1. Entertainment
  2. Dituding Plagiat Film India “Luck”, “Squid Game” Digugat ke Pengadilan
Entertainment

Dituding Plagiat Film India “Luck”, “Squid Game” Digugat ke Pengadilan

Dituding Plagiat Film India “Luck”, “Squid Game” Digugat ke Pengadilan

Squid Game. (IMDBb)

Ladiestory.id - Film “Squid Game” dituding plagiat film India yang berjudul “Luck” yang rilis pada 2009. Tuduhan tersebut diajukan oleh sutradara asal India, Shoham Shah ke Pengadilan Federal New York pada Jumat (13/9/2024), sekitar dua bulan setelah “Squid Game 2” tayang.

Melansir berbagai sumber pada Selasa (17/9/2024), dalam gugatan tersebut Shoham Shah menuding “Squid Game” hasil menjiplak dari filmnya. “Luck” disebut mengisahkan sekelompok orang yang begitu tertekan karena terlilit ulang. Sehingga, mereka mengikuti serangkaian permainan secara kompetitif untuk memenangkan sejumlah uang, sedangkan pemain yang kalah akan mati.

"Plot utama, karakter, tema, mood, latar, dan kejadian dalam Squid Game sangat mirip dengan Luck. Sehingga, mustahil kemiripan itu kebetulan belaka," tutur Soham Shah kepada Bloomberg, dikutip Selasa (17/9/2024).

Dalam gugatannya tersebut, Shoham Shah menuntut ganti rugi yang tidak ditentukan dan mendesak pengadilan untuk menerbitkan perintah mencegah Netflix melanggar hak cipta dalam memasarkan dan menayangkan “Squid Game”.

Squid Game. (IMDBb)

 

Sementara itu, Netflix selaku rumah produksi dan yang menayangkan “Squid Game”, membantah tuduhan dari Shoham Shah. Pihak Netflix berjanji akan menanggapi tudingan tersebut dengan serius.

"Klaim itu tidak berdasar," kata juru bicara Netflix dalam sebuah pernyataan. 

"Squid Game diciptakan dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk dan kami bermaksud untuk membela masalah ini dengan tegas,” sambung pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Hwang Dong-hyuk, selaku produser “Squid Game” mengatakan bahwa sejatinya “Squid Game” sudah ditulis sejak 2009. Kala itu, ia menyiapkannya sebagai film. Namun, ia kemudian mengubah itu menjadi format serial televisi setelah Netflix masuk Korea Selatan pada 2016. Ia menyatakan perjalanannya mengerjakan ulang naskah “Squid Game” dalam tujuh bulan itu tidaklah mudah.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel