1. Entertainment
  2. Eugene Museum Bali, Eksplorasi Seni & Alam dengan Karya Seniman Kontemporer Asal Jepang
Entertainment

Eugene Museum Bali, Eksplorasi Seni & Alam dengan Karya Seniman Kontemporer Asal Jepang

Eugene Museum Bali, Eksplorasi Seni & Alam dengan Karya Seniman Kontemporer Asal Jepang

Eugene Museum Bali. (Special)

Ladiestory.id - Menyusul pameran tunggal yang sangat terkenal "New Sea: After the Rainbow" di Museum Seni Kontemporer Tokyo, semakin besarnya harapan dan dukungan dari berbagai daerah dan negara menggerakkan untuk mendirikan museum permanen, "Eugene Museum in Bali". Terletak sekitar sepuluh menit dari Pura Tanah Lot yang terkenal, di dasar situs Warisan Dunia UNESCO, museum ini akan dirancang oleh arsitek ternama Indonesia, Andra Matin.

Dalam video yang baru-baru ini dirilis dari museum, sang arsitek menggali konsep bangunan, mengungkap sketsa dan wawasan baru tentang bahan yang digunakan. Video tersebut juga menampilkan sang seniman yang membahas perjalanan dari konsep hingga realisasi museum permanen, dengan cuplikan dari studio dan rumahnya.

Musim gugur ini, sebagai bagian dari seleksi khusus di Art Jakarta, pameran seni terkemuka di Asia Tenggara yang diadakan di Indonesia seri "White Painting" akan dipamerkan di "SPOT", sebuah pameran khusus yang menampilkan sepuluh seniman terkemuka yang dipilih dari seluruh peserta. Pameran ini akan menandai presentasi pert ama di Asia Tenggara.

Tentang Eugene Museum in Bali

Eugene Museum Bali. (Special)

 

Terletak sepuluh menit dari Pura Tanah Lot yang terkenal, di dasar situs Warisan Dunia UNESCO, Eugene Museum in Bali adalah museum permanen yang terletak di tengah tanaman hijau subur dan lautan, didirikan bersama berbagai komunitas dari seluruh dunia. Desain arsitektur museum, karya arsitek ternama Indonesia Andra Matin, menampilkan karya seni permanen karya Eugene Kangawa / EUGENE STUDIO (selanjutnya disebut Eugene), berpadu sempurna dengan alam, seni, dan arsitektur. Pengunjung dapat merasakan keharmonisan ini secara mendalam di situs museum seluas 1 ha, yang akan dibuka untuk umum pada tahun 2026.

Museum seluas 5.000 ㎡, yang dirancang untuk menembus pepohonan yang ada, akan menampilkan lebih dari sepuluh ruangan yang memamerkan karya seni seperti Golden Rain, Infinite Ocean, dan lukisan besar dan bercahaya. Museum ini juga akan mencakup restoran, perpustakaan, dan program menginap, menawarkan ruang di mana pengunjung dari semua generasi dapat membenamkan diri dalam pengalaman mendalam yang memperkaya siang dan malam.

Eugene Museum Bali. (Special)

 

Lukisan dan instalasi berskala besar karya Eugene, yang mengeksplorasi tema-tema seperti cinta dan peluang, cahaya dan bayangan, serta alam atau meta-alam, selaras dengan orang-orang yang menavigasi kompleksitas kehidupan kontemporer. Khususnya, pameran tunggal Eugene di Museum of Contemporary Art Tokyo pada tahun 2021-22—di mana ia menjadi seniman termuda yang mengadakan pameran tunggal—menarik antrean panjang meski diadakan di masa pandemi COVID-19. Dampak dari pameran ini bergema secara global dan menjangkau beragam komunitas, termasuk di Indonesia. Dengan dukungan dan harapan kuat dari komunitas yang percaya bahwa karya seninya harus dipamerkan secara permanen dan dapat diakses oleh semua generasi di seluruh dunia, Museum Eugene in Bali didirikan di lingkungan Bali yang kaya akan alam dan dinamis secara internasional.

Berdekatan dengan museum terdapat sekolah internasional, yang siap menjadi pusat baru dari Asia, menawarkan program pendidikan yang dikembangkan melalui kerja sama dengan negara-negara tetangga.

Di Eugene Museum in Bali, karya pengalaman Eugene, yang memadukan alam, fisika, dan filsafat, akan selaras dengan keindahan alam yang kaya di kawasan ini, dan diharapkan dapat menciptakan ruang di mana alam, seni, dan pengunjung hidup berdampingan secara harmonis.

Sebuah program khusus saat ini sedang diadakan di studio besar berukuran 700 ㎡ (Eugene Atelier iii) dekat Tokyo, di mana tim museum lokal dan Eugene berkolaborasi untuk memamerkan model dan karya seni sebelum pembukaan resmi museum untuk umum.

Baru-baru ini, museum juga merilis video wawancara dengan Andra Matin, arsitek Eugene Museum in Bali, dan Eugene. Video tersebut menggali konsep arsitektur Andra Matin, mengungkap sketsa dan wawasan baru tentang material yang digunakan. Ia juga menampilkan sang seniman, yang membahas perjalanan dari konsep hingga realisasi museum permanen, dengan cuplikan dari studio dan rumahnya.

Undangan oleh Art Jakarta, Pameran Seni Internasional Terkemuka di Indonesia

Eugene Museum Bali. (Special)

 

Eugene diundang untuk berpartisipasi dalam Art Jakarta, salah satu pameran seni internasional paling penting di kawasan Asia. Sebagai bagian dari seleksi khusus "SPOT," yang menyoroti sepuluh seniman terkemuka yang dipilih dari antara semua peserta, Eugene akan memamerkan karya-karya dari seri White Painting.

Seri White Painting, yang dimulai pada tahun 2017, menampilkan kanvas yang diberi judul dengan nama-nama individu yang pernah menciumnya. Seri ini dibagi menjadi dua versi: satu dilakukan di ruang publik di seluruh dunia, termasuk AS, Meksiko, Italia, Tiongkok, dan lainnya, dan yang lainnya difokuskan pada keluarga-keluarga tertentu.

Hingga saat ini, lebih dari 600 individu telah berpartisipasi dalam seri ini, dengan ciuman dan percakapan mereka didokumentasikan dengan cermat, dan nama-nama mereka menjadi judul karya seni. Pameran di Jakarta ini menandai debut seri ini di Asia Tenggara. Film dokumenter dua hari ini mengabadikan rangkaian White Painting di Los Angeles pada tahun 2017. Rangkaian ini juga dipresentasikan di AS, Meksiko, Italia, Spanyol, dan lokasi lain sebelum dan sesudah presentasi ini.

Tentang Andra Matin 

Eugene Museum Bali. (Special)

 

Andra Matin, lahir pada tahun 1962 di Indonesia, adalah seorang arsitek terkemuka yang mewakili Indonesia. Ia menerima Perhatian Khusus pada Pameran Arsitektur Internasional Venice Biennale pada tahun 2018 dan Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur, sering disebut sebagai Hadiah Pritzker di dunia Islam, pada tahun 2022. Ia telah mengerjakan berbagai proyek, termasuk bangunan tempat tinggal, museum, masjid, dan kolam renang umum. Karya besarnya antara lain “Bandara Blimbingsari” (2010), “Potato Head” (2010), dan “Masjid Tubaba” (2017). 

Lahir di Bandung, Jawa Barat, ia lulus dari Fakultas Arsitektur Universitas Parahyangan pada tahun 1981. Ia bekerja di Grahacipta Hadiprana dari tahun 1990 hingga 1998 sebelum mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1998, yang kini mempekerjakan lebih dari 40 staf di Bandung.

Menurut Andra Matin, fokus utama Eugene Museum in Bali adalah untuk menangkap tradisi, budaya, dan jiwa Bali, dan memadukannya secara organik dengan karya seni Eugene. Pendekatan arsitektur saya berakar kuat pada rasa hormat terhadap alam, dan saya merasakan ketertarikan yang kuat dengan karya-karya Eugene. Proyek ini dengan hati-hati memadukan seni, perilaku manusia, dan alam, menggabungkan unsur-unsur yang sangat penting bagi kosmologi.

Di Bali terdapat sistem hunian tradisional yang dikenal dengan sistem Natah, yang menciptakan ruang bersama untuk bersantai dan membangun komunitas di sekitarnya. Dalam proyek ini, ruang bersama akan berfungsi sebagai kolaborasi antara arsitektur, alam, karya seni Eugene, dan pengunjung. Berdasarkan sistem ini, kami akan memanfaatkan material dan teknik lokal semaksimal mungkin.

Saya berharap museum ini dapat menjadi tujuan untuk melihat seni dan arsitektur kontemporer yang luar biasa di Indonesia. Tim arsitektur Indonesia dan seniman kontemporer Jepang bekerja sama untuk menciptakan ruang dan pengalaman mendalam melalui teknik yang sangat halus. Saya berharap masyarakat Indonesia dan seluruh dunia mempunyai kesempatan untuk merasakan kreasi unik ini.

Eugene Kangawa / Studio Eugene

Eugene Museum Bali. (Special)

 

Eugene Kangawa adalah seniman kontemporer yang lahir di Amerika Serikat pada tahun 1989. Karyanya terutama berfokus pada instalasi dan lukisan berskala besar. Ia telah mengadakan beberapa pameran terkenal, termasuk pameran tunggal "New Sea: After the Rainbow" (2021-22) di Museum of Contemporary Art Tokyo, "de-sport:" (2020) di the 21st Century Museum of Contemporary Art, Kanazawa, "1/2 Century Later." (2017) di the Shiseido Gallery, dan "89+" (2014) di Serpentine Gallery in London, pameran-pameran terebut di antara banyak pameran kelompok lainnya.

Film pendeknya, yang dirilis di Amerika Serikat, telah dipilih sebagai entri resmi dan menerima penghargaan di berbagai festival film, termasuk Festival Film Internasional Rhode Island, Festival Film Pan Afrika, Festival Film Internasional Brooklyn, dan Festival Film Internasional Houston. Di studionya, ia juga mengonsep "PLAY EARTH PARK", sebuah taman yang dirancang untuk generasi masa depan. Kontribusi awalnya didokumentasikan dalam buku "The Era of Art × Technology" tahun 2017 oleh Daisuke Miyatsu (diterbitkan oleh Kobunsha Shinsho), yang merinci keterlibatannya dalam perencanaan kota, bioteknologi, serta penelitian dan pengembangan kecerdasan buatan. Ia diakui sebagai salah satu dari empat seniman terkemuka Jepang di bidang ini.

Eugene Studio, didirikan pada tahun 2016, terdiri dari tim staf beragam yang terlibat dalam aktivitas produksi dan penelitian sehari-hari.

Eugene merasa sangat berterima kasih atas kesempatan luar biasa untuk membangun museum permanen di kaki situs Warisan Dunia UNESCO di Bali. Sungguh menyenangkan bisa mengunjungi Indonesia dan terhubung dengan teman-teman di sana. Inisiatif lintas batas seperti ini hanya mungkin terwujud jika ada dukungan dan dorongan dari banyak komunitas dan individu. Saya berharap tempat ini akan menjadi tujuan penting bagi semua orang yang terlibat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel