1. Lifestyle
  2. Hidup Nyaman Tanpa Manusia Beracun, Ini 5 Tips Menghadapi Toxic People
Lifestyle

Hidup Nyaman Tanpa Manusia Beracun, Ini 5 Tips Menghadapi Toxic People

Hidup Nyaman Tanpa Manusia Beracun, Ini 5 Tips Menghadapi Toxic People

Kita kerap tidak menyadari adanya beberapa toxic people atau manusia beracun di sekitar kita. Sebab, biasanya mereka sangat mahir menyembunyikan identitas dan kepribadiannya yang sesungguhnya. Dalam beberapa kesempatan, barangkali kita malah menjadikan orang-orang toxic ini sebagai sahabat baik. Padahal, tanpa disadari mereka diam-diam telah memengaruhi kita serta mengontrol perbuatan dan keputusan yang hendak kita ambil. Lantas, ketika kita sudah memercayai mereka sebagai orang terdekat, kita akan menyetujui segala ucapannya dan mengikuti masukan-masukan darinya. Padahal, apa yang mereka katakan justru menjerumuskan kita ke dalam masalah-masalah yang lain. Kalau sudah menyadari kondisi seperti ini, kita akan berpikir bahwa hidup tanpa toxic people adalah pilihan yang tepat. Namun, jika ternyata manusia beracun ini tetap datang lagi dan lagi, kamu bisa mengatasinya dengan 5 tips menghadapi toxic people berikut ini, Ladies!

1. Batasi waktu bertemu dengan mereka, hindari pengaruh buruk mereka

Batasi waktu bertemu dengan mereka, hindari pengaruh buruk mereka
sumber: freepik.com

Orang-orang toxic akan dengan sangat mudah memengaruhi orang lain, termasuk kamu. Terlebih, mereka sudah tahu karakteristikmu yang mudah memaafkan orang lain dan tidak tega jika harus meninggalkan teman. Mereka bisa saja menggunakan trik itu untuk mendekatimu lagi. Namun, kamu harus bisa melawan rasa simpatimu itu, Ladies. Memang, berbuat baik kepada orang itu adalah suatu keharusan, namun bukan berarti kamu harus mengalahkan logikamu untuk menerima kembali orang-orang yang sudah berperilaku jahat kepadamu. Mungkin mereka sudah berubah, tapi siapa yang bisa menjamin jika mereka tak akan melakukan perbuatan yang beracun lagi kepadamu? Sebaiknya, berikan batasan waktu saat bertemu mereka, agar kamu tidak dipengaruhi lagi olehnya.

2. Abaikan semua perkataannya

Abaikan semua perkataannya
sumber: freepik.com

Ketika mereka merasa kamu mulai menjauhinya, para toxic people ini akan memanfaatkan kelemahanmu agar kamu mau dekat lagi dengan mereka. Misalnya saja, kamu tipe orang yang mudah merasa bersalah. Nah, mereka akan berupaya dengan berbagai cara untuk membuatmu merasa bersalah karena terlah meninggalkan mereka, Ladies. Harapan mereka adalah kamu bisa merasa bersalah dan meminta maaf kepada mereka, lalu mengajaknya untuk berhubungan dekat lagi. Kalau sudah dekat lagi, kamu pun akan dipengaruhinya lagi dan akan berada di bawah kontrolnya lagi. Tentu, kamu tak mau kan, kalau harus hidup dengan orang-orang beracun itu lagi? Maka, abaikan saja segala perkataannya. Carilah teman baru yang lebih positif dan bermanfaat.

3. Tunjukan senyummu dan pamerkan kebahagiaanmu tanpa mereka

Tunjukan senyummu dan pamerkan kebahagiaanmu tanpa mereka
sumber: freepik.com

Orang-orang beracun memiliki bakat untuk menyerang secara mental, mengejek, dan mempermalukanmu. Tetapi, jika kamu tidak mudah terpengaruh dengan kata-kata dan usaha mereka, dan kamu malah menunjukkan senyum manismu kepada mereka, maka mereka akan merasa malu dengan sendirinya. Pamerkan rasa bahagiamu tanpa adanya mereka di sekitarmu. Biarkan saja mereka kesal dengan dirinya sendiri, dan menyadari bahwa kini kamu tak mudah dipengaruhinya lagi.

4. Tak perlu membebani diri dengan pikiran mereka

Tak perlu membebani diri dengan pikiran mereka
sumber: freepik.com

Biasanya, toxic people akan mengintimidasi dan membuatmu merasa bersalah, agar kamu mau mengakui bahwa semua ini salahmu, sehingga kamu mau menerimanya kembali. Mereka akan menggunakan berbagai macam cara agar kita tidak bisa berkutik jika sudah berhadapan dengannya. Lalu, mereka akan menekan pikiran kita seberat mungkin agar rasionalitas kita sulit berjalan dan pada akhirnya menerima mereka lagi dengan pasrah. Setelah itu, mereka akan membawa kita ke dalam permainan mereka lagi, Ladies. Nah, satu-satunya cara untuk menghindari kondisi tersebut adalah dengan tak perlu membebani diri dengan pikiran mereka. Abaikan dan terus abaikanlah.

5. Tetaplah menjauh dari mereka

Tetaplah menjauh dari mereka
sumber: freepik.com

Terakhir, hal yang mesti kamu lakukan adalah tetap menjauh dari mereka ya, Ladies! Ingat, kamu pernah terjerumus ke dalam pengaruh mereka untuk melakukan hal-hal buruk tanpa kamu sadari. Jadi, jangan mau terjerumus untuk yang kedua kalinya. Jadikan apa yang pernah mereka lakukan kepadamu sebagai pengalaman berharga, bahwa kamu tidak boleh berurusan dengan orang-orang beracun semacam itu. Jika mereka berusaha meminta maaf kepadamu, maka maafkanlah. Katakanlah bahwa kamu sudah memaafkan mereka. Namun, bukan berarti setelah memaafkannya kamu lantas perlu menjadikan mereka orang terdekatmu lagi. Lebih baik, tetaplah menjauh darinya. Demi kehidupanmu yang lebih baik lagi.

Lebih baik hidup dengan masalah yang lain, asalkan tidak berada di dekat, di samping, apalagi di tengah-tengah para toxic people yang merugikan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel