5 Fakta Menarik Masjid Al-Jabbar, Ikon Baru Jawa Barat

Selasa, 3 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Fakta Menarik Masjid Al-Jabbar, Ikon Baru Jawa Barat

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Ladiestory.id - Masjid Al-Jabbar yang baru saja diresmikan pada Jumat (30/12/2022) kini tengah ramai diperbincangkan oleh publik. Pasalnya, masjid yang berada di Bandung, Jawa Barat ini memiliki desain arsitektur yang megah dan unik. Masjid hasil rancangan Ridwan Kamil ini menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Jawa Barat. 

Masjid Al-Jabbar tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun  juga merupakan destinasi wisata religi dan edukasi sejarah agama Islam di dunia. Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak hal menarik di masjid ini, Ladies. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum lima fakta menarik tentang Masjid Al-Jabbar yang kini menjadi ikon baru Jawa Barat. 

Tampung 30 Ribu Jamaah

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Masjid Al-Jabbar dibangun di atas lahan seluas 25 hektar. Sehingga, masjid ini memiliki daya tampung yang cukup besar, yaitu sekitar 30 ribu orang. Masjid Al-Jabbar ini mampu menampung sekitar 10 ribu orang di bagian dalam masjid dan 20 ribu orang di area plaza. 

Saat mengunjungi Masjid Al-Jabbar, kamu tak hanya bisa melaksanakan ibadah, namun kamu juga bisa menambah pengetahuan dengan mengunjungi museum digital. Museum ini terletak di bagian bawah bangunan masjid dan berisi tentang perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Ramah Lansia dan Difabel

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Fakta menarik selanjutnya dari masjid Al-Jabbar adalah adanya akses khusus bagi lansia dan juga penyandang disabilitas. Di masjid yang menghabiskan dana sekitar Rp1 Triliun untuk pembangunannya ini memiliki akses ramp atau jalur miring/landai dan dua lift.

Kedua akses tersebut dapat digunakan untuk pengguna kursi roda. Bahkan, petugas Masjid Al-Jabbar juga akan siap siaga membantu mendorong kursi roda bagi lansia dan difabel. Selain itu, disediakan juga ruang wudu dan toilet khusus yang dapat digunakan oleh difabel.  Sehingga, dapat dikatakan bahwa Masjid Al-Jabbar ini ramah lansia dan difabel. 

Tidak Ada Kubah

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Desain Masjid Al-Jabbar tampak berbeda dari masjid pada umumnya. Di masjid Al-Jabbar ini, kamu tidak akan menemukan kubah.

Masjid ini memiliki desain yang unik dengan bagian atas yang dibuat menggunakan kaca. Tujuan penggunaan kaca pada atap masjid berfungsi untuk menyerap cahaya matahari agar lebih hemat energi. Selain itu, dalam rangka upaya penanggulangan banjir di wilayah Bandung, bangunan masjid ini dibuat dengan desain infrastruktur anti banjir, lho. 

Masjid Terapung

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Jika dilihat dari kejauhan, Masjid Al-Jabbar ini seolah-olah terapung di atas air. Hal ini dikarenakan, Masjid Al-Jabbar dikelilingi oleh danau buatan.

Adanya danau buatan ini, dapat membuat Masjid Al-Jabbar terlihat lebih indah. Selain itu, ternyata adanya danau tersebut bukan hanya untuk memperindah bangun masjid saja, lho. Danau buatan ini juga bermanfaat sebagai penyerapan air yang datang dari arah utara menuju selatan wilayah Bandung.

Ada 27 Pintu Unik

Masjid Al-Jabbar. (Special)

Selain memiliki desain yang unik, bangunan Masjid Al-Jabbar ini juga memiliki filosofi tersendiri. Salah satunya 27 pintu yang terdapat di masjid ini.

Keseluruhan jumlah pintu tersebut sebagai simbol bahwa di Jawa Barat memiliki total 27 kota dan kabupaten. Selain itu, dari setiap pintu yang ada di Masjid Al-Jabbar memiliki desain batik dari setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat. 

Jika kamu ingin berkunjung, lokasi Masjid Al-Jabbar berada di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.