1. Entertainment
  2. Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski, Pamungkas: "Akan Terjawab Saat Album Keluar"
Entertainment

Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski, Pamungkas: "Akan Terjawab Saat Album Keluar"

Dituding Plagiat Puisi Charles Bukowski, Pamungkas: "Akan Terjawab Saat Album Keluar"

Pamungkas Dituding Plagiat. (Instagram.com/pamungkas)

Ladiestory.id - Penyanyi Pamungkas beberapa waktu lalu merilis lagu baru yang berjudul Birdy. Lagu ini mendapat sambutan hangat dari para penggemar Pamungkas.

Akan tetapi, Pamungkas dituding melakukan plagiat pada puisi Charles Bukowski yang berjudul Bluebird. Penyanyi berusia 28 tahun ini dituding oleh seorang pegiat puisi, Hamzah Muhammad.

Menurut Hamzah, beberapa penggalan lirik dalam lagu Birdy tampak mirip dengan puisi Charles Bukowski. Tudingan ini disampaikan oleh Hamzah Muhammad melalui unggahan di Twitter.

“Problem Pamungkas bukan musikalitas. Tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas The Bluebird Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk. Setalah kasus plagiasi cover album, sekarang puisi. Rasanya ada yang belum selesai di dirinya,” tulis Hamzah Muhammad.

Unggahan Hamzah Muhammad. (Twitter.com/hmzhmhmmdlghz)

 

“Ada semacam dorongan sensasi yang ketebak alurnya: jplak, larifikasi minta maaf, beli rights. Tapi, bisa jadi Cholil benar. Siapa tahu Pamungkas nemuin puisi Bukowski di bungkus gorengan. Lalu dikiranya penulisnya bukan tokoh,” lanjutnya.

Namun, Pamungkas tidak banyak memberikan tanggapan mengenai tudingan ini karena terlalu sensitif. Pernyataan ini ia sampaikan melalui video di channel Youtube Armand Maulana.

“Gue pilih untuk menahan dulu. Terlalu sensitif. Tujuan gue cuma pengen main musik aja, melakukan yang gue cinta. Gue nggak niat untuk akhirnya booming, gue bikin aja, kebetulan lagunya begini. Ada ekspektasi gue nggak boleh lakukan kesalahan," jelas Pamungkas

Tak hanya itu, Pamungkas menegaskan bahwa jawaban atas tudingan plagiat puisi Charles ini akan ada saat album ke-empatnya rilis.

“Jadi untuk menjawab, akan terjawab ketika albumnya keluar. Cuma yang bisa dijelaskan, album ini yang menolong gua bermusik lagi setelah ingin berhenti dan memutuskan untuk lanjut,” ungkap Pamungkas.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel