1. Health
  2. Hati-hati, 5 Hal Berbahaya Ini Bisa Muncul Akibat Terlalu Sering Korek Telinga
Health

Hati-hati, 5 Hal Berbahaya Ini Bisa Muncul Akibat Terlalu Sering Korek Telinga

Hati-hati, 5 Hal Berbahaya Ini Bisa Muncul Akibat Terlalu Sering Korek Telinga

Ilustrasi Tinitus dan Nyeri Telinga. ( Orami )

Ladiestory.id - Ladies, memilki telinga yang bersih dan pendengaran yang jernih menjadi kebahagiaan bagi seseorang, membersihkan telinga dapat dilakuan menggunakan cotton buds  atau ear stick untuk mengangkat kotoran dalam telinga agar tetap bersih dan sehat. Mengorek lubang telinga pun kerap memberikan sensasi kenikmatan tersendiri, maka tak jarang ada sebagian orang yang memiliki kesenangan terhadap hal tersebut walaupun telinga mereka sudah bersih.

Namun, yang perlu diketahui terlalu sering mengorek telinga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang bisa membahayakan, lho. Berikut diantaranya.

Telinga Menjadi Lecet

Ilustrasi mengorek telinga. (Special)

 

Ladies, saluran pada liang telinga memiliki sel-sel yang dapat menghasilkan cerumen atau earwax yang memproduksi kotoran telinga. Jumlah kotoran yang begitu besar dapat mengganggu pendengaran seseorang, rasa sakit dan gatal bahkan aroma yang tidak sedap. Hal ini pun tentunya mendorong seseorang untuk segera mengambil pembersih kotoran telinga dan mengorek hingga kebagian dalam.

Terlalu sering mengorek telinga dapat menyebabkan telinga menjadi lecet khususnya diarea liang telinga. Apabila liang telinga menjadi semakin lecet maka telingamu pun dapat berisiko menyebabkan terjadinya infeksi gendang telinga.

Sakit Kepala

Ilustrasi Sakit Kepala. (Freepik.com)

 

Terlalu sering mengorek telinga bahkan dengan frekuensi yang berlebihan tak hanya dapat memicu terjadinya masalah pada indera pendengaran saja namun juga dapat merambat ke bagian atas kepala sehingga menimbulkan rasa sensasi sakit kepala yang menyakitkan. Selain itu, kamu pun tidak hanya merasakan kedua hal ini saja, yang lebih parahnya lagi kondisi permukaan wajahmu pun bisa menjadi tidak simetris akibat terjadinya kerusakan saraf facialis didalam telinga.

Pendengaran Menurun

Ilustrasi sakit telinga. (Special)

 

Ladies, walaupun mengorek telinga dapat memberikan sensasi yang nikmat, namun kebiasaan terlalu sering mengorek telinga ini pula bisa menyebabkan indera pendengaranmu menjadi menurun, lho. Apabila kondisi telinga yang bebas kotoran dan sudah sangat bersih namun kamu tetap saja mengorek telinga, maka liang telinga justru akan semakin sering memproduksi earwax. Hal ini pula menjadi penyebab indera pendengaran menurun karena adanya sumbatan earwax yang membuat gelombang suara atau bunyi-bunyian mulai tidak tersalurkan dengan optimal seperti normalnya.

Gendang Telinga Menjadi Sakit dan Rusak

Ilustrasi sakit telinga. (Special)

 

Ladies, mengorek telinga terlalu dalam jelas dapat menyebabkan kondisi gendang telinga menjadi sakit bahkan rusak, tak hanya itu apabila kamu sering melakukan kebiasaan buruk ini maka dapat membahayakan kondisi indera pendengaranmu bahkan gendang telingamu bisa menjadi pecah. Walaupun terdapat beberapa kasus yang muncul jika gendang telinga yang sakit atau pecah dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak banyak pula beberapa kasus lainnya membutuhkan prosedur medis untuk menyembuhkan masalah kesehatan ini.

Munculnya Jamur

Ilustrasi mengorek telinga. (Special)

 

Ladies, bagian terdalam dalam telinga tentu terlihat gelap dan tertutupi oleh cahaya sehingga dapat menyebabkan telinga menjadi lembap bahkan bisa munculnya jamur pada telinga. Tanpa kamu sadari, jika kamu terlalu sering mengorek telinga terlalu dalam maka bisa saja menyebabkan kondisi yang semakin parah. Apabila kamu sudah mengalami hal ini maka jangan dibiarkan begitu saja, segeralah pergi ke dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan khusus

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel