Iklan Adidas Diprotes Pro-Israel, Bella Hadid Akui Tak Tahu Sejarahnya

Kamis, 1 Agustus 2024 | 10:38:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Iklan Adidas Diprotes Pro-Israel, Bella Hadid Akui Tak Tahu Sejarahnya

Bella Hadid. (Instagram.com/bellahadid)

Ladiestory.id - Bella Hadid baru-baru ini mengeluarkan pernyataan terkait kontroversi yang terjadi setelah Adidas menarik iklan yang ia perankan. Melalui Instagram Story yang diunggah pada Selasa (30/7/2024), Bella Hadid mengungkapkan perasaannya mengenai iklan tersebut.

Yang mana iklan tersebut ternyata berkaitan dengan peristiwa tragis Olimpiade Munich 1972, di mana ada 11 atlet asal Israel yang dibunuh oleh anggota organisasi Black September.

Artis yang vokal memberikan dukungan kepada Palestina ini mengaku tidak mengetahui iklan tersebut berkaitan dengan peristiwa tragis tersebut. Mengetahui hal ini, Bella Hadid pun mengaku kecewa dengan semua pihak yang terlibat, termasuk dirinya sendiri, karena kurang sensitif terhadap konteks sejarah yang ada.

“Bagi kamu yang tidak tahu isi hatiku, aku ingin memastikan kamu mendengar langsung dariku tentang kampanye terbaruku dengan Adidas. Sebelum kampanye dirilis, aku tidak mengetahui hubungan historis dengan peristiwa mengerikan pada 1972,” kata Bella Hadid.

“Aku tidak akan pernah terlibat dengan karya seni atau karya apa pun yang terkait dengan tragedi mengerikan dalam bentuk apapun. Aku terkejut, kesal, dan kecewa dengan kurangnya kepekaan yang dilakukan dalam kampanye ini. Seandainya aku diberi tahu, dari lubuk hatiku, aku tidak akan pernah berpartisipasi,” sambungnya.

Tanggapan Bella Hadid Soal Iklan Adidas yang Diprotes Pro-Israel. (Instagram.com/bellahadid)

 

Bella Hadid menyatakan bahwa dirinya tidak mendukung kebencian dalam bentuk apa pun, termasuk antisemitisme. Ia juga merasa terluka karena kampanye ini dikaitkan dengan perjuangan rakyat Palestina, yang masih mengalami serangan dari Israel.

"Meskipun niat semua orang adalah untuk membuat sesuatu yang positif dan menyatukan orang melalui seni, aku tidak percaya pada kebencian dalam bentuk apa pun, termasuk antisemitisme. Itu tidak akan pernah goyah, dan aku sepenuhnya mendukung pernyataan itu," ujar Bella Hadid.

"Menghubungkan pembebasan rakyat Palestina dengan serangan yang begitu tragis adalah sesuatu yang menyakiti hatiku. Palestina tidak identik dengan terorisme dan kampanye ini secara tidak sengaja menyoroti sebuah peristiwa yang tidak mewakili siapa kami," jelasnya.

Seperti diketahui, Adidas meluncurkan kembali sepatu SL72 yang dipakai para atlet dalam Olimpiade 1972 sebagai bagian dari kampanye untuk menghidupkan kembali sepatu kets klasik. Bella Hadid menjadi model untuk sepatu retro tersebut.

Namun, iklan ini mendapat protes keras dari pendukung Israel, yang menganggap penggunaan Bella Hadid sebagai model, yang dikenal sebagai pendukung Palestina, tidak layak. Bahkan, akun resmi Israel di X (sebelumnya Twitter) mengkritik Adidas secara langsung.