1. Health
  2. Gandeng Komunitas LovePink, AstraZeneca Gaungkan Kampanye #AndHerTogether
Health

Gandeng Komunitas LovePink, AstraZeneca Gaungkan Kampanye #AndHerTogether

Gandeng Komunitas LovePink, AstraZeneca Gaungkan Kampanye #AndHerTogether

AstraZeneca Gaungkan Kampanye #AndHerTogether. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - Kanker payudara merupakan jenis kanker kedua yang paling umum dan salah satu penyebab utama kematian terkait kanker di seluruh dunia.  Lebih dari dua juta kasus kanker payudara didiagnosis pada tahun 2022 dengan lebih dari 665.000 kematian secara global.  Meskipun tingkat kelangsungan hidup tinggi bagi mereka yang didiagnosis menderita kanker, hanya sekitar 30% pasien kanker payudara yang didiagnosis atau berkembang menjadi penyakit metastasis diperkirakan dapat hidup lima tahun setelah diagnosisnya.

Kanker payudara HER2-Low merupakan subtipe dari kanker payudara HER2. Pemahaman tentang jenis kanker payudara spesifik ini, menjadi penting sebagai harapan baru. 

Menggandeng komunitas LovePink, AstraZenece mencanangkan kampanye #AndHerTogether untuk lebih mengenali subtipe kanker payudara HER2-Low.

AstraZeneca Gaungkan Kampanye #AndHerTogether. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Presiden Direktur AstraZeneca, Esra Erkomay, mengungkapkan bahwa melalui kampanye #AndHerTogether, pihaknya berharap dapat meningkatkan kesadaran dan urgensi perempuan tentang kanker payudara melalui konsultasi dengan dokter, serta pengetahuan akan adanya inovasi baru dalam diagnosis kanker payudara HER2-Rendah dan evolusi pengobatan yang dapat membuat kehidupan lebih berkualitas bagi pejuang kanker payudara HER2-Rendah. 

“Kami juga berdedikasi untuk berinovasi dalam jalur pengobatan baru untuk berbagai jenis kanker payudara, dan berbagai lini pengobatan, serta membantu mengubah kehidupan para pejuang kanker payudara, khususnya kanker payudara HER2-Rendah,” jelas Esra Erkomay, dalam sesi Talkshow di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2024).

Sebagai informasi, HER2 adalah protein yang memacu pertumbuhan reseptor tirosin kinase yang diekspresikan pada permukaan berbagai jenis tumor, termasuk kanker payudara. Orang dengan kadar HER2 rendah dapat berupa HR+ (reseptor hormon positif) atau HR- (reseptor hormon negatif). 

Pasien dengan tingkat ekspresi HER2 yang tinggi diklasifikasikan sebagai HER2-positif dan mewakili sekitar 15-20% dari seluruh kejadian kanker payudara. Secara historis, tumor yang tidak diklasifikasikan sebagai HER2-positif diklasifikasikan sebagai HER2-negatif.

Meskipun saat ini masih diklasifikasikan sebagai HER2-negatif, banyak dari tumor ini masih memiliki ekspresi HER2 pada tingkat tertentu. Diperkirakan bahwa sekitar 60-65% kanker payudara dengan HER2-negatif apapun status hormon reseptornya, termasuk dalam kategori  HER2-Rendah.

Paradigma baru kanker payudara metastatic HER2-Rendah adalah IHK1+ dan IHK2+/ISH. HER2-Rendah adalah kanker payudara yang agresif dan tumbuh cepat. Dan seperti halnya HER2-positif dan HER2-negatif, kanker payudara HER2-Rendah dalam stadium lanjut dapat bermetastasis atau menyebar ke area lain di dalam tubuh, seperti otak atau tulang.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel