1. Travel
  2. Ingin Liburan Tapi Terkendala Budget? Atasi dengan 5 Tips Ini
Travel

Ingin Liburan Tapi Terkendala Budget? Atasi dengan 5 Tips Ini

Ingin Liburan Tapi Terkendala Budget? Atasi dengan 5 Tips Ini

Ilustrasi Liburan. (Pinterest)

Ladiestory.id - Ingin pergi berlibur ke tempat impian? Maka sudah waktunya untuk kamu realisasikan.

Tetapi terkadang masalah budget menjadi kendala yang menguburkan mimpi dan harapan untuk pergi healing. Alhasil, keinginan berlibur hanya menjadi wacana belaka.

Eits, tapi nggak usah berkecil hati dahulu, coba atasi masalah budget keuangan untuk liburan dengan 5 tips ini, yuk!

Buat Tabungan Khusus Liburan

Buat Tabungan Khusus Liburan (pinterest)

Membagi atau memisahkan tabungan utama dan tabungan liburan jelas harus diperhatikan. Buatlah tabungan khusus untuk liburan, kehidupan sehari-hari dan tabungan lainnya yang enggak boleh diganggu gugat sebagai alur pemasukanmu.

Hal ini dilakukan agar penghasilanmu dengan pos-pos lainnya enggak tercampur. Kamu bisa membaginya ke dalam tiga pos tabungan sesuai dengan kebutuhan di atas, seperti tabungan living, saving dan playing.

Nah, khusus tabungan liburan (playing) ini enggak boleh kamu ganggu dan saat dananya sudah terkumpul bisa digunakan untuk liburan, tanpa harus mengambil dana tabungan lainnya. Sehingga langsung deh berangkat gunakan dana liburan ini.

Kurangi Biaya Jajan

Kurangi Biaya Jajan (pinterest)

Mau berhemat dan menabung supaya bisa pergi ke tempat impian kamu? Solusinya kamu harus mulai mengurangi biaya jajan, nongkrong ataupun memesan makanan via online.

Tanpa kamu sadari, membeli hal-hal yang diinginkan dibandingkan dengan yang dibutuhkan justru akan membuat boros pengeluaran dan keuangan enggak terkontrol.

Nah, kebiasaan seperti ini bisa kamu tinggalkan secara perlahan dan alokasikan ke biaya liburan. Hal ini berlaku juga untuk biaya shopping online.

Yuk, bijak menggunakan keuanganmu dan lebih utamakan untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. Untuk lebih hemat pengeluaran jajan, kamu bisa siasati dengan membawa bekal makanan sehat dari rumah saat pergi bekerja atau kuliah.

Ikut Mailing List atau Gunakan Promo

Gunakan Promo (pinterest)

Tips mengatur biaya liburan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan mailing list atau menggunakan promo dari agent travel. Biasanya situs online terpercaya menawarkan promo menarik berupa diskon harga yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan liburan hemat.

Eits, jangan sampai tergiur berlebihan yang ujung-ujungnya bisa buat kamu jadi kebablasan. Manfaatkan promo ini dengan bijak dan gunakan seperlunya saja ya, Ladies. Pastikan kondisi keuanganmu tetap aman dan terkontrol dengan baik.

Manfaatkan Poin pada Kartu Debit

Manfaatkan Poin Kartu Debit (pinterest)

Supaya anggaranmu tetap tersimpan dengan aman, si praktis ini juga tentunya harus digunakan dengan bijak. Mulai saat ini jangan hanya menggunakan kartu debut untuk belanja saja, kamu juga bisa manfaatkan poin yang dimiliki ditukar dengan potongan harga dari makanan atau biaya travel-mu.

Biasanya bank-bank tertentu membuat promo potongan harga mulai dari 10-50 persen atau bahkan lebih untuk menarik minat konsumen dalam bertransaksi, entah itu promo makanan, penginapan hingga hiburan. Kamu juga bisa memanfaatkan promo ini dengan bijak ya, Ladies.

Hindari Penggunaan Paylater

Hindari Penggunaan Paylater (pinterest)

Ajakan “beli sekarang bayar nanti” memang menjadi daya tarik bagi para konsumen. Paylater kini menjadi layanan pembayaran yang semakin diminati. Satu sisi memang memudahkan sekaligus menguntungkan pengguna karena adanya berbagi promo menarik.

Namun, yang perlu diingat, paylater juga diibaratkan sebagai alat pinjaman online, seperti penggunaan kartu kredit, yang artinya peminjam enggak boleh lalai untuk membayar tagihan. Jika tidak, maka risiko terlilit utang pun siap mengintai.

Meskipun kamu mampu membayarnya di kemudian hari, alangkah baiknya pertimbangkan kembali penggunaan paylater dan cek cash flow-mu terlebih dahulu.

Nah, itu dia 5 tips untuk mempersiapkan budget liburan yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Harus ada yang bisa kamu pertimbangkan supaya bisa lebih hemat dan bijak terhadap alokasi keuanganmu. Semoga bermanfaat!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel