1. Lifestyle
  2. Rayakan Kemerdekaan HUT RI ke-77, Peri Kertas Luncurkan Nusantara Papercraft Kit
Lifestyle

Rayakan Kemerdekaan HUT RI ke-77, Peri Kertas Luncurkan Nusantara Papercraft Kit

Rayakan Kemerdekaan HUT RI ke-77, Peri Kertas Luncurkan Nusantara Papercraft Kit

Acara Peluncuran Nusantara Papercraft Kit (instagram.com/peri.kertas)

Ladiestory.id - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, komunitas papercraft Peri Kertas meluncurkan Nusantara Papercraft Kit. Acara tersebut diadakan pada Rabu (17/8/2022) di Trans Studio Mall, Cibubur. 

Nusantara Papercraft Kit ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mengedukasi serta mempromosikan keberagaman budaya Indonesia melalui karya seni model kertas 3 dimensi. Nusantara Papercraft Kit tahap pertama ini terdiri dari 10 provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat. 

Nusantara Papercraft Kit (instagram.com/peri.kertas)

Rauf Raphanus selaku ketua Komunitas Peri Kertas, mengatakan peluncuran Nusantara Papercraft Kit ini adalah sebagai bentuk kontribusi untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Mereka juga membagikan Nusantara Papercraft Kit sebanyak 2.000 paket secara gratis melalui institusi yang terkait dengan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

“Launching hari ini adalah bentuk kontribusi kami untuk melestarikan budaya Indonesia maka kami membagikan Nusantara Papercraft Kit sebanyak 2.000 paket Papercraft secara gratis dan 250 paket khusus Nusantara Papercraft Kit kepada 5 institusi pemerintahan,” ujar Rauf dalam sebuah konferensi pers. 

Setiap paket terdiri dari papercraft rumah adat, bangunan terkenal (landmark) dan pakaian adat dari masing-masing daerah yang dapat dirangkai menjadi sebuah diorama. Seri ini juga dilengkapi dengan informasi budaya di setiap paketnya. .

Acara peluncuran Nusantara Papercraft Kit ini turut mengadakan beberapa kompetisi untuk menyemarakkan kemerdekaan RI yang ke-77 dengan menawarkan hadiah jutaan rupiah. Melalui beberapa lomba seperti lomba mewarnai wayang yang akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus, lomba mewarnai hingga merakit papercraft. Pada 21 Agustus, terdapat juga penampilan Mini Concert kemerdekaan pada tanggal 21 Agustus dan banyak atraksi seru lainnya.

Papercraft raksasa setinggi 1.5 meter yang berbentuk busana asal provinsi Kalimantan Timur  juga dipamerkan dalam acara tersebut yang letaknya berada di Ground Floor Trans Studio Mall Cibubur. 

 Papercraft Raksasa (instagram.com/peri.kertas)

Acara peluncuran papercraft ini termasuk ke dalam rangkaian acara “We are ID” yang diselenggarakan oleh TSM Cibubur selama 1 bulan dengan tujuan untuk merayakan hari kemerdekaan republik Indonesia.

Komunitas Peri Kertas sendiri merupakan komunitas papercraft terbesar di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2008. Hingga saat ini, mereka telah memiliki jumlah anggota sebanyak 20 ribu orang yang tersebar di 43 regional basis kota se-Indonesia. Nusantara Papercraft Kit ini menjadi salah satu bentuk inisiatif dari Peri Kertas. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel