kamu raih. Hal ini sangat direkomendasikan, karena dapat membangun rasa percaya diri dan rasa bahagia ketika mengetahui hal apa saja yang sudah Kamu capai sampai saat ini.

6. Main Games yang Mengasah Otak

Main game tidak selalu berdampak negatif loh, hal ini juga bisa menjadi cara agar Kamu menjadi pintar. Jangan cuma main mobile games yang sedang ngetren saja, coba deh main games yang tak hanya untuk rekreasi tapi juga melatih otak. Catur, sudoku, puzzle, scrabble adalah beberapa contohnya. Sekarang ini pun sebetulnya sudah banyak permainan mengasah otak yang bisa kamu unduh ke smartphone milikmu. Jadi, daripada kamu menghabiskan banyak waktumu dengan hal yang kurang bermanfaat, lebih baik bermain game saja.

7. Pilih Pertemanan dan Coba Hal Baru

Ilustrasi belajar bersama teman. (Spesial)

 

Cara menjadi pintar yang terakhir adalah berani mencoba melakukan hal yang baru, jangan pernah Kamu mengatakan "Nggak bisa", karena semakin Kamu sering mempelajari banyak hal, maka akan meningkatkan kemampuan yang Kamu miliki.

Misalnya, Kamu adalah orang yang berbakat di bidang menulis, namun Kamu tidak tidak mengerti tentang desain. Tidak ada salahnya Kamu mengambil kursus desain, ini akan jadi pengalaman yang baru untuk Kamu. Dari semua kemampuan yang sudah kamu tekuni sejak sekarang, akan sangat berguna di masa depan.

Selain itu, memilih berteman dengan orang yang memiliki pengetahuan dan wawasan juga termasuk salah satu cara agar kita bisa menjadi pintar. Dengan memilih pertemanan yang memiliki wawasan luas, Kamu akan terdorong dengan perbincangan mereka dan mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya belum Kamu ketahui.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel