Hindari Makeup Crack, Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Riasanmu Sempurna

Minggu, 14 April 2024 | 10:45:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Hindari Makeup Crack, Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Riasanmu Sempurna

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Makeup crack menjadi salah satu masalah dan musuh banyak wanita. Salah satu hal yang menyebabkannya adalah kurangnya perawatan pada kulit sehingga makeup menjadi kurang menyatu hingga akhirnya crack. Namun, ada perbedaan besar antara base makeup yang tidak menempel dan makeup crack.

Riasannya tidak lengket, karena banyaknya minyak di kulit bawahnya. Sedangkan makeup crack disebabkan oleh lapisan produk yang tebal dan kulit yang kering.

Dari penjelasan singkat di atas sudah terbukti bahwa perawatan kulit menjadi kunci penting untuk mencegah makeup crack, karena kulit pada dasarnya membutuhkan pembersihan, hidrasi dan perlindungan setiap hari.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki makeup crack? Jawabannya tidak ada, karena makeup crack hampir tidak mungkin untuk memperbaiki dan mendapatkan efek sempurna. Namun, kamu bisa lakukan beberapa perawatan untuk menghindari makeup crack.

Bersihkan Kulit

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Rahasia kulit cantik dan hasil riasan yang bagus dicapai dengan membersihkan kulit. Residu riasan, kotoran udara, dan bahkan sifat berminyak alami, mengganggu hasil riasan.

Kulit harus dibersihkan dengan baik sebelum dan terutama setelah riasan, sehingga kulit cantik, sehat, dan riasan dapat tetap terjaga setiap saat.

Hidrasi

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Langkah terpenting untuk mendapatkan kulit halus dengan riasan adalah pelembab. Kulit berminyak dan kering membutuhkan hidrasi, masing-masing dengan jenis produk yang paling sesuai.

Sangat penting untuk menggunakan pelembab yang tepat untuk setiap jenis kulit, jika ingin menghindari makeup crack.

Membiarkan kulit tanpa pelembap dan langsung mengaplikasikan makeup pada kulit, dapat menyebabkan efek rebound yang menakutkan, yaitu kulit mulai memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasi hilangnya minyak.

Tabir Surya

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Perawatan kulit adalah segalanya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat memberikan efek cantik yang diinginkan semua orang di akhir riasan.

Selain krim pelembab, tabir surya juga mencegah kulit menjadi kering dan kemerahan, belum lagi manfaatnya bagi kesehatan kulit, apalagi lewat organ terbesar dalam tubuh manusia.

Perhatikan Kerutan Wajah

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Kerutan pada wajah memang akan muncul seiring bertambahnya usia, dan hal ini menjadi alasan makeup crack.

Dalam hal ini, bahan makeup yang kental cenderung lebih mudah retak daripada yang cair. Oleh karena itu, saat mengaplikasikan makeup, gunakan sedikit produk dan sebaiknya diencerkan. Dengan begitu, makeup akan membuat lapisannya lebih tipis dan lebih mudah menempel di kulit.

Saat membeli makeup, selalu pilih bahan dasar yang lebih cair. Semakin tebal lapisan produk pada kulit dengan garis-garis halus, maka semakin besar pula kemungkinan retak dan tanda garis tersebut.

Pilih Bedak Tabur

Ilustrasi Makeup Crack. (Freepik.com)

Bedak tabur jauh lebih halus dibandingkan bedak padat dan membuat lapisan lebih tipis pada kulit, sehingga memungkinan meminimalisir makeup crack.

Apalagi pada kulit dewasa yang biasanya lebih kering, bedak tabur membantu agar tidak berlebihan.