Dukung Fashion Indonesia untuk Mendunia, JF3 Kembali Digelar

Jumat, 19 Juli 2024 | 14:01:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Dukung Fashion Indonesia Untuk Mendunia, Jf3 Kembali Digelar

Pagelaran JF3 2024. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Pagelaran JF3 Fashion Festival tahun 2024 kembali diselenggarakan. 20 tahun hadir, pagelaran tersebut telah memberikan kontribusi nyata dan melanjutkan komitmen untuk turut mendukung perkembangan industri mode Indonesia.

Berbeda dengan pagelaran tahun-tahun sebelumnya, JF3 Fashion Festival 2024 akan digelar di dua tempat, yakni Summarecon Mall Kelapa Gading pada 18 hingga 28 Juli 2024, dan Summarecon Mall Serpong pada 26 Juli 2024 hingga 4 Agustus 2024.

Pagelaran tersebut juga semakin menarik karena mengadopsi tema yang sangat berbeda di dua tempat tersebut.

Pagelaran JF3 2024. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Di Summarecon Mall Kelapa Gading JF3 mengadopsi tema Budaya Indonesia yang dipadukan dengan sentuhan kelas dan seni melalui Niswana by Fashion Village, yang menampilkan kerajinan tangan serta produk fashion lokal.

Sedangkan, di Summarecon Mall Serpong JF3 berkolaborasi dengan DRP Paris untuk menghadirkan DRP Jakarta.

Nantinya, DRP Jakarta akan menghadirkan festival streetwear dan budaya pop ternama dari Paris yang meluas untuk pertama kalinya di Asia.

JF3 melibatkan beberapa institusi fashion Indonesia seperti Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia APPMI), Indonesia Fashion Chamber (IFC), Indonesian Fashion Designer Council (IFDC), dan Cita Tenun Indonesia (CTI).

Pagelaran JF3 2024. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Kerjasama internasional juga semakin bertambah dengan kolaborasi bersama desainer dan pakar fashion dari Prancis, Asosiasi WSN sebagai penyelenggara Paris Trade Show, dan desainer dari Asia Tenggara melalui Asean Fashion Designers Showcase (AFDS).

“Para pelaku industri ini sebenarnya selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan pasar mereka seluas-luasnya hingga ke pasar global. Saya ingin melalui JF3 ini lah keinginan tersebut bisa tercapai,” ucap Theresia Mareta, selaku Advisor JF3 di dalam konferensi pers JF3 di kawasan Jakarta Utara, pada Kamis (18/7/2024).

“Dengan kerjasama internasional yang sudah terjalin di JF3, saya berharap untuk dapat melanjutkan kerjasama ini dengan lebih banyak pihak lagi sehingga hubungan internasional yang kita cita-citakan bisa terwujud dan membuka pintu perkembangan industri mode Indonesia,” sambungnya.

JF3 2024 akan menampilkan 66 desainer dan brand yang akan mempresentasikan koleksi di runway, yang di antaranya adalah Albert Yanuar, Andreas Ondang, Danny Satriadi, Ernes Abram, Hartono Gan, Hian Tjen, Rama Dauhan, Rinda Salmun, Tities Sapoetra, Wilsen Willim dan masih banyak lainnya.

Selain itu juga hadir beberapa brand lokal seperti Danjyo Hiyoji, Eyez On Me, Raegita Zoro, Future Laundry dan LAKON Indonesia serta lebih dari 100 brand dan UMKM mode juga siap berpartisipasi di eksibisi.

Pagelaran JF3 2024. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

JF3 juga didukung oleh total lebih dari 550 pelaku industri dalam pagelaran show termasuk model, koreografer, seniman dan pekerja seni lainnya.

Tidak hanya itu, tahun ini juga hadir program “PINTU Incubator” yang merupakan upaya kolaborasi JF3, LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI).

Lebih dari 300 brand lokal melakukan registrasi, dan telah terpilih sebanyak 7 brand hasil kurasi yang akan mengikuti proses inkubasi melibatkan mentor dari para profesional di Indonesia, dan akan melibatkan fashion expert juga pelaku bisnis mode dari Prancis.

Salah satu peserta "PINTU Incubator", Apakabar, tahun ini mendapatkan beasiswa 6 bulan untuk mendapatkan pendidikan di Ecole Duperre, sekolah mode paling bergengsi di Paris.