1. Health
  2. Selain Kurang Nutrisi, Ini 6 Faktor Penyebab Munculnya Sariawan di Bibir
Health

Selain Kurang Nutrisi, Ini 6 Faktor Penyebab Munculnya Sariawan di Bibir

Selain Kurang Nutrisi, Ini 6 Faktor Penyebab Munculnya Sariawan di Bibir

Ilustrasi sariawan. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu penyakit dibagian mulut yang kerap dialami oleh seseorang adalah sariawan. Selain memberikan sensasi perih dan menyakitkan, sariawan yang muncul di permukaan bibir kerap membuat indera pengecap menjadi kurang optimal saat hendak mengonsumsi makanan maupun minuman.

Selain itu, sariawan dapat memberikan rasa nyeri yang disebabkan oleh kondisi saraf di bawah permukaan mulut menjadi radang bahkan luka. Berikut ini enam faktor penyebab munculnya sariawan di bibir yang telah Ladiestory.id rangkum.

Kurang Nutrisi

Ilustrasi telur rebus. (Special)

Ladies, salah satu penyebab munculnya sariawan, yakni dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan makanan maupun minuman yang bergizi, meliputi zat besi, zinc, asam folat, vitamin C serta vitamin B12. Rutinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti telur, daging, ikan, susu, buah-buahan serta perbanyak minum air putih.

Perubahan Hormon

Ilustrasi menstruasi. (Special)

Penyebab timbulnya sariawan dipermukaan bibir selanjutnya dikarenakan adanya perubahan pada hormon tubuh. Pada wanita, perubahan hormon dapat disebabkan oleh kondisi haid atau menstruasi, pubertas, kehamilan, hingga menopause.

Perubahan hormon pun bukan hanya dikarenakan masalah timbulnya jerawat saja, namun sariawan juga bisa muncul pada saat tubuh mengalami pramenstruasi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan estrogen dalam tubuh yang berkurang, sehingga dapat memicu terjadinya sariawan.

Stres atau Depresi

Ilustrasi kelelahan secara mental. (Special)

Gejala sariawan juga bisa diakibatkan oleh stres atau depresi, lho. Saat seseorang mengalami gejolak perasaan yang berubah-ubah diakibatkan oleh rasa cemas, emosi, marah yang berlebih, maka tubuh pun bisa merangsang terjadinya sariawan.

Hal ini dikarenakan, saat stres seseorang akan mengalami naiknya asam lambung hingga ke rongga mulut, sehingga mukosa pada rongga mulut akan menimbulkan luka yang menjadi penyebab munculnya sariawan. Walaupun kondisi ini jarang ditemui saat stres, namun, munculnya sariawan pun bisa menjadi salah satu tanda yang diakibatkan oleh stres atau depresi.

Luka di Area Mulut

Ilustrasi sariawan. (Special) 

Tanda munculnya sariawan di bibir juga dapat disebabkan adanya luka salah satunya luka gigitan yang tak disengaja saat menggigit makanan, mengunyah, ataupun akibat terlalu keras menggosok gigi hingga pemakain kawat gigi.

Oleh karena itu, kamu juga harus berhati-hati, karena luka kecil tersebut bisa menimbulkan infeksi apabila tidak ditangani dengan cepat. Bahkan, infeksi tersebut pun bisa memperparah kondisi mulut dan bibirmu.

Iritasi

Gosok Gigi (Special)

Pemicu munculnya sariawan di mulut maupun bibir juga dapat disebabkan oleh iritasi. Iritasi ini bisa berasal dari pemakaian pasta gigi, obat kumur, maupun zat kimia yang mengandung bahan iritasi, di antaranya seperti alkohol maupun sodium lauryl sulphate. Tak hanya itu, sering mengonsumsi makanan pedas dan terlalu asam juga bisa memicu munculnya gejala sariawan akibat adanya iritasi tersebut. Selain itu, asap rokok ataupun tembakau juga dapat menyebabkan iritasi.

Alergi

Ilustrasi sariawan. (Special) 

Penyebab munculnya gejala sariawan di mulut dan bibir selanjutnya adalah karena alergi. Alergi ini dapat disebabkan oleh bakteri yang memicu munculnya sariawan, sehingga tubuh bereaksi terhadap bakteri tersebut, adapaun bakteri yang dapat menyebabkan sariawan pada mulut di antaranya Helicobacterpylori.

Nah, Ladies itulah ke enam penyebab yang bisa memicu terjadinya sariawan di area mulut dan bibir. Selalu perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar terhindar dari masalah mulut, seperti sariawan yang dapat membuat indera pengecap menjadi perih bahkan nyeri.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel