1. Lifestyle
  2. Ingin Berkurban Walaupun Gaji Pas-pasan, Ikuti 5 Kiat Menabung Ini, Yuk!
Lifestyle

Ingin Berkurban Walaupun Gaji Pas-pasan, Ikuti 5 Kiat Menabung Ini, Yuk!

Ingin Berkurban Walaupun Gaji Pas-pasan, Ikuti 5 Kiat Menabung Ini, Yuk!

Ilustrasi Menabung. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Iduladha atau hari raya kurban diidentikan dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, unta maupun domba. Momen perayaan hari raya kurban ini pula banyak orang yang sudah mempersiapkan memilih hewan kurban yang diinginkannya. Setiap tahun harga hewan kurban pun beriringan naik, walaupun memiliki impian untuk menyembelih hewan kurban dengan tabungan sendiri ditengah kondisi keuangan yang pas-pasan bukan berarti kamu tidak bisa mewujudkannya, Ladies. Jika saat ini kamu belum mampu untuk berkurban, enggak ada salahnya jika kamu menabung untuk membeli hewan kurban di tahun berikutnya dengan lima kiat menabung berikut ini.

Siapkan dengan Niat

Ilustrasi Niat Menabung. (Creative market.com)

Ladies, walaupun kamu memiliki gaji yang pas-pasan hal itu bukan menjadi penghalang bagi kamu bisa membeli hewan kurban nantinya dengan uang tabunganmu sendiri, lho. Tidak ada yang mustahil bagi seseorang yang mau berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Jika berpedoman pada mazhab Syafi’i hukum berkurban itu termasuk dalam sunnah muakad yang artinya sangat dianjurkan tetapi tidak wajib, Ladies. Nah, kiat pertama yang bisa kamu lakukan tentunya dengan siapkan tekat dan niat yang kuat dalam dirimu. Apabila niatmu sudah siap dan bulat maka kamu bisa merencanakan langkah selanjutnya untuk bisa mewujudkan mimpimu. Niat ini pun bisa kamu lakukan sejak jauh-jauh hari supaya tekatmu semakin mantap, Ladies.

Pilih Hewan yang Ingin Dikurbankan

Ilustrasi Hewan Kurban. (Freepik.com)

Sebelum memulai menabung, kamu pun bisa memilih hewan apa yang ingin kamu kurbankan. Dengan begitu kamu bisa melakukan survei dan harga di lapangan untuk membantumu memperkirakan dana tabungan yang akan kamu sisihkan setiap bulannya dari gaji atau penghasilanmu. Selain hewan kurban, biasanya bobot atau berat hewan pun bisa ikut mempengaruhi biaya, Ladies.

Survei Harga Hewan Kurban

Ilustrasi Hewan Kurban. (Freepik.com)

Kiat selanjutnya kamu bisa melakukan survei harga hewan kurban yang kamu inginkan tersebut baik secara online atau mencari tahu secara langsung di lapangan. Setiap tempat tentu memiliki perbandingan harga yang berbeda-beda hal ini pun juga dipengaruhi oleh jenis dan berat  hewan itu sendiri. Pastikan pula tempat penjualan hewan tersebut sudah resmi memenuhi izin dan terpercaya.

Tentukan Nominal Tabungan

Ilustrasi Nominal Tabungan. (Freepik.com)

Ladies, walaupun tahun ini kamu belum bisa berkurban karena belum adanya tabungan khusus untuk kurban atau gaji bulanan yang kurang dan pas-pasan, hal ini bukan menjadi pemutus semangat dan niatmu untuk berkurban. Tidak perlu menabung dengan nominal yang besar, kamu juga bisa memulainya dengan nominal kecil seperti Rp10 ribu hingga Rp20 ribu setiap harinya secara disiplin, lho. Jika kamu merasa berat dengan menabung harian, kamu juga bisa menabung dengan cara bulanan, kamu pun bisa menyesuaikan uang tabungan bulananmu ini dengan harga hewan yang ingin kamu kurbankan.  Dengan disiplin menabung secara rutin ini maka kamu pun akan memperoleh hasil yang luar biasa.

Buat Rekening Tabungan untuk Berkurban

Ilustrasi Kartu ATM. (Freepik.com)

Ladies, apabila kamu merasa kurang aman menabung di celengan, kamu pun bisa membuat rekening tabungan khusus untuk berkurban agar tidak tercampur dengan gaji maupun bonus tabunganmu. Apabila penghasilan dan tabungan berkurbanmu disatukan, justru hal ini akan membuatmu memakainya tanpa sengaja alhasil uang tabungan untuk membeli hewan kurban akan sulit terkumpul.

Nah, Ladies itulah ke lima kiat menabung untuk membeli hewan kurban yang kamu inginkan. Semoga niat baikmu tersampaikan dan informasi ini pun dapat bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel