1. Travel
  2. Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga
Travel

Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga

Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga

Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga. (Dok. Emirates)

Ladiestory.id - Untuk melanjutkan komitmen Dubai terhadap perjalanan yang mudah diakses dan meningkatkan kesadaran mengenai autisme, Emirates mengundang 30 keluarga di UAE dengan anak-anak neurodiverse untuk menikmati pengalaman check-in yang nyata dan familiarisasi penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Dubai (DXB) pada 24 April lalu.

Inisiatif ini dirancang untuk membantu anak-anak berlatih dan mengurangi kecemasan sebelum bepergian, serta memberikan kesempatan unik bagi Emirates untuk berkolaborasi dengan mitra penting dan mendapatkan wawasan untuk meningkatkan perjalanan yang mudah diakses.

Emirates menyambut Her Excellency Hessa BuHumaid, Direktur Jenderal Otoritas Pengembangan Komunitas Dubai, serta 30 anak neurodiverse berusia antara 8 dan 12 tahun dari Dubai Autism Centre,Safe Centre for Autism, Rashid Centre for People of Determination and the New England Centre Children Clinic untuk mengikuti penerbangan tersebut dengan pendamping mereka. Emirates juga mengundang seorang anak neurodiverse dengan Sindrom Angelman, kondisi yang dapat menyebabkan perkembangan tertunda, masalah dengan kemampuan bicara dan keseimbangan, kecacatan intelektual, serta kejang, untuk bergabung dalam penerbangan ini. Kelompok tersebut didampingi oleh Adil Al Ghaith - SVP Emirates Commercial Operations in the Gulf, Middle East & Central Asia, dan Mostafa Karam - SVP –  Emirates Customer Affairs & Service Audit.

Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga. (Dok. Emirates)

 

Kelompok tersebut menggunakan Jalur Ramah Autisme yang tersedia di Bandara Internasional Dubai yang mencakup akses ke jalur prioritas untuk check-in, pemeriksaan paspor, keamanan, dan naik ke pesawat. Staf check-in dan awak kabin Emirates yang dilatih khusus siap membantu sepanjang perjalanan.

Penerbangan EK2605 berangkat dari DXB pada pukul 11:20 pagi dan mendarat kembali pada pukul 12:20 siang, memberikan pengalaman penerbangan nyata bagi anak-anak tersebut termasuk layanan di dalam pesawat, pengumuman dari awak kabin dan Kapten, serta suara dan pemandangan saat lepas landas dan mendarat.

Menurut sebuah studi oleh International Board of Credentialing and Continuing Education Standards (IBCCES), hanya 13% dari keluarga dengan anak-anak neurodiverse yang disurvei melakukan liburan keluarga karena mereka menganggap pengalaman di bandara dan penerbangan terlalu menegangkan dan memicu sensitivitas sensorik anak-anak. Namun, 93% dari keluarga yang disurvei mengatakan mereka akan melakukan lebih banyak perjalanan jika ada lebih banyak pilihan bersertifikat autisme dan dukungan yang tersedia.

Tujuan dari inisiatif latihan perjalanan Emirates adalah untuk membantu pelanggan dengan autisme dan gangguan sensorik serta keluarga mereka dalam mempersiapkan perjalanan melalui tur berpemandu di lingkungan bandara dan kabin pesawat serta memberikan pelatihan komprehensif dan pemahaman tentang neurodiversitas kepada semua anggota tim Emirates. Lebih banyak lagi inisiatif Emirates yang direncanakan di masa depan untuk mendukung kebutuhan neurodiverse dan komitmen Dubai terhadap People of Determination atau orang berkebutuhan khusus.

Pada acara tersebut, anggota IBCCES ditugaskan untuk memberikan wawasan dan catatan tentang pengalaman di dalam pesawat untuk pelanggan neurodiverse. Emirates dan IBCCES bekerja sama untuk mengembangkan sertifikasi autisme resmi dalam penerbangan yang pada akhirnya dapat digunakan oleh maskapai penerbangan lainnya. Sertifikasi ini akan melengkapi pencapaian terbaru Emirates – semua fasilitas Check In Dubai: Emirates City Check-In & Travel Store di DIFC, Emirates Cruise Check In - Port Rashid, Emirates Cruise Check In - Dubai Harbour, dan Emirates City Check-In Ajman serta pusat khusus Emirates di Terminal 3 DXB ditetapkan sebagai Certified Autism Center™. Hal ini juga memperkuat pengakuan terbaru Bandara Internasional Dubai sebagai bandara internasional pertama yang memperoleh sertifikasi dari IBCCES, serta sejalan dengan visi Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai untuk menjadi Certified Autism Destination™ pertama di Timur Tengah.

Kerjasama dengan Emirates, Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai, dan Bandara Dubai, yang juga menggandeng Direktorat Jenderal Residensi dan Urusan Luar Negeri, Kepolisian Dubai, dan Bea Cukai Dubai, membuat perjalanan lebih inklusif, mudah diakses untuk semua, mencerminkan komitmen Dubai untuk menjadi destinasi terkemuka bagi wisatawan dengan berbagai kebutuhan, dan sejalan dengan Agenda Sosial Dubai 33 dengan tema ‘Family: The Foundation of Our Nation’.

Emirates dan mitra mendukung penumpang neurodivergen dan People of Determination dalam banyak cara:

Emirates Selenggarakan Penerbangan Familiarisasi Autisme dan Latihan Perjalanan untuk 30 Keluarga. (Dok. Emirates)

 

Pelatihan Karyawan Emirates

Lebih dari 29.000 awak kabin dan staf darat di seluruh dunia telah menyelesaikan pelatihan 'Pengenalan Autisme dan Disabilitas Tersembunyi' Emirates. Kursus online ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 dan mencakup berbagai topik, mulai dari Kebijakan Nasional UAE untuk People of Determination, mengenali autisme, tips praktis tentang bagaimana membantu penumpang dengan disabilitas tersembunyi, merespons dengan empati, dan informasi tentang sistem dukungan resmi untuk membantu penumpang di bandara.

Sebelum bepergian

Informasi Awal

Emirates mendukung penumpang dengan disabilitas tersembunyi dengan menyediakan sebanyak mungkin informasi di awal sehingga keluarga dapat merencanakan, berlatih, dan merasa yakin tentang perjalanan mereka yang akan datang. Penumpang dapat memeriksa halaman Perjalanan Aksesibel di Emirates.com untuk informasi dan menghubungi kantor lokal Emirates untuk pertanyaan lebih lanjut.

Gratis Pilih Tempat Duduk Termasuk Baris Depan untuk penumpang berkebutuhan khusus dan pendampingnya

Penumpang yang menyatakan memiliki disabilitas tersembunyi akan difasilitasi sebanyak mungkin dalam pemilihan tempat duduk yang sesuai secara gratis, misalnya tempat duduk di bagian depan dan tengah pesawat untuk penumpang dan pendamping mereka. Layanan ini dapat diminta melalui kantor lokal Emirates.

Pesan dengan kode 'DPNA' untuk dukungan tambahan

DPNA adalah kode industri maskapai penerbangan untuk permintaan layanan khusus (Special Service Request – SSR) untuk 'penumpang dengan disabilitas intelektual atau perkembangan.' Kode DPNA dapat diterapkan pada pemesanan yang dilakukan secara langsung, melalui telepon atau agen perjalanan, dan diterapkan setelah disabilitas tersembunyi dideklarasikan sehingga penumpang akan didukung sepanjang perjalanan mereka dengan bantuan dari staf terlatih.

Pelajari 'Panduan Ramah Autisme' untuk Bandara Internasional Dubai

Emirates telah berkolaborasi dengan Bandara Internasional Dubai untuk menyusun alat perencanaan perjalanan yang komprehensif bagi penumpang dengan disabilitas tersembunyi. Panduan Ramah Autisme untuk Bandara Internasional Dubai memberikan penjelasan langkah demi langkah dan gambar dari setiap bagian perjalanan melalui bandara sampai naik pesawat, dan merinci layanan apa yang tersedia.

Pesan makanan sebelum penerbangan

Beberapa penumpang mungkin memerlukan makanan khusus di pesawat jika mereka memiliki sensitivitas sensorik. Makanan dapat dipesan setidaknya 24 jam sebelumnya melalui www.Emirates.com atau aplikasi Emirates. Ada opsi untuk memesan makanan bebas gluten, makanan diet bland, vegetarian, dan makanan untuk penderita diabetes. Untuk Makanan Anak, keluarga yang bepergian dengan penumpang berkebutuhan khusus dapat menghubungi kantor lokal Emirates untuk permintaan mereka.

Rencanakan tontonan di ice melalui aplikasi Emirates

Unduh aplikasi Emirates, dan sebelum penerbangan penumpang dapat menghabiskan waktu merencanakan dan memilih film, acara TV, atau daftar lagu favorit mereka. Setelah penumpang naik pesawat, daftar lagu yang dipilih secara pribadi dapat segera disinkronkan dengan ice, sehingga menghemat waktu dan memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan penerbangan lebih cepat dengan kenyamanan konten yang familiar bagi mereka.

Kedatangan di Bandara

Parkir gratis selama 2 jam

People of Determination akan mendapatkan parkir gratis di semua terminal di Bandara Internasional Dubai selama 2 jam. Penumpang juga dapat memesan taksi melalui Dubai Taxi melalui nomor bebas pulsa mereka 80088088.

Ambil Lanyard Bunga Matahari untuk Disabilitas Tersembunyi

Bunga Matahari untuk Disabilitas Tersembunyi adalah simbol yang diakui secara global untuk disabilitas tersembunyi. Staf Emirates dan Bandara Internasional Dubai dengan pin Bunga Matahari mudah dikenali dan dilatih secara khusus untuk membantu penumpang dengan disabilitas tersembunyi. Penumpang dianjurkan untuk menyatakan disabilitas tersembunyi mereka kepada staf ini dan mengambil Lanyard Bunga Matahari untuk dipakai, sehingga mereka dapat memperoleh bantuan sepanjang perjalanan di bandara. Lanyard Bunga Matahari dapat diambil dari meja informasi di Area Keberangkatan, Terminal 3 dan dari titik koleksi yang mudah dikenali di Terminal 1 dan 2.

Jalur Ramah Autisme

Jalur Ramah Autisme di Bandara Internasional Dubai memastikan bahwa People of Determination melakukan perjalanan melalui bandara dengan rute khusus. Jalur ini mencakup akses ke jalur prioritas untukcheck-in, pemeriksaan paspor, keamanan, dan keberangkatan; dan dapat digunakan saat mengenakan lanyard bunga matahari. Staf yang dilatih khusus untuk membantu People of Determination akan mudah dikenali dengan mengenakan pin bunga matahari, sehingga meningkatkan visibilitas, komunikasi, dan bantuan sepanjang perjalanan di bandara.

Preferensi Boarding prioritas atau terakhir

Orang yang telah menyatakan disabilitas tersembunyi kepada staf Emirates akan difasilitasi untuk naik pesawat terlebih dahulu jika ini pilihan mereka, atau terakhir jika lebih nyaman.

Pengalaman Terbang Bersama Emirates

Keluarga dengan anak-anak duduk bersama

Emirates berusaha sebaik mungkin untuk menempatkan keluarga dengan anak-anak untuk duduk bersama, dan penumpang yang telah menyatakan memiliki disabilitas tersembunyi akan ditempatkan di samping pendamping atau wali mereka.

Earphone peredam suara

Penumpang dengan kebutuhan terkait sensori pendengaran di Kelas Pertama dan Bisnis akan memiliki akses ke headphone peredam suara untuk meredam suara di sekitar kabin.

Sensitivitas Cahaya

Apabila pelanggan, anak, atau anggota keluarga memberi tahu awak kabin Emirates tentang sensitivitas cahaya mereka, awak kabin dapat mematikan lampu individual penumpang, menutup tirai jendela setelah lepas landas, dan menjelaskan bahwa lampu kabin akan diredupkan segera setelah layanan makan selesai.

Bermain puzzle di majalah Fly with Me

Anak-anak kecil di dalam pesawat yang membutuhkan istirahat dari layar atau distraksi dapat meminta salinan paket aktivitas 'Fly with Me' dari Emirates dengan paket pensil warna non-toksik, yang berisi peta dunia ramah anak, teka-teki, tutorial menggambar, halaman mewarnai, aktivitas edukatif tentang Dubai, dan perlindungan lingkungan.

Pilih hiburan yang diinginkan di ice

Penumpang yang menikmati penerbangan Emirates dapat menghabiskan waktu dengan hiburan kelas dunia dengan lebih dari 6.500 saluran hiburan sesuai permintaan, lebih dari 1.900 film dan 1.500 jam tayangan TV, serta musik, podcast, dan audiobook dalam 40 bahasa. ice juga memiliki hingga 100 permainan video yang dapat dimainkan oleh dua pemain di kursi yang berbeda jika permainan tersebut adalah permainan multipemain.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel