1. Mom & Kids
  2. Benarkah Lebih Manja? Ini 7 Fakta Seputar Anak Tunggal
Mom & Kids

Benarkah Lebih Manja? Ini 7 Fakta Seputar Anak Tunggal

Benarkah Lebih Manja? Ini 7 Fakta Seputar Anak Tunggal

Ilustrasi orang tua dengan anak tunggal. (Special)

Ladiestory.id - Mendidik dan mengasuh anak tunggal itu gampang-gampang susah. Karena biasanya para orang tua yang punya anak tunggal, lebih berhati-hati dalam mengasuh anak. Dengan alasan takut anak satu-satunya ini salah langkah, sehingga orang tua pun tak mau salah mendidik atau mengasuh anak tunggal. 

Mengasuh dan mendidik anak tunggal memang punya tantangan tersendiri. Mungkin wajar saja karena orang tua hanya memiliki satu anak, jadi mereka harus memastikan anaknya itu jadi yang “sempurna”. 

Fakta Seputar Anak Tunggal

Entah karena pola asuh atau memang karakter dasarnya dari si anak, faktanya anak tunggal memiliki karakter yang menarik.

1. Mandiri

Ilustrasi anak tunggal yang mandiri. (Special)

Sebagian orang bilang kalau anak tunggal itu sudah pasti manja, egois, dan selalu ingin diperhatikan. Tapi faktanya justru anak tunggal itu lebih mandiri, lho. Walaupun memang sifat manja dan egois itu ada dalam diri anak tunggal, tapi anak tunggal juga bisa kok mengurus diri sendiri.

Ia juga tidak bergantung pada orang lain. Tentu saja, hal ini karena didikan orang tuanya sejak kecil, mengingat si anak tidak punya saudara kandung untuk diminta bantuan, orang tua pun lebih menerapkan disiplin dan kemandirian pada sang anak. 

2. Dewasa

Ilustrasi anak tunggal. (Special)

Selain mandiri anak tunggal juga biasanya lebih dewasa. Ia dapat menyelesaikan masalahnya sendiri serta mampu memutuskan sesuatu. Hal ini tentu saja karena Ia terbiasa sejak kecil untuk melakukan segalanya sendirian, sehingga Ia mampu mengambil keputusan yang dewasa sendirian.

3. Mudah Bergaul

Ilustrasi anak tunggal yang mudah bergaul. (Special)

Fakta selanjutnya dari anak tunggal adalah mudah bergaul. Anak tunggal lebih mudah bergaul, mudah diajak bekerja sama, banyak disukai dan diterima teman-temannya.

4. Kreatif

Ilustrasi anak tunggal yang kreatif. (Special)

Banyak yang menganggap anak tunggal itu malas dan banyak menghabiskan waktunya dengan santai. Tapi faktanya, anak tunggal lebih punya banyak waktu sendirian dan ini membuatnya lebih kreatif dan bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya. 

5. Mampu Kendalikan Emosi

Ilustrasi anak tunggal yang menyendiri menahan emosi. (Special)

Anak tunggal juga bisa mengendalikan emosinya dengan sangat baik. Anak tunggal hanya dapat bertukar pikiran dengan orang tuanya saja. Tetapi semakin besar Ia tidak terlalu ingin memberatkan beban pikiran orang tua, maka biasanya hal inilah yang membuat Anak tunggal lebih mampu mengendalikan emosi dan perasaannya sendiri. Bahkan tak jarang Ia juga menutupi perasaannya.

6. Pintar

Ilustrasi anak tunggal yang pintar. (Special)

Fakta tentang anak tunggal selanjutnya, yaitu punya kepintaran dan kecerdasan akademis dan non akademis. Hal ini karena biasanya orang tua mencurahkan segalanya pada anak tunggal mulai dari gizi yang cukup, fasilitas yang cukup, sehingga semua yang dibutuhkan untuk mencapai cita-cita dan impian pun akan terpenuhi.

7. Penyayang

Ilustrasi anak tunggal yang menyayangi temannya. (Special)

Anak tunggal mendapat segala kasih sayang dari orang tuanya seutuhnya tanpa terbagi dengan saudaranya. Karena itulah biasanya anak tunggal punya rasa sayang yang lebih pada orang lain. 

Berteman dengan anak tunggal akan sangat menyenangkan. Karena Ia pun akan membagikan rasa sayangnya pada teman maupun sahabatnya. Ia menganggap temannya itu seperti saudaranya sendiri.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel