1. Health
  2. Daftar Makanan untuk Mendukung Proses Detoks Secara Alami
Health

Daftar Makanan untuk Mendukung Proses Detoks Secara Alami

Daftar Makanan untuk Mendukung Proses Detoks Secara Alami

Organ tubuh yang secara otomatis bertugas untuk membuang racun dan zat sisa dalam tubuh antara lain hati, ginjal, usus besar, dan kulit. Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin membantu kerja organ tersebut dalam membersihkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Salah satunya dengan rutin konsumsi serangkaian makanan untuk detoks tubuh berikut ini.

Daftar makanan untuk detoks tubuh secara alami

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting masih sering dihindari orang-orang. Padahal, sayuran hijau punya beragam manfaat baik bagi tubuh, salah satunya untuk membuang racun yang mengendap di dalam tubuh.Menurut Josh Axe, seorang pendiri Ancient Nutrition, hati bisa bekerja secara optimal dalam mendetoks racun, salah satunya dengan mengombinasikan beragam rasa dalam makanan sehari-hari yakni asam, manis, asin, dan pahit. Cara ini akan menghasilkan keseimbangan rasa yang akan membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.

2. Green Tea

Beberapa waktu belakangan ini, matcha mulai masuk ke dalam daftar minuman favorit sebagian besar orang. Selain rasanya yang enak, ternyata matcha juga menyimpan banyak manfaat. Salah satunya membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Pasalnya, daun matcha mengandung senyawa epigallocatechin (EGCG) yang berperan dalam mengubah lemak menjadi energi melalui proses thermogenesis. Proses inilah yang akan membantu kamu mengendalikan berat badan.

3. Buah Bit

Buah bit termasuk dalam daftar makanan untuk detoks. Pasalnya, buah bit menghasilkan asam nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Itu sebabnya buah yang satu ini dipercaya mampu membersihkan darah dalam tubuh. Dilansir dari laman Reader’s Digest, buah bit menyuplai sejumlah vitamin E, karoten, asam fenolik, dan betalain, yakni sejenis antioksidan yang membantu memperbaiki sekaligus meregenerasi sel-sel di hati. kamu bisa mengolah buah bit menjadi camilan atau dijus untuk menambah tenaga di pagi hari.

4. Salad

Salad buah memang lezat untuk dijadikan teman sarapan di pagi hari. Namun, sesekali cobalah salad yang berasal dari sayur-sayuran seperti selada, bayam, atau kol sebagai menu makanan untuk detoks. Hasil yang dicapai mungkin akan lebih baik lagi bila kamu mengganti saus salad (dressing) dengan beberapa tetes minyak zaitun atau perasan lemon.

5. Rumput laut

Rumput laut adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, rumput laut juga tinggi antioksidan dan menawarkan berbagai senyawa penting yakni polifenol dan fucoxanthin. Rumput laut juga diyakini dapat membantu detoksifikasi di dalam darah dan ginjal karena memiliki sifat diuretik dengan membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine (air kencing).

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel