1. Fashion
  2. 5 Ide Kostum Antimainstream ala Tokoh Wayang untuk 17 Agustus
Fashion

5 Ide Kostum Antimainstream ala Tokoh Wayang untuk 17 Agustus

5 Ide Kostum Antimainstream ala Tokoh Wayang untuk 17 Agustus

Ilustrasi busana Gatot Kaca. (YouTube/Sri Wisnu)

Ladiestory.id - Untuk menyemarakkan HUT Republik Indonesia, banyak daerah yang menyelenggarakan berbagai lomba-lomba menarik. Lomba tersebut dapat diikuti dari berbagai kalangan baik anak-anak maupun dewasa.

Salah satunya adalah lomba kostum yang lucu dan tentunya antimainstream. Berikut ide kostum ala tokoh wayang untuk 17 Agustus!

Drupadi

Ilustrasi busana Drupadi. (Special)

Drupadi dikenal sebagai salah satu tokoh pewayangan di Mahabarata yang sering memakai busana sederhana. Meskipun busananya sederhana, pakaian itu memiliki filosofi atau makna di dalamnya.

Keistimewaan dari busana tokoh Drupadi yaitu memiliki makna dan falsafah yang berkaitan dengan wataknya dan cobaannya selama hidup.

Pakaian Drupadi meliputi Gelung Keling, Sumping Waderan, Rambut Gendhong, Jamang Sada Saeler, Kemben, Dodot, Samparan, Cicin Sesupe Tajuk. Makna dari busana yang dikenakan Drupadi merupakan lambang dari seorang perempuan Jawa yang sederhana.

Busana Drupadi memiliki keterkaitan dengan kebudayaan masyarakat Jawa serta karakter Drupadi sendiri.

Hanoman

Ilustrasi busana Hanoman. (Special)

Hanoman merupakan seekor kera titisan dewa, yang menjadi anak dari Batara Bayu dan Anjani. Hanoman menjadi kera dengan tubuh berwarna putih dan ekornya yang panjang hingga kepala.

Menariknya, tokoh Kera ini memiliki sifat yang setia, bertanggung jawab dan cerdik. Pada kostum Hanoman biasanya masih monoton, seperti memakai manset dan celana berwarna putih. Tak ketinggalan juga ciri khasnya yang memakai kain pelon dan menggunakan sampur.

Selain itu, kostum Hanoman dilengkapi dengan beberapa aksesori, seperti kelat bahu, teratai dada, sabuk, gelang kaki, dan gelang tangan. Ad pula aksesori di kepalanya, yakni irah-irahan.

Arjuna

Ilustrasi busana Arjuna. (Special)

Dalam dunia pewayangan, karakter Arjuna sering digambarkan seorang kesatria yang gemar melakukan kegiatan, seperti berkenala, bertapa atau berguru. Selain itu, karakter Arjuna memiliki sifat yang pandai dan cerdik.

Arjuna memiliki busana yang memiliki arti kebesaran. Busana tersebut terdiri dari Kampuh atau kain Limarsawo, ikat pinggang Limarkatanggi, Gelung Minangkara, Kalung Candrakanta dan Cincin Mustika Ampal.

Biasanya, saat lomba kostum, Arjuna menampilkan laki-laki yang telanjang dada dengan balutan selendang merah muda yang memiliki motif batik. Kostumnya biasanya memiliki tambahan aksesori, seperti mahkota merak bersayap merah muda, gelang dan kalung emas.

Gatot Kaca

Ilustrasi busana Gatot Kaca. (YouTube/Sri Wisnu)

Dalam pewayangan, Gatot Kaca sebagai karakter dari seorang raja muda. Busana yang digunakan biasanya terdapat 3 susun, garuda mungkur, praba, kalung ulur-ulur, gelang, kelat bahu, kuncan. Selain itu, terdapat juga busana seorang raja, seperti uncal kencana, uncal wastra, dan gelang kaki.

Kresna

Ilustrasi busana Kresna. (Special)

Kresna dikenal sebagai tokoh yang memberikan ajaran pada umat Hindu. Kostum tokoh pewayangan ini menggunakan irah-irahan, Garudha Mungkur, Kalung ulur, Kroncong, Kelang Bahu, Gelang dan juga cincin.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel