1. Health
  2. 6 Gerakan Senam Wajah Ini Samarkan Lipatan Dagu
Health

6 Gerakan Senam Wajah Ini Samarkan Lipatan Dagu

6 Gerakan Senam Wajah Ini Samarkan Lipatan Dagu

Ilustrasi lipatan dagu. (Special)

Ladiestory.id - Lipatan dagu atau biasa dikenal dengan sebutan double chin biasanya muncul karena adanya penumpukan lemak pada dagu. Hal ini dapat muncul karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Lemak alami yang memang sudah ada di dagu akan bertambah seiring banyaknya makanan tak sehat yang telah kamu konsumsi. Jadi, anggapan bahwa lemak hanya akan mempengaruhi perut dan bagian tubuh tertentu itu tidak sepenuhnya benar. 

Sebenarnya, lemak yang berlebih bisa mempengaruhi seluruh anggota tubuh kamu. Lalu, bagaimana cara menghilangkan double chin atau lipatan dagu ini? Tidak perlu bingung. Kamu cukup lakukan beberapa gerakan sederhana berikut ini. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin dan konsisten, maka lipatan dagumu akan tersamarkan bahkan menghilang.

Gerakan Menyendok

Ilustrasi gerakan menyendok. (Special)

Istilah tersebut ditunjukkan untuk gerakan yang dilakukan dalam senam wajah guna menyamarkan lipatan dagu. Gerakan ini dimulai dengan membuka mulut lalu putar bibir bawah ke gigi bawah.

Cukup bayangkan kamu menyendok air dengan rahang bawah. Kemudian, turunkan kepala dengan gerakan menyendok dan tutup mulut sambil mengangkat kepala. Tetap pastikan sudut bibir kamu benar-benar rileks. Kemudian, ulangi gerakan ini sebanyak 5-7 kali.

Gerakan Menyentuh Hidung

Ilustrasi lidah menyentuh hidung. (Special)

Biasanya, double chin ini kerap dikaitkan dengan kelemahan otot hyoid. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan gerakan menyentuh hidung agar otot itu dapat diperkuat. Gerakan ini cukup mudah. Julurkan lidah sejauh mungkin, kemudian jangkau hidung dengan ujung lidah kamu. Ingat, tetap jaga bibirmu agar rileks. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Wajah Oval Sempurna

Ilustrasi wajah oval. (Special)

Bila kamu menginginkan bentuk wajahmu terlihat kembali lebih muda ditambah hilangnya lipatan dagu, kamu bisa lakukan beberapa gerakan senam wajah berikut ini. Caranya, kamu perlu  memutar kepala ke kiri, kemudian tarik rahang bawah ke depan, lalu regangkan otot lehermu.

Saat kamu merasakan otot-otot di sebelah kiri lehermu mulai meregang, kamu bisa putar kepalamu ke kanan dan lakukan gerakan yang sama kembali. Lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 5 kali di setiap sisi.

Mencium Jerapah

Ilustrasi mencium jerapah. (Special)

Mungkin aneh bagimu ketika mendengar kata-kata mencium jerapah. Namun, siapa sangka gerakan seperti mencium jerapah ini dapat menghilangkan lipatan dagumu. Kamu cukup membayangkan akan mencium jerapah atau bisa seseorang yang sangat tinggi.

Cukup angkat wajah kamu dan lihat langit-langit. Tidak lupa, angkat juga sedikit rahang bawah ke depan dan kerutkan bibir seolah-olah kamu akan mencium seseorang.

Jika kamu berhasil melakukan latihan ini dengan benar, maka kamu akan merasakan ketegangan yang kuat di leher. Bertahanlah dengan posisi ini selama 5 hingga 8 detik, lalu lepaskan. Kemudian, ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Senyum

Ilustrasi senyum. (Special)

Tersenyumlah jika kamu ingin mengurangi lipatan di dagu. Biasanya, banyak pepatah mengatakan bahwa seseorang yang sering tersenyum akan terlihat awet muda. Siapa sangka, hal tersebut benar adanya. Cukup dengan melakukan gerakan senyum, kamu dapat menghilangkan lipatan di dagu.

Pertama, kencangkan gigimu dengan mulut tertutup dan cobalah untuk meregangkan sudut bibirmu selebar mungkin. Sekarang, dorong lidah kamu ke langit-langit, perlahan dan secara bertahap dengan tingkatkan kekuatan menekan.

Jika kamu berhasil merasakan ketegangan yang kuat pada otot dagu, itu artinya kamu berhasil melakukan gerakan latihan dengan benar. Tahan posisi kamu selama 5 detik, lalu rileks selama 3 detik. Kembali ulangi gerakan itu sebanyak 5-8 kali.

Kembungkan Pipi

Ilustrasi kembungkan pipi. (Speial)

Yang terakhir ada gerakan mengembungkan pipi. Langkah pertama cukup dengan menarik napas dalam-dalam dengan mulutmu, saat menarik napas, isi mulut dengan udara. Jika sudah, kamu bisa tutup mulutmu, dan kembungkan pipi.

Nah, sekarang tekankan telapak tangan di pipi, sehingga kamu dapat merasakan ketegangan pada otot. Bertahanlah selama 3-5 detik, kemudian hembuskan udara dan rileks. Ulangi latihan ini 5-6 kali.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel