1. Health
  2. Cegah Penyakit! 5 Manfaat Donor Darah
Health

Cegah Penyakit! 5 Manfaat Donor Darah

Cegah Penyakit! 5 Manfaat Donor Darah

Ilustrasi Donor Darah. (Canva)

Ladiestory.id - Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang digunakan untuk keperluan transfusi darah. Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Darah yang dipindahkan dapat berupa darah lengkap dan komponen darah.

Donor darah sukarela merupakan seseorang yang menyumbangkan darahnya secara sukarela untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan tanpa mengetahui untuk siapa. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Syarat Donor Darah

Ilustrasi Donor Darah. (Canva)

 

 

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa melakukan donor darah. Adapun beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk melakukan donor darah adalah sebagai berikut:

  • Berusia 17–60 tahun bagi yang baru pertama kali mendonorkan darah.
  • Sedang dalam kondisi sehat, baik jasmani maupun rohani.
  • Pendonor yang berusia 60 tahun atau lebih dari 65 tahun perlu mendapatkan perhatian khusus.
  • Tekanan darah normal, yakni 100/70–150/80 mmHg.
  • Suhu tubuh berkisar antara 36,6–37,5 derajat Celcius.
  • Denyut nadi berkisar antara 50–100 kali per menit.
  • Berat badan minimal 45 kg.
  • Kadar hemoglobin normal, sekitar 12,5–17 g/dL dan tidak lebih dari 20 g/dL.
  • Bersedia mendonorkan darah secara sukarela, dibuktikan dengan mengisi formulir persetujuan.
  • Jarak waktu dari donor terakhir minimal 3 bulan.

Berikut ini manfaat positif dari kegiatan donor darah.

Ilustrasi Donor Darah. (Canva)

 

 

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat menurunkan resiko kanker. Hal ini karena zat besi yang berlebihan di dalam tubuh dapat menimbulkan radikal bebas yang lebih tinggi dimana tingginya radikal bebas dapat memicu tumbuhnya kanker.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat donor darah yang kedua adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini karena zat gizi dalam darah akan bertambah setelah donor darah. Selain itu, penyumbatan darah di dalam jantung akan ikut berkurang dan alirah darah menjadi lancar. Detak jantung akan lebih stabil setelah mendonorkan darah.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat donor darah yang ketiga adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat donor darah berlangsung, 450 mililiter darah yang disalurkan dapat membakar kalori di dalam tubuh sebesar 650 kalori. Hal tersebut tentu membuat badan jadi lebih sehat dan terasa lebih ringan.

  1. Dapat Membantu Mendeteksi Suatu Penyakit

Manfaat donor darah keempat yaitu dapat mendeteksi suatu penyakit. Hal ini dikarenakan sebelum disalurkan kepada orang lain, darah yang telah didonorkan otomatis akan diperiksa terlebih dahulu. Darah yang telah didonorkan harus memasuki laboratorium terlebih dahulu untuk memastikan apakah darah tersebut di dalamnya terdapat penyakit tertentu atau tidak.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat donor darah yang kelima yaitu dapat membantu menstimulasi produksi sel darah merah. Hal ini dikarenakan setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang. Darah pun akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat.

Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah di atas, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel