1. Lifestyle
  2. GoFood Kian Gencar Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner Lokal ke Pelanggan
Lifestyle

GoFood Kian Gencar Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner Lokal ke Pelanggan

GoFood Kian Gencar Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner Lokal ke Pelanggan

Juara Lokal GoFood. (Special)

Ladiestory.id - Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo, terus mewujudkan  komitmennya menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Kali ini, Gojek melalui GoFood hadirkan  inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood, kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas  daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood.  

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan “Berdasarkan data dari  Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember  20221.

Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang  dapat membantu mereka mengembangkan usahanya. Selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara  Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM  kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.” 

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

Inisiatif teranyar dari GoFood ini dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah  ditemukan oleh para pelanggan. Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah  dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit  masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki  potensi untuk terus berkembang.  

“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan dan visibilitas yang sama  kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Inisiatif ini pertama kali  diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini,  Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan,  Surabaya, Bandung dan Jabodetabek,” lanjut Gede.  

Lebih lanjut, diketahui dari hasil riset Alvara Research Center pada 20222, bahwa makanan nusantara atau  makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan  proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek  untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas  daerah.  

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia turut menjelaskan “SMESCO dan GoFood  memiliki visi yang sejalan untuk mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas. Kami melihat bahwa inisiatif  Koleksi Juara Lokal GoFood dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu  khas daerah secara maksimal di platform online. SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara  Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah  go digital makin bertumbuh secara berkelanjutan.” 

Resto Juara Lokal Khas Jakarta Tumbuh Melesat bersama GoFood 

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

Ayam Goreng Berkah Rachmat merupakan salah satu juara lokal di Jakarta yang masuk ke dalam Koleksi  Juara Lokal GoFood. Berdiri sejak 1960-an, Ayam Goreng Berkah Rachmat dapat terus bertahan berkat  menjaga cita rasa yang khas dari kualitas ayam goreng yang sama sekali tidak berubah sejak awal  beroperasi. 

Febry Setiawan, Pemilik Usaha Ayam Goreng Berkah Rachmat & Mitra Usaha GoFood menuturkan  “Kunci eksistensi Ayam Goreng Berkah Rachmat selama lebih dari 60 tahun adalah pemilihan bahan baku  yang baik, rasa yang khas dan harga yang kompetitif.

Di era digital, kami harus terus adaptif untuk menjaga  daya saing. Hal ini yang mendorong Ayam Goreng Berkah Rachmat bergabung dengan GoFood sejak 6  tahun lalu dan terbukti usaha kami makin berkembang, terlihat dari kenaikan omzet sebesar 5% - 10%  tiap tahunnya. Bahkan, ketika pandemi melanda, 60% dari total penjualan kami berasal dari GoFood.”  

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

“Selama bergabung dengan ekosistem Gojek, kami selalu mendapatkan solusi bisnis yang tepat sesuai  kebutuhan kami. Ditambah lagi dengan masuknya Ayam Goreng Berkah Rachmat ke dalam Koleksi Juara  Lokal GoFood, kami semakin bersyukur bisa mendapatkan eksposur yang lebih banyak ke pelanggan loyal  GoFood,” tambah Febry.  

Soto Betawi H. Ma’ruf, pelopor soto khas betawi yang menyajikan kuah soto berbahan dasar gabungan  antara susu dan santan tanpa MSG juga masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Mufti Maulana,  Pemilik Usaha Soto Betawi H. Ma’ruf & Mitra Usaha GoFood menjelaskan “Sejak 1943, kami konsisten  mempertahankan cita rasa otentik betawi dan pastinya tidak menutup diri terhadap perkembangan  zaman.

Juara Lokal GoFood. (Special)

 

Kami turut bersyukur dan senang karena berkat bergabung bersama GoFood, usaha Soto Betawi  H. Ma’ruf terus berkembang, bahkan omzet kami meningkat sebesar 30%. Kini, usaha kami bisa masuk ke  dalam Koleksi Juara Lokal GoFood dan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan.” 

Hadirnya Koleksi Juara Lokal GoFood ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pelanggan untuk  menikmati kuliner khas daerahnya. Secara luring, resto bertanda logo Juara Lokal GoFood dapat  pelanggan pesan juga melalui layanan GoFood.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel