1. Lifestyle
  2. Wujudkan Smart Home Ramah Kantong, Perhatikan 5 Hal Ini!
Lifestyle

Wujudkan Smart Home Ramah Kantong, Perhatikan 5 Hal Ini!

Wujudkan Smart Home Ramah Kantong, Perhatikan 5 Hal Ini!

Ilustrasi smart home. (Special)

Ladiestory.id - Tren smart home yang kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak orang yang mengartikan bahwa smart home terbatas pada sistem teknologi yang digunakan.

Padahal, hunian pintar dapat tercipta dari berbagai aspek. Hal ini diungkap oleh artis Christian Sugiono dan arsitek Revano Satria dalam acara Bincang Shopee.

“Banyak orang mengira bahwa untuk mewujudkannya membutuhkan dana yang besar. Padahal pada kenyataannya, hunian pintar juga bisa diciptakan dari berbagai aspek,” ujar Christian Sugiono, dikutip dari siaran pers, Kamis (26/5/2022).

Senada, Revano Satria juga mengungkap bahwa smart home juga mengedepankan ketepatan desain, fungsionalitas dan juga pemilihan peralatan rumah tangga. Dirinya mengatakan bahwa masyarakat dapat mewujudkan hunian pintar impian yang hemat.

Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkan smart home yang ramah kantong.

Gali Informasi

Ilustrasi cari infotmasi. (Special)

Sebelum Kamu memutuskan untuk ikut mengadopsi sistem smart home di hunian-mu, pastikan bahwa Kamu telah memiliki informasi yang cukup mengenai konsep smart home itu sendiri.

Terdapat beberapa keunggulan smart home yang bisa Kamu manfaatkan di dalam hunian-mu. Dua di antaranya adalah sistem smart home dengan gadget nirkabel yang dapat menghemat tenaga dan waktu penghuni, dan hunian pintar yang rapi dan tertata.

Dengan menerapkan konsep smart home yang tepat, Kamu dapat mengakomodir segala kebutuhan dan membuat rumah lebih nyaman

Sesuaikan dengan Budget

Ilustrasi uang. (Special)

Saat membangun hunian pintar, Kamu perlu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Ada baiknya, Kamu membandingkan harga tiap barang saat berbelanja.

Terlebih, kini sudah tersedia ragam pilihan perangkat smart home dengan harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Agar lebih hemat, Kamu bisa memanfaatkan beragam promo di Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale untuk mendapatkan keperluan smart home impianmu.

Cari Tahu Kebutuhanmu

Ilustrasi smart home. (Special)

Sebelum membeli peralatan smart home untuk hunianmu, Kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang dibutuhkan. Kamu bisa tentukan ruangan mana yang ingin terlebih dahulu dilengkapi dengan smart home appliances.

Selain itu, Kamu juga bisa memilih perangkat yang hendak Kamu beli agar sesuai dengan desain area yang ada. Dengan ini, Kamu akan semakin memiliki perencanaan serta alokasi dana yang matang untuk mewujudkan hunian pintar impianmu! 

Sesuaikan Peralatan Smart Home sesuai Tipe Hunian

Ilustrasi smart home. (Special)

Dalam membangun hunian pintar yang hemat, hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan bahwa peralatan smart home yang Kamu beli sesuai dengan kondisi dan kapasitas rumah. Sehingga, peralatan smart home tersebut tidak mengganggu ruang dan fungsionalitas hunian. 

Selain menyesuaikan dengan kondisi dan kapasitas rumah, pastikan juga perangkat yang hendak Kamu beli cocok dengan tipe hunianmu. Misalnya, untuk konsep hunian minimalis, pilihlah perangkat dengan warna-warna sederhana agar hunianmu terkesan simple namun tetap elegan. 

Bandingkan fungsi dan kualitas dari peralatan smart home

Perhatikan pula spesifikasi dan kualitas dari produk yang hendak Kamu beli. Carilah produk dengan spesifikasi yang tepat dan harga yang pas serta berkualitas, sehingga dapat Kamu gunakan untuk jangka waktu yang lama. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel