1. Health
  2. 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sakit Mata
Health

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sakit Mata

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sakit Mata

Ilustrasi Sakit Mata (Special)

Ladiestory.id - Mata merah dan gatal membuat aktivitas sedikit terganggu. Sakit mata disebabkan berbagai hal seperti iritasi, alergi, atau infeksi. Biasanya sakit mata akan berangsur sembuh dengan sendirinya atau dengan obat alami tergantung dari seberapa parah sakit mata yang kamu alami.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami sakit mata ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak bertambah parah. Berikut ladiestory.id rangkum buat kamu.

Jangan Kucek Mata

Ilustrasi Kucek Mata (Special)

Ketika kamu mengalami sakit mata, rasa gatel yang kamu rasain membuat tanganmu ingin menguceknya. Mengucek mata akan membuat mata semakin parah loh. Ketika mengucek mata dengan tangan, kamu secara tidak sadar membuat mata terkontaminasi dengan bakteri yang ada ditangan.

Usahakan agar tidak mengucek mata degan tangan. Kamu bisa menggunakan tisu yang lembut atau sapu tangan untuk membersihkan kotoran mata ya ladies! Perhatikan juga kebersihandari sapu tangan.

Gunakan Kacamata

Ilustrasi Pakai Kacamata (Special)

Menggunakan kacamta bisa mengurangi debu atau kotoran yang akan masuk pada mata. Jangan lupa untuk membersihkan lensanya ya ladies. Karena jika kamu memakai kacamata yang kotor, bukannya makin baik. Sakit matamu akan tambah parah.

Gunakan Alat Makeup Sendiri

Ilustrasi alat makeup. (Special)

Sangat penting menjaga kebersihan pada area mata saat kamu sedang sakit mata. Gunakan alat makeup sendiri untuk menghindari kontaminasi bakteri pada alat makeup seperti kuas. Kamu juga bisa mencuci dengan air hangat sesudah dan sebelum menggunakan alat makeup agar tetap higienis.

Kompres dengan Air Hangat Atau Dingin

Kompres Mata (Special)

Kompres dengan air hangat dapat merelaksasi otot mata yang sakit dan mengurangi nyeri pada mata. Kamu bisa merendam kain atau handuk yang bersih dan lembut, lalu kompres air hangat sebanyak 2/3 kali selama 15 menit dalam sehari. Jika matamu memar atau bengkak, kamu bisa ompres dengan cara yang sama dengan air dingin.

Lihat Pemandangan Alam

Ilustrasi Pemandangan Alam (Special)

Banyak faktor yang terjadi karena sakit mata, salah satunya karena mata lelah. Kamu bisa merelaksasi dengan melihat pemandangan alam yang hijau, dengan begitu mata akan kembali fresh. Dilansir dari clour-affects.co.uk, warna hijau memberikan efek keseimbangan pada tubuh. keseimbangan ini akan memberikan manfaat positif bagi kehidupan sehari-hari dan dapat membuat kamu peduli akan lingkungan.

 

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel