1. Mom & Kids
  2. Yuk Lakukan 6 Cara Sederhana untuk Menghormati Orangtua!
Mom & Kids

Yuk Lakukan 6 Cara Sederhana untuk Menghormati Orangtua!

Yuk Lakukan 6 Cara Sederhana untuk Menghormati Orangtua!

Ilustrasi cara menghormati orangtua. (Spesial)

Ladiestory.id - Setiap orangtua akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Berbagai cara akan orangtua lakukan untuk membahagiakan anak mereka. Namun, dari apa yang sudah mereka lakukan dan berikan kepada kita, sebagai anak kadang kita pernah melakukan hal yang menyakiti perasaan orangtua kita secara sengaja tau tidak.

Cara Menghormati Orang Tua

Mengenang apa yang sudah orangtua kita berikan sampai sejauh ini, seharusnya kita sebagai anak wajib untuk menghormatinya. Cara menghormati orangtua bisa dilakukan dimulai dari beberapa hal sederhana. Berikut beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orangtua.

1. Luangkan Waktu dan Rayakan Momen Penting Bersama Orangtua

Ilustrasi orangtua video call dengan anaknya. (Spesial)

Meluangkan waktu adalah salah satu cara menghormati orang tua yang sangat sederhana, namun bagi beberapa orang mungkin akan sulit melakukannya. Orangtua sering merasa kesepian ketika ditinggal oleh anak-anaknya.

Oleh sebab itu, luangkanlah waktu tidak peduli seberapa sibuknya Kamu. Jika tidak memungkinkan Kamu untuk mengunjunginya, setidaknya kamu bisa telepon atau melakukan video call, sekadar menanyakan kabarnya saja. Itu sudah cukup membuat orangtua bahagia, dan sebagai pertanda Kamu menghormatinya.

Selain itu, ajaklah orangtua untuk merayakan momen-momen penting dalam hidupmu. Mengajak orangtua dalam merayakan momen penting bagimu, akan membuat orang tua merasa dicintai dan dihargai. Ini juga merupakan salah satu cara Kamu untuk menghormati orangtua.

2. Meminta Maaf

Ilustrasi anak memeluk ibu. (Spesial)

Hidup tak akan pernah lepas dari masalah. Begitu juga suatu hubungan antara anak dan orangtua terkadang mengalami beberapa perselisihan. Jika Kamu merasa telah berbicara kasar saat bertengkar dengan orangtua, maka segeralah untuk meminta maaf. Permintaan maaf yang Kamu ucapkan bisa meredakan masalah dan sakit hati orangtua.

3. Tidak Berbicara dengan Nada Tinggi

Akan ada waktunya di mana Kamu dan orangtua mengalami perbedaan pendapat. Namun, walau kalian mengalami perbedaan pendapat jangan sekali-kali Kamu meninggikan nada bicaramu kepada orangtua. Hal tersebut akan membuat orangtua tersinggung dan sakit hati. Apabila Kamu memiliki perbedaan pendapat dengan orangtua, jelaskan secara perlahan dan lemah lembut tanpa harus melukai atau menyinggung perasaan orangtua.

4. Jangan Menyalahkan Orangtua

Jika hidupmu tak berjalan seperti yang Kamu harapkan, jangan pernah menyalahkan orangtua akan hal tersebut. Perlu Kamu ketahui bahwa setiap orangtua akan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Jika belum bisa mendapatkan apa yang Kamu inginkan, cobalah berdiskusi dengan orangtua, dan bantu orangtua dalam menemukan solusi yang tepat tanpa harus menyudutkan atau menyalahkan orangtua.

5. Berbuat Baik dan Memprioritaskan Orangtua

Selalu berbuat baik dan memprioritaskan orangtua merupakan salah satu cara menghormati orangtua. Usahakan agar mendahulukan kepentingan orangtua dibandingkan dengan kepentingan orang lain atau diri sendiri. Dalam agama Islam menghormati dan mengutamakan orangtua merupakan sumber rida dan berkah dari Allah SWT.

6. Mewujudkan Impian Orangtua

Ilustrasi anak memberikan hadiah kepada ibu. (Spesial)

Sebagai seorang anak seharusnya memahami bahwa orangtua sudah mengasuh dan membesarkan kita tanpa kenal lelah. Oleh sebab itu, sebaiknya kita sebagai anak bisa memberikan dukungan, atau membantu orangtua dalam mencapai impian mereka yang tertunda atau belum terwujud.

Semakin menua usia orangtua kita, semakin sedikit waktu untuk berbakti kepadanya. Gunakanlah sebaik-baiknya waktu untuk mewujudkan impian dari orangtua kita. Kamu bisa memberikan hadiah kecil, misalnya sudah lama ibumu ingin membeli kacamata yang baru, atau ayahmu ingin berlibur ke suatu tempat. Kamu sebagai anak bisa membantu mewujudkan hal tersebut.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel