Hadirkan Urban Lifestyle Pop-up Market, Brightspot Market 2023 Kembali Digelar

Rabu, 13 September 2023 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Hadirkan Urban Lifestyle Pop-Up Market, Brightspot Market 2023 Kembali Digelar

Brightspot Market 2023 Dorong Akselerasi Brand Lokal Menuju Masa Depan Industri Kreatif yang Berkelanjutan. (Special)

Ladiestory.id - Kehadiran kecerdasan buatan atau inovasi teknologi membawa warna baru  dalam inovasi dan transformasi yang revolusioner. Kecanggihan teknologi ini menyentuh berbagai aspek, tak terkecuali industri kreatif dan usaha kecil menengah. Era baru ini menunjukan bahwa kemajuan teknologi sering menciptakan peran baru, hal ini menggugah para pelaku usaha dalam mendefinisikan kembali bisnis yang berkelanjutan. 

Inovasi teknologi bukan sekedar mewujudkan harapan akan peningkatan efisiensi, akurasi dan produktivitas, namun membantu manusia dalam mengatasi berbagai tantangan kompleks untuk menjadikan hidup lebih baik.

Menghadapi peran teknologi dalam industri yang tak dapat dihindari ini, terutama dalam industri kreatif, PT Bank Central Asia (BCA) bersama Brightspot mengajak brand lokal untuk bersiap menuju masa depan industri kreatif berkelanjutan dalam event BCA Goodlife X Brightspot Market 2023.

Sebagai salah satu wujud nyata dari komitmen BCA yang senantiasa hadir di sisi nasabah, tak terkecuali generasi muda, BCA kembali berkolaborasi dengan Brightspot Market menghadirkan urban lifestyle pop-up market bertajuk BCA Goodlife x Brightspot Market 2023. Kegiatan yang bertema urban lifestyle ini disesuaikan dengan tren dan minat masyarakat yang berkembang saat ini. Selain mendukung pelaku industri kreatif, kegiatan ini diharapkan juga dapat turut meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Perkembangan inovasi teknologi yang melaju cepat tentu menawarkan berbagai kemudahan, dalam sisi lain memunculkan pertanyaan mengenai dampak pada industri kreatif.

“Kemampuan inovasi teknologi untuk mengolah data dengan cepat dan mengambil keputusan otomatis memunculkan kekhawatiran tentang dampaknya pada pekerjaan dan peran manusia di berbagai sektor. Oleh karena itu, penting bagi UMKM dan Industri Kreatif lokal untuk mengadopsi pendekatan yang bijaksana dalam pengembangan inovasi teknologi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa inovasi teknologi menjadi alat pendukung bagi ekonomi kreatif dan membantu manusia dalam beradaptasi dengan perubahan ini, sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif," ungkap Leonard Theosabrata selaku Founder dari LTD  & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM.

Merupakan tahun keempat belas, Brightspot Market kali ini lebih dari sekedar menjadi platform bagi para talenta kreatif dalam menampilkan karyanya.

Brightspot Market 2023 Dorong Akselerasi Brand Lokal Menuju Masa Depan Industri Kreatif yang Berkelanjutan. (Special)

 

Mengangkat tema “The Future is Human”, BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 mengajak seluruh audience untuk memaknai jalinan koneksi antara manusia, alam dan teknologi. Dengan membawa pesan bahwa pemanfaatan kecerdasan teknologi yang tepat justru dapat memberikan ruang bagi manusia untuk berkreasi dan mendapatkan inspirasi tanpa batas.  

EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengungkapkan rasa senang dapat kembali bekerja sama dengan Brightspot Market untuk menghadirkan acara yang mengangkat tren urban lifestyle.

"Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tren tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh brand internasional tapi juga banyak dipengaruhi oleh brand lokal yang terus bermunculan dan berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia. Selaras dengan misi BCA dalam  mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG), BCA berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan industri kreatif yang berkelanjutan. Komitmen ini juga sejalan dengan Brightspot Market yang telah secara konsisten menjadi wadah untuk berbagai industri kreatif sejak 2009," paparnya.

Selain memberikan kemudahan bertransaksi, selama BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 berlangsung, BCA juga menawarkan berbagai promo menarik, antara lain:

  • Voucher belanja senilai Rp 100.000,- untuk minimum transaksi Rp 300.000,-  khusus untuk transaksi menggunakan myBCA dan Rp 200.000,- untuk minimum transaksi Rp 800.000,- untuk transaksi menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA dan QRIS di myBCA, BCA Mobile, dan Sakuku. 
  • Double Value penukaran voucher belanja menggunakan Reward BCA minimum Rp 50.000 mendapatkan voucher belanja hingga Rp 600.000,-.
  • Cicilan 0% hingga 12 bulan untuk minimum transaksi Rp 500.000,-
  • Berbagai promo menarik lainnya di tenant-tenant Plaza Senayan. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Brightspot Market menjadi panggung bagi para insan kreatif untuk menampilkan karyanya. Tema “The Future is Human” pada gelaran Brightspot Market tahun ini, menghadirkan platform bagi brand lokal berkolaborasi dan beradaptasi dengan kecerdasan buatan.

Mengajak semua stakeholder untuk memastikan bahwa manusia tetap menjadi fokus utama dalam setiap esensi dan strategi bisnis, sambil memanfaatkan inovasi teknologi secara bijaksana untuk menciptakan nilai tambah bagi pengalaman konsumen. 

Perubahan akan selalu berdampak pada segala aspek, termasuk pada alam. Brightspot market 2023 “The Future is Human”, mengangkat konsep acara Solarpunk, sebuah gerakan menuju sustainable future yang mendukung kolaborasi antar manusia, alam, dan teknologi.

BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 menjadi tempat konvergensi bagi ketiganya. Membentuk lingkungan yang lebih lestari di masa depan, memungkinkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan alam dan teknologi, dan turut mendukung fungsi masing-masing.

“Setelah jenuh dengan hidup yang serba daring belakangan ini, BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 “The Future is Human” mengingatkan industri kreatif untuk kembali merasakan setiap moment dalam kehidupan, serta menghidupkan kembali interaksi tatap muka yang terlupakan.” ujar Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10 saat mengutarakan esensi dari gelaran Brightspot Market.

“Pergeseran strategi dari online ke offline dan atau hybrid, menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku industri kreatif. Dalam tema kali ini, kami mengajak brand lokal untuk kembali mengintegrasikan strategi daring dan luring guna menjangkau lebih banyak audience,” sambung Anton Wirjono. 

Plaza Senayan kembali dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan Brightspot Market 2023. Menjadi lokasi yang strategis untuk tempat berkumpulnya para insan kreatif bertemu, bersosialisasi dan menuangkan ekspresinya menghasilkan karya bersama. Dalam perjalanannya, Plaza Senayan adalah bukti ketangguhan menghadapi tantangan perubahan, bangkit berinovasi dan beradaptasi agar dapat terus bersaing dengan tempat baru lain. Tak tergerus jaman, kokoh berdiri sebagai pesona bagi para pelaku industri kreatif dan berperan dukung ekonomi berkelanjutan. 

Menghadirkan brand lokal dari beragam kota dari seluruh Indonesia, Brightspot Market tahun ini mengajak brand lokal Indonesia menjadi lebih unggul dalam persaingan pasar. Agar brand lokal lebih tanggap terhadap perubahan teknologi, serta membentuk pandangan yang lebih tepat mengenai konsep “lokal”, menghilangkan stigma bahwa brand lokal lekat dengan “murah” atau selalu dikaitkan dengan “tradisional”.

Melalui campaign "Rasakan Nikmatnya Hidup," Gudang Garam Signature menyampaikan pesan bahwa kesuksesan tidak terbatas pada stereotip sosial. Signature Time hadir di Brightspot sebagai inspirasi mengajak individu untuk menjalani hidup sesuai dengan passion mereka, mengejar apa yang mereka suka, dan menentukan standar kesuksesan sesuai keinginan pribadi.

"Menurut kami, Brightspot adalah tempat yang tepat untuk menampilkan contoh nyata  orang-orang sudah berhasil Rasakan Nikmatnya Hidup, meraih kesuksesan sesuai dengan passion mereka dan menentukan definisi sukses sesuai passion, keluar dari tekanan sosial.” ungkap representative Gudang Garam.

Dalam 14 tahun perjalanan, Brightspot Market mencatat pencapaian baru dengan lebih dari 800 brand lokal mendaftar, bahkan banyak dari brand lokal ini berasal dari luar pulau Jawa.  Angka ini mencerminkan peningkatan antusiasme dari para pelaku brand lokal setiap tahunnya menyebar ke seluruh penjuru negeri, serta dorongan kuat untuk terus berinovasi dan tumbuh.

Diselenggarakan selama dua pekan yang berbeda, yaitu pada periode 27 September hingga 1 Oktober 2023 dan kemudian dilanjutkan pada 6 hingga 8 Oktober 2023. Dengan jadwal ganda ini, memberikan kesempatan lebih besar bagi pengunjung dan pelaku industri untuk terlibat dalam perayaan yang meriah, serta memperluas koneksi dan peluang bisnis selama dua pekan penuh. 

“Tema The Future is Human yang kita usung di Brightspot Market 2023 kali ini membawa pesan menyadarkan bahwa meski inovasi teknologi semakin canggih, tetap sentuhan manusia yang menjadi pilar utama.  Kadang kita terlalu asyik dengan teknologi dan lupa bahwa yang paling penting dari sebuah brand itu manusianya yang memberi nyawa. Teknologi diciptakan justru buat membantu akselerasi kerja dan menginspirasi brand lokal agar lebih kreatif, jadi justru kreativitas yang merupakan kecerdasan yang akan terus berkembang” tutup Anton Wirjono.

Acara Brightspot Market, The Future is Human 2023, juga didukung oleh Kraft Heinz dan Garmin yang selalu konsisten dalam menyokong kegiatan inisiatif usaha lokal Indonesia. Dukungan ini mencerminkan komitmen para sponsor untuk berpartisipasi dalam perkembangan ekonomi dan bisnis di Indonesia, serta memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal untuk berkembang dan berinovasi di era digital.