1. Health
  2. Cari Tahu Apa itu Diet Mayo dan Ini Segudang Manfaatnya!
Health

Cari Tahu Apa itu Diet Mayo dan Ini Segudang Manfaatnya!

Cari Tahu Apa itu Diet Mayo dan Ini Segudang Manfaatnya!

Foto: Ladiestory.id

Siapa yang tidak asing dengan diet yang namanya diet mayo? Eits, diet ini bukan berarti tidak mengonsumsi mayonnaise sama sekali ya.

Diet mayo adalah program penurunan berat badan jangka panjang yang dikembangkan Mayo Clinic, sebuah organisasi non-profit no.1 di Amerika Serikat yang fokus pada edukasi dan riset kesehatan.

Sebenarnya apa itu diet mayodan apa saja manfaatnya? Ladiestory akan kasih informasi mengenai apa itu diet mayo dan ini segudang manfaatnya !

Apa itu Diet Mayo?

Foto: Ladiestory.id

Dinamakan diet mayo karena diciptakan oleh tim Mayo Clinic, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Diet mayo berfokus untuk mengelola berat badan dan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat dalam jangka panjang.

Diet mayo merupakan pola makan seimbang yang berfokus pada makanan sehat dan olahraga teratur.

Tidak lain tidak bukan tujuan dari diet mayo untuk membantu menurunkan berat badan berlebih dan menemukan cara makan yang bisa Anda nikmati untuk seumur hidup.

Prinsip dari diet ini adalah energi yang keluar harus seimbang dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Pantangan utama ketika menerapkan diet mayo dengan menghindari makanan atau minuman mengandung garam dan karbohidrat. Hal ini bertujuan agar kadar garam di dalam tubuh akan dikeluarkan bersama keringat, urine, dan feses.

Sebab jika makanan atau minuman mengandung kadar garam berlebih maka akan menambah volume air di dalam tubuh. Nantinya, kondisi ini akan berisiko memicu gejala obesitas.

2 Fase dalam Diet Mayo

Diet Mayo  memiliki dua bagian utama yaitu Live it dan Lose it. 

Fase 1 : Lose it

Fase pertama dinamakan fase lose it merupakan fase dua minggu yang memungkinkan menurunkan berat badan sebanyak 2,7-4,5 kilogram dengan cara yang sehat. Fase ini fokus pada kebiasaan gaya hidup dalam belajar bagaimana menerapkan lima kebiasaan sehat, menghindari lima kebiasaan yang tidak sehat dan mengadopsi lima bonus kebiasaan sehat. Fase ini juga termasuk melakukan olahraga sekitar 5-10 menit dengan meningkatkan durasi secara bertahap.

Fasw 2 : Live It

Fase setelah lose itu adalah fase live it dimana belajar lebih banyak tentang pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu dan berpegang pada kebiasaan sehat. Fase Live It memungkinkan mengalami menurunkan berat badan yang stabil, yaitu sekitar 0,5–2 kg per minggu hingga mencapai target berat badan yang diinginkan. Pada fase ini, Anda juga dapat mempertahankan target berat badan secara permanen.

Jumlah Kalori Ketika Diet Mayo

Foto: Ladiestory.id

Jumlah kalori yang dibutuhkan wanita tentunya tidak sama dengan pria. Untuk wanita yang memiliki berat badan kurang 110 kg membutuhkan 1.200 kalori per hari. Untuk berat badan 110 hingga 135 kg membutuhkan  1.400 kalori per hari, sedangkan jika berat badan lebih dari 136kg membutuhkan 1.600 kalori per hari.

Pria jauh lebih membutuhkan kalori yang sedikit lebih banyak dibanding wanita. Jika seorang pria yang memiliki berat badan kurang dari 110 maka membutuhkan 1.400 kalori. Jika berat badan pria antara 110 hingga 135 kg maka membutuhkan 1.600 kalori, sedangkan berat badan lebih dari 136 kg membutuhkan 1.800 kalori per hari.

Manfaat Diet Mayo

Foto: Ladiestory.id

Diet mayo memang diigemari oleh kebanyakan orang, pasalnya perubahan yang dapat dilihat dan memuaskan dalam waktu yang relatif singkat. Lalu apa saja manfaat diet mayo?

  1. Berat Badan Turun

Seperti dua fase yang sudah dijelaskan bahwa diet mayo dapat menurunkan berat badan 2,7 hingga 4,5 kilogram selama fase lose it. Setelah itu, akan beralih ke fase live it dengan menurunkan berat badan 0,5 hingga 1 kilogram seminggu sampai mencapai target berat badan yang diinginkan.

  1. Mencegah Penyakit Hipertensi

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung garam bisa memicu risiko hipertensi. Selain itu, hipertensi juga disebabkan oleh pola makan yang banyak mengonsumsi makanan berminyak. Mengurangi kadar garam di dalam tubuh dari sekarang dengan menerapkan diet mayo supaya tekanan darah tinggi kembali normal secara berangsur.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes disebabkan adanya kandungan gula yang tinggi di dalam darah. Mencegah diabetes dengan menerapkan diet mayo untuk mengurangi kadar garam di dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Kolesterol

Salah satu cara untuk menghindari kolesterol tinggi yakni menjalankan diet mayo, karena diet mayo bekerja dengan cara mengurangi kadar garam dan meningkatkan nutrisi lewat asupan sayur dan buah yang berdampak baik bagi tubuh.

Untuk menerapkan diet mayo, Anda bisa merencanakan menu makan diet mayo selama 1 Minggu agar mempermudah pelaksanaanya. Ini dia pengertian dari apa itu diet mayo dan ini segudang manfaatnya.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel