Dengarkan Lagu Sedih Bisa Bikin Bahagia? Ini Penjelasan Ahli

Rabu, 31 Januari 2024 | 13:53:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Dengarkan Lagu Sedih Bisa Bikin Bahagia? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap orang pernah merasakan kesedihan yang membuatnya menangis hingga tertidur, atau membuatnya menjadi sering mendengarkan lagu-lagu paling sedih. Nyatanya, lagu sedih bisa membuat seseorang menjadi bahagia.

“Iya, lagu sedih bisa menanamkan rasa bahagia atau lega dalam diri seseorang. Fenomena ini dikenal sebagai ‘paradox of the sad song’,” ujar dr. Imran Noorani, selaku konsultan psikolog di Pusat Perkembangan Anak RS Sir Ganga Ram, New Delhi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Free University of Berlin, Liila Taruffi dan Stefan Koelsch, yang meminta para peserta untuk menuliskan perasaan mereka ketika mendengar musik sedih. Adapun tulisan berisikan perasaan, seperti 'nostalgia', 'kedamaian', dan 'kelembutan', yang semuanya merupakan perasaan tenang, bukan kegelisahan. 

Mendengarkan musik sedih bisa menjadi salah satu bentuk pelepasan emosi atau katarsis. Hal ini memungkinkan pendengar untuk memproses dan mengekspresikan kesedihan mereka sendiri dalam lingkungan yang terkendali. Hal ini dapat menimbulkan rasa lega bahkan perasaan ringan setelahnya.

Berikut beberapa manfaat mendengarkan lagu sedih.

Bantu Ekspresikan Emosi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Musik dapat membantu seseorang untuk mengekspresikan perasaannya dan mengatur emosi. Musik menyediakan sarana non-verbal untuk mengekspresikan dan memproses emosi. Karena untuk menghilangkan rasa sedih, seseorang harus membiarkan emosi itu meluap dan jangan membiarkannya tersimpan.

Kurangi Stres

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Mendengarkan atau menciptakan musik dapat memicu respons relaksasi, mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Musik memiliki efek yang sangat menenangkan bagi pikiran dan tubuh, terutama irama musik sedih yang relatif lambat.

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Musik dapat merangsang pelepasan neurotransmiter seperti dopamin dan endorfin, sehingga meningkatkan suasana hati dan rasa senang. Musik sedih bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati, yang dapat membuatnya menjadi puas dan mampu meningkatkan suasana hati.

Peningkatan Fungsi Kognitif

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Mendengarkan musik dapat meningkatkan keterampilan kognitif seperti memori, perhatian, dan pemecahan masalah. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi individu dengan gangguan neurokognitif seperti penyakit Alzheimer.

Manajemen Nyeri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Terapi musik telah terbukti mengurangi persepsi nyeri dan kebutuhan akan obat nyeri pada beberapa individu. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Frontiers in Pain Research, disebutkan bahwa obat pereda nyeri yang paling efektif adalah lagu-lagu sedih yang merinci pengalaman pahit, manis, dan emosional.

Atasi Trauma dan Duka

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Terapi musik dapat menjadi alat yang ampuh dalam membantu individu memproses dan mengatasi pengalaman traumatik atau kesedihan. Perasaan trauma dan sedih yang timbul saat mendengarkan lagu sedih, akan membuat individu menjadi ingat bahwa dirinya sudah pernah menghadapi masalah yang lebih berat dan nyatanya saat ini masih baik-baik saja.