1. Health
  2. EMC Healthcare Hadirkan Biograph Vision Quadra PET Pertama di Asia
Health

EMC Healthcare Hadirkan Biograph Vision Quadra PET Pertama di Asia

EMC Healthcare Hadirkan Biograph Vision Quadra PET Pertama di Asia

Konferensi Pers & Signing Ceremony Biograph Vision Quadra Pertama di Asia. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

Ladiestory.id - EMC Healthcare melengkapi layanannya dengan menginstalasi Biograph Vision Quadra PET/CT scanner pertama di Asia, di RS Grha Kedoya yang merupakan salah satu jaringan rumah sakit dalam naungan EMC Healthcare. Hal ini menandai kemajuan besar dalam terapi kanker di Indonesia.

Biograph Vision Quadra meningkatkan perawatan pasien dengan pencitraan molekuler canggih untuk melakukan deteksi dini pada penyakit, akurasi diagnostik yang lebih tinggi, waktu pemindaian (scan) yang lebih cepat, dan potensi untuk mempersonalisasi rencana terapi.

Teknologi pencitraan yang canggih secara khusus akan bermanfaat bagi pasien kanker, mampu menghadirkan pencitraan beresolusi tinggi dengan dosis rendah, serta kemampuan teranostik untuk terapi target.

“Pencapaian ini merupakan bukti dari misi EMC Healthcare untuk memimpin inovasi layanan kesehatan di Indonesia. Kami bangga dapat menghadirkan sistem yang lebih inovatif lagi kepada pasien kami, sehingga memungkinkan pasien untuk memperoleh manfaat dari peralatan diagnostik tercanggih yang tersedia saat ini,” ujar Jusup Halimi, Presiden Direktur EMC Healthcare, dalam sesi konferensi pers, Selasa (15/10/2024).

Jusup Halimi (President Director of EMC Hospital Group) di Konferensi Pers & Signing Ceremony Biograph Vision Quadra Pertama di Asia. (Ladiestory.id / Bulan Maghfira)

 

Hal ini menandai era baru pengobatan yang presisi di Indonesia, khususnya bagi pasien onkologi yang akan mendapatkan perawatan yang lebih baik dan lebih personal," sambungnya.

Pemindai PET/CT seluruh tubuh yang canggih dari Siemens Healthineers akan membantu mengubah perawatan pasien ke arah yang lebih baik, dengan menghadirkan pencitraan canggih untuk diagnosis dini dan perencanaan perawatan yang lebih akurat, sehingga memberikan hasil yang lebih baik bagi pasien kanker. 

PET/CT memiliki peran penting dalam penanganan pasien onkologi: PET/CT dapat mendeteksi lesi kecil seperti metastasis atau tumor sekunder. Mendeteksi tumor ini sangat penting karena dapat menentukan bagaimana penanganan pasien setelahnya. 

Biograph Vision Quadra dan kemampuan pencitraan molekulernya yang canggih secara signifikan akan meningkatkan kemampuan mendeteksi lokasi kanker aktif yang lesinya bahkan sangat kecil. Teknologi ini mampu menghadirkan perhitungan akurat jumlah terapi radiofarmasi yang dapat diberikan ke lokasi kanker.

Alat ini juga menghasilkan peta 3D seluruh tubuh dari laju aliran darah kuantitatif ke setiap organ dan jaringan. Informasi 3D ini akan meningkatkan akurasi diagnostik, memungkinkan deteksi dini penyakit seperti kanker serta penentuan stadiumnya, mendiagnosis infeksi dan penyakit inflamasi lainnya, gangguan neurologis, dan kondisi kardiovaskular, serta pada akhirnya akan mengoptimalkan hasil akhir pasien.

Bidang pandang aksial 106 cm pada sistem ini mampu meningkatkan resolusi dan sensitivitas, yang memungkinkan dokter untuk menangkap informasi terperinci dan secara dinamis mencitrakan pasien dari kepala hingga paha dalam satu kali pemindaian. Dengan FoV aksial pemindai yang diperluas, dokter dapat memeriksa anatomi pasien selama penyerapan radiofarmasi dari waktu ke waktu. 

Kombinasi kemampuan True Time-of-Flight dan FoV aksial yang diperluas memungkinkan cakupan anatomi yang lebih luas dalam satu posisi tempat tidur, jika dibandingkan dengan pemindai PET/CT standar. Sistem ini memungkinkan pemindaian lebih cepat pada dosis radiasi pasien yang lebih rendah (mengurangi paparan radiasi pada pasien). 

Selain itu, waktu pemindaian yang lebih singkat akan membuat pasien lebih nyaman, terutama bagi mereka yang sakit kritis atau mereka yang menjalani beberapa prosedur diagnostik. 

Berdasarkan data pencitraan, sistem ini memungkinkan pengembangan rencana perawatan yang presisi dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan pasien, untuk terapi tingkat lanjut seperti terapi radioligan atau teranostik. Hal ini sangat bermanfaat bagi pasien kanker, di mana kombinasi perawatan yang tepat waktu dan terarah dapat meningkatkan hasil secara signifikan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel